Rabu, 16 Januari 2019
Indonesia | English

Pola Hidup Pengaruhi Kesehatan Diri

28 November 2018 Jurnalis : Sutriani (Tzu Chi Makassar)
Fotografer : Sutriani (Tzu Chi Makassar)

Dokter sedang memeriksa denyut jantung pasien yang memeriksakan dirinya pada Baksos Degeneratif ketiga yang digelar Tzu Chi Makassar di Rusunawa Kelurahan Panambungan.

Yayasan Buddha Tzu Chi Makassar kembali menggelar Bakti Sosial (Baksos) kesehatan degeneratif di Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Kelurahan Panambungan, Makassar, Minggu (25/11). Untuk ketiga kalinya, puluhan warga Rusunawa antre untuk memeriksakan kesehatan. Tak hanya pemeriksaan kesehatan, panitia juga menyiapkan beragam obat-obatan bagi pasien.

Salah seorang dokter dari RCM yang ikut dalam baksos ini, dr Li Yeng, mengatakan kebanyakan keluhan penyakit yang diderita warga diakibatkan oleh aktivitas hidup. Seperti pola makan yang tidak teratur dan pekerjaan berat. “Penyakit yang banyak muncul itu dari aktivitas, artinya termasuk makan. Makan yang berlebihan, harus dikurangi. Aktivitas kerja yang terlalu berat, itu harus banyak istirahat,” katanya, usai memeriksa sejumlah pasien.

Sejumlah pasien sedang mengikuti penyuluhan kesehatan sebelum diperiksa. Sembari antre, mereka mendengarkan terlebih dahulu materi-materi terkait kesehatan.

Dokter Li menyontohkan, penyebab penyakit pada lutut yang banyak diderita warga tidak selamanya karena asam urat. Tapi juga aktivitas masyarakat yang berlebihan, seperti duduk atau berdiri terlalu lama.

Dalam kesempatan tersebut, Dokter Li juga mengimbau agar pasien yang butuh rujukan lebih lanjut bisa menghubunginya. Dalam pemeriksaan kesehatan kemarin, ada beberapa pasien yang harus menjalani pemeriksaan lanjutan di rumah sakit. “Saran saya, biasa pasien kadang-kadang tidak bisa dibantu hanya dengan baksos, karena penyakitnya serius. Misalnya perut bengkak, harus dirujuk ke rumah sakit atau misalnya penyakit katarak juga begitu,” jelasnya.

Para dokter sedang memeriksa dan mendengarkan keluhan para pasien yang datang ke baksos degeneratif.

Selama ini, Tzu Chi sudah beberapa kali memfasilitasi masyarakat kurang mampu yang butuh tindakan lebih lanjut. Seperti operasi katarak dengan bekerjasama RS Wahidin dan RS Sayang Rakyat. Tak hanya dokter, baksos ini juga diikuti apoteker. Baksos yang dilakukan Tzu Chi ini sangat membantu masyarakat rusunawa.


Editor:  Metta Wulandari

Artikel dibaca sebanyak : 191 kali


Berita Terkait


Baksos Degeneratif Tahap Ketiga di Tzu Chi Makassar

24 Januari 2018


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Keharmonisan organisasi tercermin dari tutur kata dan perilaku yang lembut dari setiap anggota.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat