Rabu, 16 Januari 2019
Indonesia | English

Berdoa Bersama dan Bermaaf-Maafan di Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah

08 Agustus 2014 Jurnalis : Febuany (He Qi Selatan)
Fotografer : Nasandi (He Qi Selatan)


Salah seorang penerima bantuan gan en hu (kiri) dan Shijie Oey Lin Vong (kanan) saling salam dan memohon maaf dalam rangka perayaan Idul Fitri di kegiatan gan en hu

Bulan Ramadan telah berlalu, setelah menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh kini hari kemenangan bagi umat muslim. Minggu pagi 3 Agustus 2014, diawal bulan relawan He Qi Selatan Tzu Chi mengadakan Gathering Gan En Hu bertempat di Jing Si Books & Cafe,  Blok M Plaza lantai 3. Acara kali ini berbeda karena setelah hari raya lebaran, kami relawan He Qi Selatan berinisiatif untuk bersalam-salaman, saling memohon maaf dengan para gan en hu. Suasana menjadi haru ketika sedang melakukan prosesi tersebut bahkan diantara relawan ada yang meneteskan air mata. Ada harapan yang tersirat di dalam benak relawan Tzu Chi agar keakraban dan kekeluargaan ini dapat terus berlanjut.   

Relawan He Qi Selatan dan peserta gan en hu tampil shou yu “Senyuman Terindah” bersama

Acara berlanjut dengan membaca 10 sila Tzu Chi, mendengarkan ceramah Master Cheng Yen mengenai memupuk rasa cinta kasih antar sesama. Usai mendengarkan ceramah Master kini penerima bantuan dibimbing Feny Shijie, Eva Shijie, Toni Shixiong untuk berlatih isyarat tangan (shou yu) sambil bernyanyi. Berlatih menyanyi dan shou yu dipersiapkan guna menyambut lomba yang akan diadakan pada September depan pada kegiatan gan en hu. Perlombaan yang diperuntukkan bagi penerima bantuan akan diadakan oleh He Qi Selatan dan mengundang antusias peserta.  Sebagian peserta ada yang sudah hapal shou yu dan menyanyi selain itu ada yang meminta beberapa lagu Tzu Chi untuk di copy ke ponsel. Ibu Supratman dan Ibu Sunarto  yang menderita kanker payudara sangat semangat untuk berlatih, melakukan doa bersama untuk dunia agar terbebas  bencana sambil menyanyikan lagu cinta dan damai dari Tzu Chi.

Relawan He Qi Selatan membagikan bantuan gan en hu

 Doa bersama dilakukan secara khusyuk walaupun diantara relawan dan gan en hu berbeda keyakinan. Terlihat Tzu Chi merupakan yayasan sosial yang universal bersama-sama menciptakan kebajikan diantara perbedaan yang ada. Kekuatan doa tulus setiap orang di dunia bisa menciptakan rasa aman dan terhindar dari segala bencana. Relawan pun mencicipi kue lebaran buatan penerima bantuan. Acara diakhiri dengan relawan memberikan bantuan berupa uang, susu, pampers sembari menyelipkan undangan doa bersama bulan tujuh penuh berkah yang segera berlangsung pada 17 Agustus 2014, di Aula Jing Si, Tzu Chi Center, PIK.  Para undangan dimohon untuk mengenakan pakaian rapi dengan kaos kaki. Demi kekhidmatan acara untuk datang tepat waktu dan tidak membawa anak di bawah usia 12.

Peserta gan en hu menerima kartu bantuan gan en hu

Kegiatan ini bertujuan untuk menjalankan 4 misi Tzu Chi yaitu, misi amal, misi kesehatan, misi pendidikan, misi budaya humanis. Visi Tzu Chi pun ikut dijalankan, bertujuan untuk menolong sesama makhluk yang menderita, menciptakan kebahagiaan, melenyapkan penderitaan dan menciptakan kebersamaan yang penuh dengan cinta kasih. Seperti yang dikatakan Master Cheng Yen bahwa cinta kasih harus diberikan dalam kadar yang tepat, bagaikan teh yang menebarkan aroma yang sangat lembut. Bila teh ini diseduh terlalu kental, akan terasa pahit dan tidak enak diminum.

Artikel dibaca sebanyak : 1251 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Lebih mudah sadar dari kesalahan yang besar; sangat sulit menghilangkan kebiasaan kecil yang buruk.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat