Rabu, 19 September 2018
Indonesia | English

Kelas Memasak Vegetaris

14 September 2018 Jurnalis : Suwati (Tzu Chi Batam)
Fotografer : Suwati (Tzu Chi Batam)


Neli Novita (tengah) sedang menjelaskan bahan-bahan dan cara memasak masakan vegetaris yang diadakan pada Minggu, 9 September 2018.

Minggu siang, 9 September 2018 tepatnya pukul 14.00 WIB, Tzu Chi Batam untuk pertama kalinya mengadakan Kelas Memasak Vegetaris. Berlokasi di Kantin Aula Jing Si Tzu Chi, sebanyak 32 orang peserta mengikuti kelas yang dibimbing oleh Neli Novita, relawan konsumsi Tzu Chi Batam.

Neli Novita membuka kelas dengan memberikan penjelasan tentang bahan-bahan yang akan digunakan untuk memasak menu hari ini, yakni Mi Herbal dan Samosa. Kesungguhan hati panitia dapat terlihat jelas dari persiapan yang mereka lakukan dalam menyiapkan bahan-bahan tersebut. 

Frandevi, Wakil Ketua acara kelas memasak mengatakan, “Tidak ada kesulitan sama sekali dalam persiapan acara ini. Hal ini dikarenakan para relawan yang begitu bersungguh hati membantu menyiapkan bahan dan perlengkapannya.”


Tidak disangka terdapat begitu banyak relawan yang ingin mengetahui lebih dalam tentang bagaimana memasak masakan vegetaris.


Semangat belajar para peserta terlihat jelas dari bagaimana mereka tidak ingin melewatkan satu detilpun materi yang disampaikan oleh pengajar.

Tujuan dari kelas memasak ini sendiri ialah ingin mengajak semua peserta untuk mencoba memasak sendiri makanan vegetaris. Jika mengetahui caranya, memasak makanan vegetaris sebenarnya mudah: mudah ditemui bahannya, mudah saat diproses, dan mudah diserap oleh tubuh.

Ide untuk mengadakan kelas memasak ini sendiri muncul dari salah satu relawan Tzu Chi Batam yang baru pulang dari Tzu Chi Jakarta. Setibanya di Batam, ia menceritakan gagasannya ke relawan lainnya, maka dilaksanakanlah kelas masak vegetaris ini.

Cara mengajarkan memasak vegetaris ke peserta pun selangkah demi selangkah, mulai dari pengolahan bahan sampai dengan cara memasaknya. Hal ini dilakukan agar para pemula yang baru belajar dapat dengan mudah mengikutinya. Kalas memasak yang berlangsung selama 2 jam ini pun berjalan dengan sangat lancar. Salah satu alasannya karena para peserta dapat saling menghormati dan sangat tertib saat ingin mengambil dokumentasi dalam bentuk gambar maupun video. Mereka secara bergiliran maju ke depan untuk melihat proses memasak dan mengambil dokumentasi. Walaupun waktu 2 jam tidaklah panjang untuk kelas memasak, namun para peseta bisa langsung melihat, bertanya, dan menyicipi menu yang diajarkan hari itu juga.


Sebanyak 32 orang murid yang mengikuti Kelas Memasak Vegetaris pertama Tzu Chi Batam.

“Perasaan saya senang bisa ikut kelas masak ini karena kan baru pertama kali ada acara masak bersama dan ini kesempatan yang luar biasa untuk bisa belajar masakan vegetaris,” ucap Mimy, peserta mengetahui kelas masak ini lewat sosial media Tzu Chi Batam.

“Mi yang bisa dibilang hampir setiap hari kita konsumsi ternyata bisa dimakan tanpa daging malahan bisa dari rempah-rempah yang pastinya sehat buat kesehatan kita,” ungkap Mulyani, peserta lainnya. Walaupun dia sendiri bukan seorang vegetarian, namun semangatnya untuk belajar memasak vegetaris sangat tinggi.

Editor: Yuliati

Artikel dibaca sebanyak : 201 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Cemberut dan tersenyum, keduanya adalah ekspresi. Mengapa tidak memilih tersenyum saja?

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat