Jumat, 17 Agustus 2018
Indonesia | English

Menggalang Donasi Bagi Korban Gempa

09 Agustus 2018 Jurnalis : Moses Silitonga (Tzu Chi Sinar mas)
Fotografer : Dok. Tzu Chi Sinar Mas


Relawan Tzu Chi Sinar Mas dari Xie Li Gunung Mas menggalang dana untuk korban gempa Lombok di tiga wilayah di Kalimantan Tengah. 

Masyarakat Lombok (NTB), Bali, dan sekitarnya sedang berduka setelah diguncang gempa besar berkekuatan 6,4 SR dan 7 SR sebanyak 2 kali dalam kurun waktu sepekan, yaitu pada tanggal 29 Juli 2018 dan 5 Agustus 2018. Tidak hanya memporak-porandakan rumah warga dan bangunan, gempa juga telah membuat ratusan orang luka-luka dan serta menimbulkan korban jiwa.

Tak terkira kesedihan mendalam yang dirasakan oleh para korban bencana. Kehilangan keluarga, kehilangan harta benda, dan trauma yang harus mereka alami pascagempa. Melihat kesedihan ini, para relawan Tzu Chi Sinar Mas tergerak untuk turut mengobati rasa kesedihan yang dirasakan oleh para korban melalui penggalangan donasi bagi korban gempa yang dilaksanakan pada 31 Juli, 7-8 Agustus 2018.

Para relawan Tzu Chi Sinar Mas dari Xie Li Sumatera Utara telah terlebih dahulu bergerak mengumpulkan donasi setelah kejadian gempa besar di Lombok yang pertama. Penggalangan donasi ini dimulai pada 31 Juli 2018 di wilayah Sumatera Utara.


Relawan Tzu Chi Sinar Mas yang berada di gedung perkantoran Head Office Sinarmas Land Plaza, Thamrin, Jakarta Pusat juga menggalang dana bagi korban gempa Lombok.

Setelah gempa besar kedua, keadaan di Lombok (NTB), Bali, dan sekitarnya pun kian memburuk. Hal ini terjadi karena kekuatan gempa kedua lebih besar dari gempa pertama. Merespon peristiwa gempa tersebut, para relawan Tzu Chi Sinar Mas dari wilayah lainnya pun ikut bergerak untuk menggalang dana.

Pada tanggal 7 Agustus 2018, kegiatan penggalangan dana berikutnya kembali dilaksanakan melalui penggalangan dana yang secara serentak dilaksanakan di tiga wilayah di daerah Kalimantan Tengah oleh para relawan Tzu Chi Sinar Mas dari Xie Li Gunung Mas. Dalam kegiatan ini, rasa sependeritaan dan sepenanggunngan untuk korban gempa Lombok pun ditularkan relawan kepada seluruh karyawan dan masyarakat sekitar.

Pada tanggal yang sama, para relawan Tzu Chi Sinar Mas dari Xie Li Lampung juga turut serta menggalang dana di wilayahnya. Dengan semangat bahu membahu, para relawan yang berada di sekitar daerah Lampung, bergerak ke 7 wilayah untuk mengajak masyarakat memberikan sedikit rezeki untuk korban gempa Lombok.


Dengan bergerak ke 7 wilayah, relawan Tzu Chi Sinar Mas dari Xie Li Lampung juga ikut menggalang dana pascagempa yang terjadi di Lombok, NTB.

Penggalangan hati ini pun terus berlanjut. Keinginan untuk turut mengubah kesedihan para korban menjadi ketabahan dan kekuatan melalui bantuan donasi turut dilaksanakan oleh para relawan Tzu Chi Sinar Mas dari Xie Li Thamrin. Pada Rabu, 8 Agustus 2018 para relawan yang berada di gedung perkantoran Head Office Sinarmas Land Plaza, Thamrin, Jakarta Pusat bergerak dari menara 1, menara 2, hingga menara 3 untuk mengajak para karyawan lainnya berdonasi.

Bantuan yang diberikan melalui para relawan Tzu Chi Sinar Mas ini selanjutnya disalurkan kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia untuk kemudian diberikan bagi para korban bencana gempa di Lombok (NTB), Bali, dan sekitarnya.

“Bencana membuat hati kita menjadi pilu dan prihatin. Hanya cinta kasih yang mampu mengubah kesedihan itu menjadi ketabahan dan kekuatan”

-Master Cheng Yen-

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel dibaca sebanyak : 320 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Memiliki sepasang tangan yang sehat, tetapi tidak mau berusaha, sama saja seperti orang yang tidak memiliki tangan.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat