Sabtu, 24 Juni 2017

Donasi Sekantong Darah Ketika Berpuasa

15 Juni 2017 Jurnalis : Anand Yahya
Fotografer : Anand Yahya

doc tzu chi

Karyawan DAAI TV dan stafYayasan Buddha Tzu Chi Indonesia mengadakan donor darah di gedung DAAI TV Indonesia pada 15/06/2017. Kegiatan donor darah ini untuk mencukupi stok darah Palang Merah Indonesia (PMI) yang pada bulan puasa mengalami penurunan.

Donor darah ketika berpuasa ternyata sangat baik bagi kesehatan, bahkan lebih baik daripada ketika tidak puasa. Hal tersebut dibenarkan oleh Dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH seorang dokter spesialis penyakit dalam dari FKUI (Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia). Proses regenerasi untuk membentuk sel darah baru akibat dibuangnya darah melalui kegiatan donor merupakan hal yang sangat baik untuk kesehatan donor.

DAAI TV Indonesia mengadakan donor darah di bulan puasa. Bertempat di gedung DAAI TV Indonesia di Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara pada Kamis, 15/06/2017. Dimulai pada pukul 09.00 hingga 12.30 WIB satu persatu staf karyawan DAAI TV dan karyawan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia mendaftarkan diri untuk mendonasikan darah. Enam velbet dan tiga petugas pengambilan darah sudah bekerja mengambil darah. Seratus orang donor tercatat tengah mendaftarkan diri, namun yang layak untuk didonasikan terkumpul 69 kantong darah.

Staf Yayasan  Buddha Tzu Chi Indonesia turut serta dalam mendonasikan darah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah.


Salah satu karyawan DAAI TV Indonesia saat mendonasikan darah. Dibutuhkan 10 hingga 15 menit untuk  proses  pengambilan darah.

Mendonasikan darah tidak ada halangan terkecuali dalam keadaan tubuh tidak sehat. Di bulan puasa ini ketika seseorang dalam keadaan berpuasa juga bisa mendonasikan darah. Secara alami tubuh akan melakukan proses detoksifikasi. Karenanya manfaat donor darah akan lebih terasa di saat berpuasa. Namun, jangan lupa untuk mematuhi ketentuan serta aturan dari dokter sebelum melakukan donor. Seperti pemeriksaan jumlah hemoglobin yang normal, tekanan darah yang normal dan berat badan yang harus pula ideal agar tubuh pedonor sehat dan yang terpenting harus cukup makan sahur.   

Bagi umat muslim bulan puasa menjadi bulan untuk memperbanyak amal kepada orang lain yang membutuhkan. Mendonasikan darah juga bagian dari amal. Banyak yang belum memahami bahwa donasi darah di bulan puasa tidak membatalkan puasa seseorang. Hal ini di perkuat oleh keputusan Komisi Fatwa MUI DKI Jakarta pada 24 Juli 2000 tentang hukum donor darah bagi orang yang sedang berpuasa, bahwa: “Pengeluaran darah dari orang yang sedang menunaikan ibadah puasa, tidak membatalkan atau mengurangi kesempurnaan ibadah puasa orang yang bersangkutan. Bahkan ditinjau dari sudut keutamaan, mendonasikan darah dari orang yang berpuasa kepada orang yang membutuhkan adalah suatu amal ibadah yang pahalanya lebih besar di luar bulan puasa.

Petugas PMI sedang mengemas kantong darah yang telah selesai diambil untuk disimpan dalam kotak pendingin.


Suasana kegiatan donor darah yang nyaman bertempat di lantai satu gedung DAAI TV Indonesia. Enam velbet disediakan untuk pendonor .

Pada bulan puasa stok darah PMI DKI Jakarta berkurang. Namun permintaan akan kebutuhan darah bagi pasien yang kekurangan darah seperti kecelakaan, ibu melahirkan dan berbagai jenis penyakit yang mengharuskan transfusi darah tetap besar. Hal inilah yang menjadi perhatian bagi karyawan DAAI TV dan karyawan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia untuk mengadakan donor darah di bulan puasa.

Editor: Khusnul Khotimah


Artikel dibaca sebanyak : 420 kali


Berita Terkait


Bersinergi Bersama Tzu Chi

22 Juni 2017

Mengajak Para Lanjut Usia Mengenal Aula Jing Si

22 Juni 2017

Bertoleransi Antar Umat Beragama

21 Juni 2017

Cinta Kasih yang Mengalir ke Warga Cipinang

21 Juni 2017

Menjalin Silaturahmi dan Menebar Benih Cinta Kasih di Cilincing

21 Juni 2017


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Security Code
Bila kita selalu berbaik hati, maka setiap hari adalah hari yang baik.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat