Minggu, 16 Juni 2019
Indonesia | English

Menebar Semangat untuk Melestarikan Lingkungan

21 Desember 2018 Jurnalis : Eka Suci R (Tzu Chi Surabaya)
Fotografer : Hari Tedjo (Tzu Chi Surabaya)


Untuk mengenalkan Misi Tzu Chi yang sejalan dengan program The Body Shop, relawan mengundang perwakilan setiap outlet untuk jamuan teh di Kantor Tzu Chi Surabaya.

Semenjak diresmikannya Depo Pendidikan Pelestarian Lingkungan Tzu Chi Surabaya pada 28 Oktober tahun lalu, relawan giat melakukan kegiatan pelestarian lingkungan. Tiap harinya selain pilah-pilah barang daur ulang, relawan tengah membuat penghijauan, lahan depo menjadi ruang hydroponik. Sebulan sekali seusai senam Healty Sunday mingguan, agenda Hari Pelestarian Lingkungan, relawan mengajak peserta mendengarkan Ceramah Master Cheng Yen dan memilah barang daur ulang.

Meskipun tergolong baru, depo yang berada di kawasan Wisata Bukit Mas II ini sudah memiliki banyak donatur daur ulang. Salah satunya adalah The Body Shop, perusahaaan yang bergerak di bidang retail kosmetik. Setiap Minggu di dua bulan terakhir ini relawan mengambil barang daur ulang dari The Body Shop di 10 titik yang tersebar di Mall Surabaya.

The Body Shop memiliki program pengembalian botol kemasan dengan memberikan reward. Program ini mengajak pelanggan mengembalikan kemasan kosong produk The Body Shop untuk mengurangi penggunaan sampah plastik.


Acara berjalan begitu menyenangkan. Tim The Body Shop mengikutinya dengan hangat dan penuh dengan semangat.


Jhonny Chandrina memaparkan tentang Misi Pelestarian Lingkungan Tzu Chi, juga manfaat bervegetaris untuk melindungi bumi serta menghargai kehidupan.

Untuk mengenalkan Tzu Chi yang memiliki misi sejalan dengan program The Body Shop, relawan mengundang perwakilan setiap outlet untuk jamuan teh di Kantor Perwakilan Tzu Chi Surabaya. Pada Rabu, 21 Desember lalu sekitar 13 orang dari The Body Shop dan perwakilan dari kedai kopi Excelso memenuhi undangan tersebut. Setelah pendaftaran, relawan mengajak tamu berbincang-bincang sebelum memulai acara.  

Dibuka dengan perkenalan setiap perwakilan dari The Body Shop dan Excelso, kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi Tzu Chi. Acara pada hari itu juga kedatangan Koordinator He Xin bagian Pelestarian Lingkungan yaitu Jhonny Chandrina yang kebetulan tengah berada di Surabaya. Dalam kesempatannya hari itu, ia memberikan penjelasan tentang misi pendidikan Pelestarian Lingkungan Tzu Chi dan juga manfaat bervegetaris untuk melindungi bumi serta menghargai kehidupan.

Johnny pun terkesan karena para tamu juga sangat antusias dan penuh semangat mendengarkan materi yang ia sampaikan.

“Antusiasme mereka saya pikir cukup semangat ya. Saya juga berharap agar semuanya bisa memahami visi misi Tzu Chi dan juga konsep 5R (Rethink, Reduce, Reuse, Repair, Recycle). Jadi begitu mereka tahu, paham dan lakukan sendiri dan juga bisa menjelaskan kepada yang lain agar bisa menjalankan apa yang Tzu Chi lakukan,” ujarnya.


Setelah pengenalan Tzu Chi dan Pelestarian Lingkungan dilanjutkan dengan isyarat tangan. Dengan penuh semangat mereka mengikuti gerakan relawan.


Dwi Muhariyati selaku Regional Manager Jawa Timur megungkapkan bahwa jamuan teh sungguh berkesan.

Acara dilanjutkan dengan sharing produk daur ulang, dan juga isyarat tangan Satu Keluarga. Acara berjalan begitu menyenangkan, Tim The Body Shop mengikutinya dengan hangat dan penuh dengan semangat. Dwi Muhariyati selaku Regional Manager Jawa Timur megungkapkan bahwa hari ini cukup berkesan dengan acara maupun dengan seluruh relawan pada hari itu.

“Acara hari ini sangat berkesan. Kita sudah merasakan bagaimana kita bekerjasama dengan Tzu Chi selama dua bulan ini yang sangat membantu kami dan sekaligus dengan undangan pada hari ini sangat senang sekali. Selain itu kita tahu bagaimana cara mengelola donasi daur ulang dari The Body Shop,” pungkasnya.


Sesi foto bersama relawan bersama dengan The Body Shop dan perwakilan Excelso.

Ketertarikan mereka dengan Tzu Chi terbukti dari semangat mereka yang ingin sekali dilibatkan dalam acara maupun kegiatan Tzu Chi. Dwi berharap kerjasamanya dengan Tzu Chi tetap berlangsung denga baik. “Tzu Chi ini sangat membantu dengan segala kegiatannya. Sebelumnya kita tidak pernah berfikir sejauh ini. Semoga kerja sama ini tetap berlangsung lebih baik, bahkan kerja samanya tidak hanya Tzu Chi mengambil barang daur ulang tapi kita juga bisa dilibatkan dalam kegiatan Tzu Chi,” tutupnya.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel dibaca sebanyak : 419 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Semua manusia berkeinginan untuk "memiliki", padahal "memiliki" adalah sumber dari kerisauan.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat