Jumat, 13 Desember 2019
Indonesia | English

Internasional: Membantu Korban Gempa Meksiko

22 April 2010 Jurnalis : Da Ai News
Fotografer : Da Ai News

 

 

fotoPara relawan Tzu Chi memberikan bantuan selimut kepada para korban gempa dengan penuh rasa hormat dan kasih.

Relawan Tzu Chi yang berasal dari Meksiko dan Amerika Serikat datang membawa bahan makanan dan selimut untuk membantu penduduk Meksiko Utara yang terkena gempa. Gempa bumi berkekuatan 7.2 skala Richter mengguncang wilayah Mexicali pada tanggal 4 April 2010. Kota ini adalah ibukota Baja California, wilayah Meksiko Utara yang berbatasan dengan California.

Terputusnya Saluran Air Bersih
Relawan yang berasal dari Mexicali bergabung bersama tentara Amerika yang berpusat di Los Angles untuk menyurvei kebutuhan para korban bencana di kota Delta yang mengalami kerusakan parah. Selama melakukan survei mereka juga membagikan 53 liter air bersih, 15 kotak mi instan, 7 kotak beras instan, dan 90 lembar selimut.

Seorang reporter dari DAAI TV Taiwan Zheng Duowen mengatakan bahwa guncangan telah merusak sistem pendingin pembangkit listrik tenaga panas bumi sepanjang 8 kilometer dan menyebabkan kota terendam banjir. “Airnya sudah terkontaminasi dengan sulfur dan berwarna oranye kotor. Ironisnya, selain menghadapi banjir yang cukup serius, kota Delta adalah satu dari lima kota yang mengalami terputusnya saluran air bersih akibat gempa,” kata Zheng Duowen mengabarkan.

Mereka menemukan 3.200 penduduk yang terpaksa tidur di dalam mobil ataupun tenda-tenda, karena takut akan gempa susulan atau dikarenakan rumah mereka telah hancur akibat gempa. Salah satu dari mereka adalah David Rosas, ”Saya sudah tidur di mobil sejak gempa susulan merubuhkan rumah saya. Sehari sebelum gempa adalah hari terakhir saya dapat mandi. Sekarang sudah tidak ada air yang dapat digunakan karena pipa air mengalami kerusakan.”

Bahan Pangan untuk Warga
Para relawan memutuskan untuk datang kembali ke lokasi bencana. Relawan Silvia Bernal mengatakan mereka akan kembali lagi pada hari Sabtu, 10 April. ”Kami akan datang kembali membawa bahan pangan untuk 450 warga yang membutuhkan,” kata salah seorang relawan.

Itu adalah hari yang melelahkan bagi para relawan, tetapi mereka pergi dengan suasana hati yang lebih baik, karena keadaan sehabis gempa tidaklah seburuk keadaan yang mereka pikirkan, para relawan akan kembali secepat mungkin membawa bahan bantuan yang dibutuhkan. (Sumber: Website Tzu Chi Taiwan, tanggal 7 April 2010, diterjemahkan oleh: Rosalyn Lora)

  
 
 

Artikel dibaca sebanyak : 802 kali


Berita Terkait


Berita Internasional: Cinta Kasih Lintas Benua untuk Afrika

24 Juni 2019

Berita Internasional: Bantuan Keuangan untuk Puluhan Mahasiswa Yaman di Istanbul

22 Januari 2019

Berita Internasional: Master Cheng Yen Terima Gelar Doktor Kehormatan

17 Januari 2019

Berita Internasional: Sekolah untuk Anak-anak Suriah di Istanbul Menjadi Sekolah Resmi

14 Desember 2018

Tzu Chi Bagikan 550 Selimut untuk Korban Kebakaran di California

16 November 2018


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Kebahagiaan berasal dari kegembiraan yang dirasakan oleh hati, bukan dari kenikmatan yang dirasakan oleh jasmani.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat