Rabu, 02 Desember 2020
Indonesia | English

Verifikasi Tahap 3 Perumahan Tzu Chi di Palu (1)

03 November 2020

Hari Jumat, 23 Oktober 2020, dilakukan verifikasi sekaligus penyerahan kunci bagi 350 warga penerima bantuan rumah di Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah. Sebanyak 350 warga menandatangani surat perjanjian penghuni Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Tadulako. 

Verifikasi tahap tiga ini berlangsung selama dua hari 23 dan 24 Oktober 2020. Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Tadulako merupakan sumbangsih Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia bekerja sama dengan TNI, Eka Tjipta Foundation, Indofood dan lainnya untuk warga korban gempa, likuefaksi dan tsunami di Sulawesi Tengah yang terjadi pada 28 September 2018 lalu. Total ada 1.500 unit rumah yang dibangun Tzu Chi Indonesia di Palu, Sulawesi Tengah, dan 500 unit rumah di Sigi, Sulawesi Tengah.

Fotografer : Anand Yahya

Relawan Tzu Chi tiba di Balai Warga Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Tadulako pukul 07.00 WITA. Relawan langsung berkoordinasi untuk alur verifikasi warga agar tidak terjadi penumpukan guna menjalankan protokol kesehatan.

Fotografer : Anand Yahya

Meja dan kursi untuk warga dan tim verifikasi sudah ditata dengan menjaga jarak fisik yang aman. Aturan ini dibuat oleh relawan Tzu Chi agar warga dan relawan Tzu Chi merasa aman dan nyaman ketika antri dalam verifikasi tahap tiga.

Fotografer : Anand Yahya

Kursi-kursi untuk warga ditata oleh relawan Tzu Chi dengan menjaga jarak fisik yang aman. Dalam verifikasi tahap tiga ini relawan menerapkan dengan ketat protokol kesehatan.

Fotografer : Anand Yahya

Joe Riadi, Ketua Tim Tanggap Darurat Tzu Chi dan Karjaya tim dari Pulau Intan berkoordinasi tentang pemberian kunci rumah. Bagi warga yang sudah menandatangani surat perjanjian mendapatkan rumah selanjutnya akan menerima kunci sekaligus mendapatkan perlengkapan furniture.

Fotografer : Anand Yahya

Warga mulai berdatangan di depan halaman balai warga Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Tadulako Palu. Kedatangan warga juga diatur per kelurahan oleh BPBD Kota Palu agar tidak menimbulkan penumpukan warga.

Fotografer : Anand Yahya

Seorang warga sedang melihat daftar nama warga penerima kunci rumah dan jadwal verifikasi pengundian nomor rumah. Relawan Tzu Chi melakukan pengundian nomor rumah ini selama dua hari pada 23 dan 24 Oktober 2020.

Fotografer : Anand Yahya

Relawan Tzu Chi menyemprotkan disinfektan kepada warga yang memasuki Gedung balai warga untuk menjalani verifikasi pengundian nomor rumah.

Fotografer : Anand Yahya

Relawan Tzu Chi mengatur posisi duduk warga yang mengantri untuk menjalani verifikasi dan pengundian nomor rumah agar teratur dan rapi.


Fotografer : Anand Yahya

Awal verifikasi, warga menemui tim relawan dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia untuk mengecek nama yang sudah masuk data Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dan BPBD Kota Palu.

Fotografer : Anand Yahya

Warga calon penerima rumah menjalani verifikasi administrasi oleh BPBD Kota Palu yang dibantu oleh relawan Tzu Chi.

Fotografer : Anand Yahya

Ketika pengundian nomor rumah, Sudarman Lim, relawan Tzu Chi mensosialisasikan tentang Tzu Chi dan filosofi celengan bambu untuk membangkitkan cinta kasih kepada warga. Warga calon penerima rumah dengan sukarela ikut bersumbangsih untuk membantu warga lain yang sangat membutuhkan.

Fotografer : Anand Yahya

Pengundian nomor rumah berlangsung secara terbuka. Warga mengambil nomor rumah secara acak dalam satu toples tanpa melihat nomor rumah.

Fotografer : Anand Yahya

Tim relawan Tzu Chi Jakarta memverifikasi warga dengan menandatangani surat perjanjian warga. Dalam surat perjanjian tersebut rumah harus dihuni atas nama sesuai Kartu Keluarga, tidak boleh diperjualbelikan ke pihak ke tiga dan merubah bentuk bangunan selama 10 tahun.

Fotografer : Anand Yahya

Penandatangan surat perjanjian harus dilakukan antara Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dan Kepala Keluarga, dikuatkan dengan stempel bermaterai sehingga memiliki kekuatan hukum.

Fotografer : Anand Yahya

Warga berfoto bersama anggota keluarga beserta blok dan nomor rumah sebagai bukti bahwa sudah resmi menerima rumah.

Artikel dibaca sebanyak : 226 kali


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha