Minggu, 27 Mei 2018
Indonesia | English

Perayaan Imlek Bersama di Batam

12 Februari 2018 Jurnalis : Agus Lee (Tzu Chi Batam)
Fotografer : Djaya Iskandar (Tzu Chi Batam)

doc tzu chi indonesia

Relawan membagikan paket bantuan kepada 45 penerima bantuan Tzu Chi Batam yang akan merayakan Imlek.

Setiap kali menjelang hari besar, seperti Idul Fitri, Natal, ataupun tahun baru Imlek, para penerima bantuan Tzu Chi selalu kesulitan memenuhi kebutuhan mereka. Oleh sebab itu, relawan Tzu Chi selalu membagikan paket santunan untuk mengurangi beban ekonomi mereka. Pada gathering penerima bantuan yang diadakan pada 4 Februari 2018, relawan Tzu Chi Batam membagikan sebanyak 45 paket santunan bagi para penerima bantuan yang kurang dari 2 minggu lagi akan merayakan Hari Raya Imlek.

Tidak hanya memberikan paket santunan, relawan Tzu Chi juga memanfaatkan kesempatan ini untuk merayakan Imlek bersama penerima bantuan yang hadir. “Ini adalah gathering Imlek, jadi kita mengundang semua penerima bantuan untuk datang dan merayakan Imlek bersama,” tutur Lindawaty Kosidin, Koordinator Acara. Lindawaty juga menyampaikan kepada para penerima bantuan bahwa, di Tzu Chi kita semua satu keluarga dan Aula Jing Si adalah rumah bagi kita semua.

doc tzu chi indonesia

Dua orang relawan menghibur para penerima bantuan dengan mementaskan tarian tradisional Kung Fu Shan (Kipas Kung Fu).

doc tzu chi indonesia

Perayaan Imlek mencapai puncak dengan relawan menyanyikan lagu Imlek dan kehadiran Cai Shen (Dewa Kekayaan) membagikan angpao kepada anak-anak dari penerima bantuan.

Agar para penerima bantuan dapat merasakan suasana Imlek, relawan Tzu Chi telah mendekorasi ruang makan Aula Jing Si Batam di lantai 1 dengan pernak-pernik Imlek. Nuansa Imlek yang kental pun dapat mereka rasakan pada langkah pertama mereka memasuki ruang kegiatan. Kesungguhan hati relawan dalam mendekorasi ruang tersebut juga ditampilkan melalui slideshow sebelum kegiatan dimulai.

Acara gathering dimulai dengan tarian tradisional Kung Fu Shan (Kipas Kung Fu) oleh 2 relawan. Gerakan yang luwes diiringi dengan suara kipas mengundang decak kagum dan tepuk tangan yang meriah dari para hadirin. Tidak berhenti di sana, relawan juga mementaskan sebuah drama singkat yang mengingatkan peserta akan pentinya kebersamaan dan kerukunan. Kemeriahan pun memuncak dengan hadirnya Cai Shen (Dewa Kekayaan) yang datang untuk memberikan angpao ke anak-anak yang hadir.

doc tzu chi indonesia

Setelah menyaksikan video asal usul angpao Berkah dan Kebijaksanaan, relawan mewakili Master Cheng Yen membagikan angpao tersebut kepada setiap kepala keluarga.

Salah satu penerima bantuan, Edi Seprianto sangat senang dengan adanya acara ini. “Temanya Imlek, sungguh mengharukan, sungguh seru apalagi ada drama komedi, sungguh-sungguh amat serulah,” ucap Edi gembira. Walau Edi tidak merayakan Imlek, namun hal ini tidak menghalang Edi untuk turut bergembira bagi sesama yang merayakannya.

Kegiatan gathering berakhir dengan setiap kepala keluarga penerima bantuan mendapatkan angpao Berkah dan Kebijaksaan dari Master Cheng Yen. Semoga dengan angpao yang berisi doa Master ini, mereka dapat ingat untuk tidak henti-hentinya menciptakan berkah dan mengembangkan kebijaksaan.

Editor: Metta Wulandari

Artikel dibaca sebanyak : 405 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Menyayangi diri sendiri adalah wujud balas budi pada orang tua, bersumbangsih adalah wujud dari rasa syukur.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat