Minggu, 22 Juli 2018
Indonesia | English

Berbagi Dharma di Setiap Buku Master Cheng Yen

16 April 2018 Jurnalis : Nuraina Ponidjan 傅麗蓉
Fotografer : Amir Tan


Relawan Tzu Chi dan staf Jing Si berkunjung ke Sekolah Letjen Haryono MT di Pinang Baris Gang Sekata. Kedatangan mereka pada Jumat, 13 April 2018 tersebut bertujuan untuk mendonasikan buku-buku Master Cheng Yen.

Master Cheng Yen mengatakan bahwa merencanakan masa depan sebuah bangsa berarti membangun pendidikan bagi anak-anak. Untuk menambah wawasan dalam pendidikan anak-anak, serta mendukung program donasi buku oleh PT. Jingsi, relawan mengadakan kegiatan donasi buku.

Sebanyak 8 relawan bersama satu staf Jingsi berkumpul di Jing Si Books & Café Medan, Jumat, 13 April 2018. Setelah menyusun buku-buku ke dalam kotak, relawan berangkat menuju Deli Tua dan Pinang Baris. Adapun sekolah yang akan dikunjungi adalah Sekolah Putra Bangsa Berbudi di Deli Tua dan Sekolah Letjen Haryono MT di Pinang Baris. Buku-buku yang disumbangkan ke sekolah adalah hasil donasi para donatur.


Sebelum menuju sekolah untuk mendonasikan buku, relawan terlebih dahulu berkumpul di Jing Si Books & Café Medan.

Relawan menjelaskan bahwa mendonasikan buku karya Master Cheng Yen bertujuan untuk membantu Master Cheng Yen dalam menyebarkan Dharma. Dharma Master Cheng Yen tersebut tertuang dalam bentuk buku cerita dan cerita bergambar sehingga lebih mudah dimengerti dan meresap dalam hati. Donasi buku ini juga sekaligus menjadi perantara untuk menggalang hati para donatur.

Sekolah yang pertama dikunjungi adalah Sekolah Putra Bangsa Berbudi. Sekolah ini tidak membebankan uang sekolah kepada para siswanya. Setiap ada permohonan dari warga sekitar sekolah, maka pihak sekolah akan berkunjung ke rumah tersebut dan melihat langsung keadaan pemohon bantuan.


Selain Sekolah Letjen Haryono MT, relawan juga mendonasikan buku di Sekolah Putra Bangsa Berbudi. Pihak sekolah sangat gembira dan berharap buku-buku Master Cheng Yen akan menambah wawasan para guru dan siswa.

“Sekolah Putra Bangsa Berbudi adalah sekolah sosial, kami membebaskan uang sekolah bagi masyarakat yang kurang mampu. Di sekolah ini, kami lebih menekankan ke pendidikan karakter anak-anak atau siswa supaya bisa menjadi anak yang berbudi luhur,” ucap Chairuddin Kuslan.

Menerima sumbangan sebanyak 26 buku, pihak sekolah sangat gembira dan berharap buku-buku Master Cheng Yen akan menambah wawasan para guru dan siswa. “Kami ucapkan terima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi atas sumbangan buku-buku Master Cheng Yen, buku ini sangat penting bagi kami karena kami sedang menerapkan kebiasaan membaca pada anak-anak juga supaya menambah wawasan mereka,” tambah Maetri Sagara.


Pada kesempatan tersebut, ada 51 buku yang didonasikan ke dua sekolah di Medan. Buku-buku yang disumbangkan ke sekolah-sekolah tersebut adalah donasi dari para donatur.

Langkah kaki para relawan tidak berhenti sampai di sana, perjalanan dilanjutkan ke Sekolah Letjen Haryono MT di Pinang Baris Gang Sekata. Jumlah siswa di sekolah ini tidak begitu banyak, hanya 253 orang, namun sekolah ini juga menyediakan ruang membaca untuk para siswa.

Untuk Sekolah Letjen Haryono MT, PT. Jingsi menyerahkan 25 buah buku. “Saya mewakili sekolah mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi yang telah menyumbangkan buku karangan Master Cheng Yen, semoga buku bisa membentuk karakter anak yang santun,” ungkap Daniel Juandi, Kepala Sekolah Letjen Haryono MT.


Buku-buku Master Cheng Yen yang baru saja didonasikan langsung menempati perpustakaan sekolah.

Bukan hanya pihak sekolah yang mengungkapkan terima kasih, relawan Tzu Chi juga mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah bersedia menerima mereka. “Kami sangat berterima kasih kepada sekolah yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk menjalin jodoh baik sehingga kami bisa mendonasikan buku ke sekolah dan mengantarkan cinta kasih,” kata Jusni Lina, relawan Tzu Chi. Selain menjalin jodoh baik, relawan juga berharap buku-buku Master Cheng Yen dapat memberikan manfaat serta menumbuhkan pendidikan budi pekerti yang baik kepada semua anak didik.

Editor: Metta Wulandari

1.      Sebelum menuju sekolah untuk mendonasikan buku, relawan terlebih dahulu berkumpul di Jing Si Books & Café Medan.

Artikel dibaca sebanyak : 313 kali


Berita Terkait


Donasi Buku Jing Si: Berdana Melalui Buku

01 Februari 2016


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Menggunakan kekerasan hanya akan membesarkan masalah. Hati yang tenang dan sikap yang ramah baru benar-benar dapat menyelesaikan masalah.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat