Sabtu, 18 November 2017
Indonesia | English

Pemberkahan Akhir Tahun di Tzu Chi Tanjung Balai Karimun

12 Januari 2017 Jurnalis : Purwanto (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun)
Fotografer : Beverly, Calvin, Pungky, Andi (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun)

doc tzu chi

Murid Kelas Budi Pekerti Xiao Tai Yang turut ambil bagian dalam peragaan isyarat tangan untuk memperagakan drama musikal tentang ajakan kepada masyarakat agar senantiasa menyebarkan cinta kasih kepada semua makhluk.

Pertama kalinya Yayasan Buddha Tzu Chi Tanjung Balai Karimun merayakan Pemberkahan Akhir Tahun (PAT) 2016 di Gedung Siang Hwa, Batu Lipai. Lokasi ini dipilih karena letaknya yang cukup strategis, yaitu di antara Tanjung Balai dan Meral dengan harapan relawan maupun tamu undangan lebih mudah mencapai lokasi. Adapun tema Pemberkahan Akhir Tahun (PAT) 2016 adalah “Memperoleh berkah: Dalam sebutir beras terhimpun cinta kasih sepanjang masa. Membina Kebijaksanaan: Dalam hal terkecil pun terkandung Dharma yang mengubah kehidupan”.

Untuk menggelar acara pada Sabtu, 7 Januari 2017 ini, para relawan menyiapkannya sejak jauh-jauh hari. Tamu undangan mulai berdatangan sebelum acara Pemberkahan Akhir Tahun (PAT) dimulai pada pukul 18.45. Sambil menunggu acara dimulai, relawan memutarkan kilas balik Tzu Chi Indonesia 2016. Anak-anak Tzu Shao juga mensosialisasikan serta mengajak tamu undangan untuk ikut dalam gerakan 111. Melalui ajakan 1 orang, 1 hari bervegetarian, untuk 1 bumi diharapkan dapat menjaga bumi kita dan lebih  mencintai makhluk hidup.

Komite Tzu Chi Tanjung Balai Karimun mewakili Master Cheng Yen saat memberikan angpao kepada tamu undangan yang hadir sebagai ungkapan terima kasih.

 

Sukmawati mengajak relawan dan tamu undangan mendukung gerakan 111 (satu orang, satu hari bervegetarian, untuk satu bumi).

Relawan dan tamu undangan sendiri tentunya memiliki latar belakang agama, kepercayaan, maupun pekerjaan yang berbeda-beda. Namun perbedaan justru merupakan kekayaan dan kesempatan untuk saling menghormati sesuai dengan prinsip Bhinneka Tunggal Ika.  Salah seorang tamu undangan, Wagimin yang juga tokoh agama Buddha di Karimun, datang bersama isterinya. Setiap Pemberkahan Akhir Tahun yang diadakan Tzu Chi Tanjung Balai Karimun, Wagimin selalu datang. Ia sendiri sangat mendukung gerakan 111.

“Saat melihat relawan Tzu Chi mengajak tamu undangan untuk berpartisipasi dalam acara Gerakan 111 yang akan dilaksanakan tanggal 11 Januari 2017 secara bersama-sama di seluruh dunia, saya sangat setuju karena dengan seperti ini secara tidak langsung kita telah mengembangkan cinta kasih di  dunia,” ungkapnya. 

Wagimin menambahkan, bervegetarian merupakan salah satu cara mengembangkan cinta kasih kepada semua makhluk, apalagi tidak ada satu pun makhluk yang mau dibunuh.

Walaupun kegiatan kali ini dilaksanakan ditempat yang baru, namun tamu undangan begitu antusias dalam mendukung acara yang Tzu Chi laksanakan. Kurang lebih sekitar 447 tamu undangan yang hadir dalam Acara Pemberkahan Akhir Tahun 2016.

Sementara itu bagi Cindy (15 tahun) mengikuti kegiatan Pemberkahan Akhir Tahun membuatnya makin semangat untuk memperbaiki diri, terutama terkait bagaimana bersikap kepada orang tua. “Saya ingat dosa-dosa yang pernah saya lakukan dulu kepada orang tua. Ketika berbuat kesalahan-kesalahan dan saya harus bertobat melalui kata-kata di buku itu yang ditampilkan di isyarat tangan” jelasnya saat ditanya  oleh relawan.

Memperagakan isyarat tangan memang menjadi pengalaman pertama Cindy yang juga tergabung di Tzu Shao (kelas budi pekerti Tzu Chi bagi murid tingkat SMP dan SMA). Murid Kelas Budi Pekerti Xiao Tai Yang juga turut ambil bagian dalam peragaan isyarat tangan untuk memperagakan drama musikal sebagai dorongan kepada masyarakat agar senantiasa menyebarkan cinta kasih kepada semua makhluk.

Sukmawati sebagai Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Tanjung Balai Karimun berharap, dengan kegiatan ini, para relawan dapat semakin kompak sehingga makin banyak kegiatan positif yang bisa digelar. “Saya berharap untuk relawan kita agar lebih kompak, harmonis, dan saling peduli relawan,” tuturnya. 

Meski kegiatan kali ini dilaksanakan di tempat yang baru, namun tamu undangan begitu antusias dalam mendukung acara yang Tzu Chi laksanakan. Kurang lebih sekitar 447 tamu undangan yang hadir dalam Acara Pemberkahan Akhir Tahun 2016. Di akhir kegiatan, relawan Tzu Chi mengajak seluruh tamu undangan yang hadir untuk berdoa bersama demi keselamatan semua makhluk dan bumi.

Artikel dibaca sebanyak : 1151 kali


Berita Terkait


Vegetarian Food Festival Sambut Bulan Tujuh Penuh Berkah

23 Agustus 2017

Menghimpun Berkah dan Menggalang Hati

06 September 2016

Yuk, Vegetarian

13 Agustus 2015

Vegetarian Wujud Cinta Kasih kepada Semua Makhluk

19 Agustus 2014


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Security Code
Keharmonisan organisasi tercermin dari tutur kata dan perilaku yang lembut dari setiap anggota.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat