Halaman Utama  -  FAQ
 
FAQ
 
Silahkan klik pertanyaan dibawah ini untuk mendapatkan jawaban yang anda inginkan.

I. Seputar Tzu Chi II. Tzu Chi International School
JAWABAN :

I. Seputar Tzu Chi
  • Bagaimana cara mengajukan bantuan pengobatan operasi katarak, hernia, bibir sumbing, bedah mayor/minor, dan lainnya?
    Untuk mengajukan bantuan pengobatan, bisa mendaftar langsung ke kantor Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia diGedung ITC Lantai 6, Jalan Mangga Dua Raya, Jakarta dengan melampirkan :
    - Fotokopi KTP
    - Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
    - Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT, RW, dan kelurahan
    Pengajuannya dapat dilakukan di kantor Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia di Jakarta atau Kantor Perwakilan/Penghubung Tzu Chi terdekat.



  • Bagaimana cara mengajukan bantuan beasiswa?
    Untuk mengajukan bantuan beasiswa (SD/SMP/SMK/SMU) atau kuliah S1, pendaftaran dilakukan dari bulan Maret hingga Juni, dengan persyaratan :
    - Fotokopi KTP orangtua/murid (jika sudah ada KTP)
    - Fotokopi KK
    - Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT, RW, dan kelurahan
    - Fotokopi rapor terakhir (minimal rata-rata di atas 7,0)
    Pengajuannya dapat dilakukan di kantor Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia di Jakarta atau Kantor Perwakilan/Penghubung Tzu Chi terdekat. Jika ada informasi yang kurang jelas atau ingin ditanyakan bisa hubungi kami di (021) 6016332.



  • Di mana alamat kantor perwakilan dan penghubung Tzu Chi/rumah sakit/sekolah/depo daur ulang/DAAI TV?
    Alamat-alamat tersebut dapat dilihat di website kami www.tzuchi.or.id/kp.php



  • Bagaimana cara mendapatkan buku karya Master Cheng Yen/CD lagu Tzu Chi/produk-produk Tzu Chi lain?
    Produk-produk tersebut dapat dibeli di Jing-Si Books & Cafe, yang berlokasi di :

    Jing-Si Books & Cafe Pluit
    Jl. Pluit Permai Raya No. 20, Pluit, Jakarta Utara
    Telp. (021) 667 9406, 662 1036
    Fax. (021) 669 6407

    Jing-Si Books & Cafe Kelapa Gading
    Mal Kelapa Gading I Lt. 2 Unit #370-378
    Jl. Bulevar Kelapa Gading Blok M, Jakarta Utara 14240

    Atau di Kantor Perwakilan/Penghubung terdekat



  • Bagaimana cara memberikan sumbangan/menjadi donatur?
    Sumbangan/dana dapat diberikan langsung ke kantor Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia atau ke Kantor Perwakilan/Penghubung Tzu Chi terdekat, atau dapat juga ditransfer ke nomor rekening :

        BCA a.n. Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia
        No rek. IDR: 335-302-7979
        USD: 335-500-6969

    Setelah melakukan transfer, mohon konfirmasi melalui e-mail tzuchiorid@gmail.com, atau fax (021) 6016334 dengan melampirkan nama, alamat, jumlah dana, tanggal transfer, dana nama pemilik rekening donatur. Kami akan mengirim tanda terima kasih melalui e-mail/fax/pos.



  • Bagaimana cara bergabung menjadi relawan?
    Untuk bergabung menjadi relawan, Anda bisa langsung datang mengikuti acara sosialisasi relawan baru yang diadakan setiap hari Sabtu minggu pertama tiap bulan pukul 13.00-15.00 WIB di kantor Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.



  • Saya ingin bekerjasama dalam mengadakan bakti sosial pengobatan, bagaimana caranya?
    Anda bisa mengirimkan proposal ajakan kerjasama ke kantor kami di :

    Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia
    Gedung ITC Lantai 6
    Jalan Mangga Dua Raya, Jakarta 14430
    Telp. (021) 6016332
    Fax.  (021) 6016334



  • Bagaimana cara mendapatkan celengan bambu?
    Dengan prinsip "Dana Kecil Amal Besar", celengan bambu bisa didapatkan di kantor Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia hanya dengan melengkapi data donatur.




II. Tzu Chi International School
  • Kenapa Tzu Chi School harus mempraktikkan Vegetarian di sekolah?

    - Ilmuwan-ilmuwan di dunia mengharapkan lifestyle yang sederhana untuk mengurangi pemanasan    global (global warming) dan juga berharap setiap orang untuk bervegetarian karena dengan    bervegetarian tidak hanya membuat kita sehat, namun juga merupakan salah satu cara untuk    menyelamatkan bumi dengan mengurangi emisi gas rumah kaca yang berasal dari peternakan.

    - Setiap orang harus berusaha menghargai kehidupan makhluk lain, dengan begitu maka kita bisa    hidup dalam keseimbangan antara langit dan bumi.

    - Banyak orang khawatir bahwa dengan bervegetarian akan kekurangan vitamin dan mineral.    Faktanya, non vegetarian juga dapat menyebabkan kekurangan vitamin dan mineral.

    - Dengan bervegetarian, vitamin dan mineral akan dengan mudah ditambah, sementara mengonsumsi   daging akan menghasilkan racun dan susah untuk dikeluarkan dari tubuh.



  • Apakah nantinya anak-anak kami akan menjadi terlalu baik apabila mereka bergabung dengan Tzu Chi School? Dunia ini adalah dunia yang kejam. Kami tak ingin anak-anak kami menjadi terlalu baik dan mudah ditipu orang karena mereka terlalu rendah hati, penuh cinta kasih dan sabar?

    -  Ini adalah merupakan bentuk kasih orang tua terhadap anak, mengharapkan anak menjadi baik     hati, namun tetap bisa melindungi diri sendiri. Sebenarnya pendidikan di sekolah dan keluarga     sama-sama penting dan harus saling bekerja sama, kemudian diterapkan di kehidupan sehari-hari.     Sekolah mengajarkan budi pekerti kepada siswa agar siswa bisa menghormati, bersyukur dan     belajar memberi, tapi juga dapat mengajarkan kemampuan untuk membedakan antara yang benar     dan salah, baik ataupun buruk, tidak hanya pintar tapi juga bijaksana.

    - Jika setiap sekolah mendidik anak-anak dengan benar, masyarakat akan damai dan sejahtera,    semakin banyak orang baik dan percaya bahwa semua orang tidak perlu khawatir akan ada orang    jahat.



  • Mengapa biaya pendidikan di Tzu Chi School tinggi sekali? Bukankah Tzu Chi adalah sebuah yayasan sosial kemanusiaan? Seharusnya Tzu Chi membantu masyarakat mendapatkan untuk mendapatkan pendidikan yang baik.


    - Untuk hal ini, kami telah melakukan riset lapangan dan perbandingan dengan sekolah- sekolah lain.    Kami percaya bahwa orang tua siswa dapat memahami bahwa untuk menyediakan fasilitas    pendidikan yang baik dan mendapatkan tenaga pendidikan yang berkualitas dari dalam dan luar    negeri, dibutuhkan dana yang cukup besar.

    - Sebenarnya misi pendidikan Tzu Chi bukan bertujuan untuk mendapatkan keuntungan, tetapi    semata-mata hanya untuk mempertahankan kualitas yang baik, sehingga pendidikan bisa berjalan    dengan baik dan lancar hingga pada akhirnya anak anak tidak perlu lagi sekolah ke luar negeri.    Dengan begitu hubungan keluarga dan kepentingan pendidikan dapat berjalan beriringan dan    mendapatkan hasil yang sempurna.

    - Dengan konsep pendidikan Tzu Chi, kualitas pendidikan dan fasilitas yang baik, kami yakin akan    mencapai hasil yang terbaik. Kami percaya di masa yang akan datang orang tua dapat    memahaminya.

    - Sekolah Tzu Chi tidak bertujuan untuk mencari keuntungan, bukan sekolah elite (golongan ekonomi    tertentu), tetapi sekolah bersifat internasional.



  • Apakah di Tzu Chi School semua muridnya harus beragama Buddha?
    Tidak. Tzu Chi School menghormati semua agama. Pelajaran agama akan mulai diberikan di Primary 1. Semua murid akan masuk ke kelas agama mereka masing-masing pada saat pelajaran agama berlangsung. Tzu Chi menyediakan guru-guru agama yang sesuai dengan agama masing-masing.



  • Apakah Tzu Chi School menyediakan diskon (keringanan biaya) untuk keluarga tidak mampu?

    - Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia memiliki dua sekolah di Jakarta. Dalam hal pendidikan tidak ada    perbedaan, "Sekolah Cinta Kasih Cengkareng" menerapkan 3 bahasa, semuanya itu sesuai dengan    ketentuan pemerintah, mendidik siswa-siswi Indonesia dengan fasilitas yang memadai, lingkungan    sekolah dan guru guru yang berkualitas, biaya sekolah yang sangat rendah dan disubsidi oleh    Yayasan Buddha Tzu Chi dan penyediaan beasiswa pendidikan. Sekolah juga telah terakreditasi A    mulai dari TK sampai dengan SMA. Selain itu, Yayasan Buddha Tzu Chi juga telah memperoleh    penghargaan "Anugerah Peduli Pendidikan 2010" dari Kementrian Pendidikan Nasional

    - Tzu Chi School searah dengan pendidikan internasional di mana juga menerapkan 3 bahasa    (trilingual), namun semuanya dengan Standar Pendidikan Internasional. Tahun 2011, Tzu Chi    School memulai penerimaan siswa dari tingkat TK sampai dengan SD Kelas 3, pada pembukaan    awal Tzu Chi School tidak menyediakan beasiswa, namun di tahun tahun yang akan datang, Tzu Chi    School akan mempertimbangkan permohonan beasiswa dari siswa siswa yang berprestasi."



  • Apakah Tzu Chi School merupakan sekolah internasional?
    Bukan, Tzu Chi School bukan merupakan sekolah internasional, tetapi bersifat internasional. Artinya Tzu Chi School masih mengikuti sebagian dari pelajaran kurikulum nasional, tetapi sudah menerapkan kurikulum berstandar internasional dan menggunakan bahasa pengantar dan guru-guru dari luar negeri.



  • Kenapa Tzu Chi School masih mengikuti sebagian dari pelajaran kurikulum nasional, padahal sudah bersifat internasional?
    Ini sesuai dengan peraturan terbaru dari Kementerian Pendidikan Nasional bahwa sekolah-sekolah yang masih menerima murid Indonesia, masih harus mengikuti sebagian dari pelajaran kurikulum nasional.



  • Apakah Tzu Chi School menggunakan guru-guru asing (dari luar negeri)?
    Ya, Tzu Chi School menggunakan guru-guru dari luar negeri

    - English Based          : Guru-guru dari Filiphina dan negara lain.
    - Mandarin Language : Guru- guru dari Beijing
    - Budi Pekerti              : Guru-guru dari Taiwan