Rabu, 16 Januari 2019
Indonesia | English

Membantu dan Memberi Semangat di Kompleks Patina

26 November 2018 Jurnalis : Marcopolo (Tzu Chi Biak)
Fotografer : Marcopolo (Tzu Chi Biak)


Relawan Tzu Chi biak membagikan paket bantuan kebakaran untuk warga Kompleks Patina, Kelurahan Fandoi, Biak yang terkena musibah kebakaran.

Pada Senin malam, 19 November 2018 warga Kompleks Patina, Kelurahan Fandoi, Biak dikejutkan ledakan keras dari salah satu rumah di kompleks tersebut. Ledakan ini pun menimbulkan api yang kemudian mulai membakar rumah pada pukul 21.00 WIT. Warga pun mulai panik karena api menjalar dengan cepat ke beberapa rumah disekitar sumber ledakan. Dalam waktu 3 jam saja belasan rumah terbakar.

Pemadam kebakaran segera bergerak ke Kompleks Patina untuk memadamkan api. Untuk membantu memadamkan api, Polres Biak Numfor juga menurunkan mobil water cannon untuk mempercepat pemadaman api agar tidak semakin menjalar. Para warga kompleks Patina yang juga ikut bahu membahu membantu petugas pemadam kebakaran dan api berhasil dipadamkan sekitar pukul 24.00 WIT.


Lokasi kebakaran di Kompleks Patina juga sudah mulai dibersihkan oleh warga.

Akibat kebakaran ini sebanyak 21 Kepala Keluarga (KK) kehilangan rumah dan harta bendanya. Selain itu, 23 orang penghuni kost di kompleks Patina juga turut menjadi korban, total terdapat 102 jiwa yang terdampak langsung akibat kebakaran ini. Kemudian Tzu Chi Biak yang mengetahui kejadian ini segera menurunkan tim survei pemberian bantuan ke kompleks Patina pada 21 November 2018.

Kondisi lokasi kebakaran pada saat disurvei masih banyak dengan puing-puing dan warga pun juga sudah mulai membereskan bekas kebakaran. “Banyak warga yang tidak sempat menyelamatkan harta benda mereka, api menjalar dengan cepat sehingga mereka hanya sempat membawa barang-barang yang terdekat saja,” ungkap Ketua RT 04 Kompleks Patina, Felix Manufandu.


Ketua Tzu Chi Biak, Susanto Priono memberikan pengarahan dan membangkitkan semangat para korban kebakaran.

Dari hasil survei, para warga yang terdampak kebakaran membutuhkan pakaian, sembako, dan obat-obatan. Kemudian pada sore harinya, Tzu Chi Biak kembali mengunjungi korban kebakaran di kompleks Patina bersama Yayasan Buddha Dharma Biak dengan membawa serta paket bantuan kebakaran untuk para korban.

Paket bantuan kebakaran yang di bagikan sebanyak 44 paket yang dialokasikan untuk 21 KK dan 23 orang penghuni kost di Kompleks Patina. Selain itu, para kepala keluarga juga diberikan bantuan uang pemerhati dan Yayasan Buddha Dharma Biak juga ikut membantu dengan menyumbangkan beras.


Warga Kompleks Patina berterima kasih kepada relawan Tzu Chi Biak karena memberikan bantuan kebakaran.

Adapun paket bantuan kebakaran yang diberikan Tzu Chi Biak berupa sabun mandi, pasta gigi, shampo, detergen, minyak kayu putih, tolak angin, gula pasir, sikat gigi, dan teh. Pada saat penyerahan paket, relawan Tzu Chi Biak juga menghibur dan menguatkan para korban kebakaran. Para korban juga sangat bersyukur karena masih ada yang diperhatikan keadaan mereka.


Editor: Arimami Suryo A.

Artikel dibaca sebanyak : 136 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Kita sendiri harus bersumbangsih terlebih dahulu, baru dapat menggerakkan orang lain untuk berperan serta.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat