Kilas Balik Tzu Chi 2019

Sebuah Refleksi di Akhir Tahun

Di akhir tahun 2019 ini, kita perlu bersyukur karena tidak banyak bencana yang terjadi. Menurut catatan BMKG,  bencana alam di tahun 2019 adalah yang paling sedikit dalam lima tahun terakhir. Bencana alam terjadi di luar kendali kita, yang bisa kita lakukan adalah hidup selaras dengan alam, sambil belajar dan bersiap dalam menghadapi bencana. Di tahun 2019, relawan Tzu Chi membukanya dengan memberikan bantuan bagi korban tsunami Selat Sunda, kemudian memberikan bantuan bagi korban banjir di Sulawesi (Makassar dan Konawe), serta di Sentani, Jayapura, Papua.

Tahun 2019 juga membawa kebahagiaan bagi insan Tzu Chi ketika karya kemanusiaan mereka mendapat apresiasi dari pemerintah. Pada 29 Oktober 2019, Presiden RI Joko Widodo mengunjungi lokasi pembangunan Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi di Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah. Jokowi mengapresiasi yang dilakukan Tzu Chi Indonesia dalam membangun perumahan yang relatif cepat pengerjaannya.

Tahun 2019 ini juga ditutup dengan catatan manis, ketika Tzu Chi menerima penghargaan sebagai Mitra Pemerintah dalam Penanggulangan Kemiskinan dari Pemda DKI Jakarta. Seperti biasa, kita tak boleh cepat berpuas diri, justru harus bekerja lebih giat lagi dan mengajak lebih banyak orang berbuat kebajikan. Seperti kata Master Cheng Yen, semakin banyak orang yang ikut berbuat kebajikan maka akan semakin banyak berkah yang terhimpun.


Bertuturlah dengan kata yang baik, berpikirlah dengan niat yang baik, lakukanlah perbuatan yang baik.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -