Minggu, 28 Mei 2017

Setetes Darah Sejuta Harapan

12 Mei 2017 Jurnalis : Lindawati Tjiawi (Tzu Chi Medan)
Fotografer : Martin (Tzu Chi Medan)

doc tzu chi

Donor darah yang digelar Tzu Chi Medan pada Minggu 7 Mei 2017 ini berjalan lancar berkat kerjasama dengan Rumah Sakit Haji Adam Malik dan Perguruan Sutomo.

Tzu Chi Medan bekerja sama dengan Rumah Sakit Haji Adam Malik dan Perguruan Sutomo kembali mengadakan kegiatan donor darah. Kegiatan pada Minggu 7 Mei 2017 ini digelar di Gedung PGTK Perguruan  Sutomo, Jl. Thamrin No 55 Medan. Kegiatan baksos  ini sudah dinantikan oleh warga yang sudah mengerti  pentingnya  donor darah, yakni untuk menolong yang membutuhkan darah dan untuk kesehatan diri sendiri.

Ketika jarum jam menunjukkan pukul 08.00 WIB, calon pendonor sudah berdatangan untuk mendaftarkan diri. Setelah mendaftar, mereka diarahkan ke ruangan untuk cek tekanan darah. Jika lolos, kemudian mereka diantar ke ruang cek Hemoglobin (HB). Jika lolos di pemeriksaan ini kemudian calon pendonor akan diantar ke ruang tunggu untuk berdonor.

Di ruang donor banyak relawan yang membantu memberi perhatian (guan huai) kepada para pendonor. Tujuannya agar para pendonor merasa tenang saat mendonorkan darahnya, apalagi pendonor yang baru pertama kali.

Ditemani para relawan, para pendonor menjadi lebih tenang.


Donor darah juga diikuti beberapa komunitas pemuda setempat.

Janywati (33),orang tua murid di Perguruan Sutomo baru pertama kali mendonorkan darahnya. Ia mendonorkan darah untuk beramal sekaligus mendapatkan manfaat kesehatan. “Saya tidak takut dan tidak merasakan sakit karena sudah ada niat. Karena ini Tzu Chi yang buat maka saya ingin ikut, dan saya akan lanjut donor darah,” ujarnya.

Begitu masuk ke tempat donor darah, Jany sudah merasakan  ramahnya relawan dan muda mudi Tzu Chi.

Sementara Sei Hong (58) sudah delapan kali mendonorkan darahnya. Ia juga mengajak serta putrinya Novita (23) ikut donor darah.  “Saya baru pertama kali mendonor di Tzu Chi. Para relawan   sangat ramah dan berharap Tzu Chi selalu mengadakan bakti sosial donor darah di Perguruan Sutomo karena lebih dekat  dan bisa ikut donor,” kata Novita.

Pada kegiatan donor darah kali ini, sebanyak 278 kantor darah berhasil terkumpul. Terdiri dari darah yang golongan A sebanyak 64 kantong, B 63 kantong, AB 17 kantong, dan O 134 kantong.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel dibaca sebanyak : 658 kali


Berita Terkait


Waisak 2017: Mengingat Budi Luhur Buddha, Orang Tua, dan Semua Makhluk

22 Mei 2017

Melihat Penderitaan, Menyadari Keberkahan

02 Mei 2017

Peduli Sesama Melalui Donor Darah

21 April 2017

Menahan 'Gigitan Semut' untuk Selamatkan Sesama

30 Maret 2017

Antusias Pendonor Darah, Wujud Kepedulian Terhadap Sesama

20 Maret 2017


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Security Code
Beriman hendaknya disertai kebijaksanaan, jangan hanya mengikuti apa yang dilakukan orang lain hingga membutakan mata hati.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat