Minggu, 27 September 2020
Indonesia | English

Berlomba Dalam Kebaikan

07 November 2019 Jurnalis : Lisa Kristiani, Moses Silitonga (Tzu Chi Sinar Mas)
Fotografer : Lisa Kristiani, Andhika Larope, Aldi Chaniago, Mustofa (Tzu Chi Sinar Mas)


Lomba mewarnai dilaksanakan secara bersamaan dengan lomba bercerita dan mewarnai. Kegiatan Lomba ini diadakan untuk ajang kreativitas anak sekaligus  menanamkan nilai-nilai budi pekerti sejak dini.

Dalam menjalankan Misi Pendidikan Tzu Chi, relawan berfokus pada penanaman nilai-nilai budi pekerti dan kemanusiaan. Budi pekerti merupakan sumber dari segala etika, tata krama, dan nilai-nilai kebaikan lainnya yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari. Selain keluarga, penanaman budi pekerti kepada para generasi penerus adalah tanggung jawab kita bersama sebagai insan manusia. Pada tahun 2019, relawan Tzu Chi Sinar Mas terus bergerak untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan bagi para siswa-siswi sekolah di sekitar wilayah Perkebunan Sinar Mas melalui kegiatan Lomba Budaya Humanis.

Pada 24 Oktober 2019, relawan Tzu Chi Sinar Mas dari wilayah komunitas di Kalimantan Tengah bagian Utara melaksanakan rangkaian Lomba Budaya Humanis di Club House Kuayan Estate, Kalimantan Tengah. Kemudian dua hari kemudian (26/10/19), relawan dari wilayah komunitas di Kalimantan Tengah bagian Selatan juga turut melaksanakan perlombaan dengan penuh sukacita di Club House Sungai Rungau.


Tarian suku Dayak, suku asli di Kalimantan membuka kegiatan Lomba Budaya Humanis di Kalimantan Tengah.

Di bagian utara, lomba diikuti sebanyak 170 siswa dengan melibatkan 67 relawan. Di bagian Selatan, diikuti oleh 155 siswa dengan sebanyak 62 relawan yang menjalankan kegiatan. Para peserta di masing masing lokasi berlomba dalam beberapa kategori, seperti lomba menggambar, lomba mewarnai, lomba cepat tepata Kata Perenungan Master Cheng Yen, dan lomba bercerita.

”Saya merasa sangat surprise. Luar biasa! Anak-anak saya lihat benar-benar bersemangat. Saya bahagia sekali melihat mereka mengetahui dan paham akan nilai-nilai Tzu Chi yang telah diberikan,” ujar Gordon Sitorus, relawan Tzu Chi Kalimantan Tengah bagian Utara.

Keindahan cinta kasih dimaknai dengan baik oleh para siswa yang mengikuti perlombaan. Dengan semangat berkompetisi yang positif, para siswa berusaha menampilkan kemampuan terbaik mereka dengan berlandaskan nilai-nilai cinta kasih universal.

”Semoga nilai-nilai kebaikan yang telah diperoleh anak-anak melalui kegiatan ini dapat diterapkan dengan baik di lingkungan sekolah, keluarga dan sekitar mereka,” harap Venu Gopal, Ketua Xie Li Kalimantan Tengah bagian Selatan.


Relawan Tzu Chi Sinar Mas wilayah Kalimantang Tengah berfoto bersama dengan seluruh pemenang lomba.

Dengan penuh keceriaan, perlombaan di dua wilayah tersebut dilaksanakan dari pagi hari hingga sore hari. Relawan bersama para guru bahu membahu melaksanakan berbagai kategori perlombaan dengan antusias. Membimbing dan mengarahkan para siswa agar dapat mengikuti perlombaan dengan baik dan lancar.

”Aku diajarin guru, belajar juga sama teman. Awalnya aku baca dulu terus aku hapalin,” ungkap Calista, siswi Kelas 4 SD Eka Tjipta Seruyan yang merupakan pemenang Lomba Cepat Tepat pada saat menceritakan usahanya untuk dapat dengan maksimal mengikuti perlombaan.

Melalui kegiatan lomba ini, para relawan  juga mengajak para siswa untuk peduli dengan lingkungan. Para siswa hadir di lokasi perlombaan dengan membawa botol minum mereka. Dengan membiasakan diri untuk membawa botol minum, para siswa diharapkan dapat memahami langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh diri sendiri untuk mengurangi penggunaan plastik.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel dibaca sebanyak : 657 kali


Berita Terkait


Menanamkan Nilai-Nilai Humanis

22 November 2019

Benih-benih Cinta Kasih di Lomba Budaya Humanis

09 Mei 2019

Semangat Cinta Kasih di Lomba Budaya Humanis

12 April 2019

Menginspirasi Para Siswa Melalui Lomba Budaya Humanis

05 April 2019

Menanamkan Kebaikan Melalui Lomba Budaya Humanis

25 Juli 2018


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Jangan menganggap remeh diri sendiri, karena setiap orang memiliki potensi yang tidak terhingga.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat