Kamis, 12 Desember 2019
Indonesia | English

Bersatu Hati Melangkah di Jalan Bodhisatwa

12 November 2019 Jurnalis : Vinson Theodoric (Tzu Chi Medan)
Fotografer : Liani, Vinson Theodoric (Tzu Chi Medan)


William Ongko (sebelah kiri) sedang serius mendengarkan topik yang disampaikan pembicara.

Pelatihan Relawan Abu Putih merupakan pelatihan yang rutin diselenggrakan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia setiap tahunnya, termasuk di Kantor Cabang dan Penghubung di seluruh Indonesia. Kali ini, Tzu Chi Cabang Medan menyelenggarakan Pelatihan Relawan Abu putih ke-4 di tahun 2019 yang diikuti oleh 92 orang relawan di Kantor Tzu Chi Medan, Cemara Asri, Medan pada 26 Oktober 2019.

Topik pelatihan kali ini yaitu kita diajak lebih dekat mengenal dan mendalami ajaran Master Cheng Yen, pendiri Yayasan Buddha Tzu Chi. Materi ini dibawakan oleh Endang Kamal, relawan Tzu Chi Medan. Endang Kamal menjelaskan dengan jelas  kehidupan Master Cheng Yen sebelum menjadi biksuni di Hualien sampai kemudian beliau bertekad untuk mendirikan Yayasan Buddha Tzu Chi.


Pendaftaran ulang bagi relawan yang mengikuti pelatihan.


Yanny sedang mengajari tata krama kepada relawan yang pertama kali dalam mengikuti pelatihan ini

Materi kemudian dilanjutkan dengan pembahasan Sutra Bunga Teratai yang dipegang teguh oleh Master Cheng Yen, yang dibawakan oleh Shu Tjeng. Pada saat topik Sutra Bunga Teratai banyak menceritakan keseharian Master Cheng Yen di Griya Jing Si, Hualien. Diceritakan jika Master Cheng Yen sudah bangun sejak pukul 03.30 dini hari untuk mempersiapkan apa yang akan dilakukan dalam hari ini.  Menurut Master Cheng Yen, waktu dalam sehari itu tidak cukup baginya untuk melakukan semua hal.

"Pelatihan kali ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menyatukan semua hati relawan dan terus semangat dalam melatih diri di Jalan Bodhisatwa, serta harapannya untuk ke depan semoga semua materi yang di-sharingkan hari ini bisa bermanfaat, bisa dipraktikkan oleh semua relawan dan memperpanjang barisan Tzu Chi," terang Erlina Khe, kordinator pelatihan ini.


Pesan cinta kasih disampaikan oleh Su Pun Wui, koordinator pelatihan ini.

Pelatihan kali ini juga mengajarkan Tata Krama yang ada di Tzu Chi, dikarenakan ada beberapa relawan yang baru pertama kali mengikuti Pelatihan Relawan Abu Putih ini. Materi ini oleh Yanny. Yanny mengajak semua relawan ikut mempraktikkan semua tata krama, mulai dari berjalan, duduk, makan, dan lainnya.

William Ongko merupakan relawan yang baru pertama kali mengikuti pelatihan ini. Ia mengatakan, "Ternyata pelatihan ini sangat baik dan berguna serta banyak informasi tentang Tzu Chi dan Master Cheng Yen, pendiri Tzu Chi. Semoga setelah ikut pelatihan ini (saya) bisa membangun jiwa kebijaksanaan serta lebih baik ke depannya."

Editor: Hadi Pranoto

Artikel dibaca sebanyak : 342 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Tanamkan rasa syukur pada anak-anak sejak kecil, setelah dewasa ia akan tahu bersumbangsih bagi masyarakat.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat