Senin, 16 Desember 2019
Indonesia | English

Cintai Bumi di Titik Pelestarian Lingkungan yang Baru

03 Mei 2019 Jurnalis : Jenny Agusri (Tzu Chi Batam)
Fotografer : Andie Yeo, Nopianto, Jenny Agusri (Tzu Chi Batam)


Yvonne Chang (kedua dari kanan) menyosialisasikan kegiatan ramah-tamah yang akan diselenggarakan tiga hari lagi. 

Minggu, 21 April 2019, relawan Tzu Chi di Komunitas Hu Ai 1 Batam meresmikan titik pemilahan daur ulang baru di Gudang Satu Center View, Batam Center, Kota Batam. Peresmian ini dihadiri oleh sebanyak 53 peserta, di mana  40 diantaranya ialah relawan Tzu Chi.

Rasa syukur meliputi sanubari hati para relawan Tzu Chi atas pembukaan titik baru kegiatan pelestarian lingkungan ini. Jalinan jodoh terbentuknya titik ini bermula dari ikrar Sun Hock, relawan Tzu Chi Batam. Sebagai koordinator pelestarian lingkungan di komunitasnya, ia merasa penting bagi komunitas Batam Center untuk mendirikan titik pemilahan daur ulang sendiri.

 

Tim Isyarat Tangan Tzu Chi Batam memperagakan Isyarat Tangan Ren Ren Zuo Huan Bao.


Kegiatan Ramah Tamah Pelestarian dihadiri sebanyak 73 peserta.

“Semenjak saya menjadi fungsionaris, saya ingin di Hu Ai 1 itu ada setidaknya satu titik pemilahan. Kebetulan saya ada tempat di sini dan saya berdomisili juga dekat di sini, maka saya punya keinginan mengajak relawan Batam Center, kita bentuk satu titik pemilihan Batam Center di Center view di Gudang Satu,” kata Sun Hock, Koordintor Pelestarlian Lingkungan Hu Ai 1.

Sebelum pembukaan titik pemilahan baru ini, relawan Tzu Chi  terlebih dahulu melakukan Ai Sha (sosialisasi door-to-door) pada 18 April 2019 lalu. Sebanyak 34 relawan dibagi menjadi 10 grup  berjalan kaki mendatangi satu per satu rumah warga di perumahan Center View dan Palm Regency. Setiap grup sangat semangat membagikan brosur dan Buletin Tzu Chi ke rumah warga. Mereka juga menjelaskan tentang pelestarian lingkungan serta mengajak warga untuk menghadiri acara Ramah Tamah Pelestarian Lingkungan yang akan digelar pada malam Sabtu, 20 April 2019.

 

Foto bersama setelah kegiatan pelestarian lingkungan dan peresmian selesai.


Sun Hock memotong tumpeng sebagai tanda pembukaan titik pemilahan.

Kegiatan ramah-tamah ini diisi dengan menyaksikan video ceramah Master Cheng Yen, presentasi perkenalan Tzu Chi oleh Yvonne Chang, Ketua Xie Li, dan pemaparan materi mengenai 5R oleh Dewi Soejati, Ketua Hu Ai I Batam. Tim isyarat tangan juga memeriahkan acara dengan isyarat tangan Ren Ren Zuo Huan Bao (Bersama-sama Melakukan Pelestarian Lingkungan). Lewat kegiatan ramah-tamah ini, warga semakin sadar akan tanggung jawab yang perlu mereka emban sebagai penduduk bumi.

“Saya sadar kalau plastik-plastik lebih bagusnya lebih dihemat, jarang pakai atau mengurangi pakai. Sebelum ini tidak (lakukan), tapi mulai hari ini aku akan berubah. Pelan-pelan akan lakukan daur ulang,” kata Rony, peserta dan warga Perumahan Palm Regency.

 

Relawan bersama warga memilah barang daur ulang.

Kegiatan peletarian lingkungan yang pertama serta acara  peresmian titik pemilihan pun diselenggarakan keesokan harinya, tanggal 21 April 2019. Walau para relawan harus pulang malam karena acara ramah-tamah dan harus bangun subuh untuk mengikuti Chao Shan (Ritual Namaskara), namun relawan tetap bersemangat mengikuti kegiatan yang penuh makna ini. Semoga dengan adanya titik pemilahan baru di kawasan Batam Center ini, semakin banyak relawan dan warga yang bisa terlibat bahkan aktif dalam Misi Pelestarian Lingkungan Tzu Chi.

 

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel dibaca sebanyak : 542 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Hanya dengan mengenal puas dan tahu bersyukur, kehidupan manusia akan bisa berbahagia.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat