Kamis, 15 November 2018
Indonesia | English

Yuk! Bervegetaris Bersama-sama pada 11 Januari

05 Januari 2018 Jurnalis : Khusnul Khotimah
Fotografer : Khusnul Khotimah, Arimami Suryo A.

doc tzu chi indonesia

Janet (dua dari kanan) bersama rekan-rekannya dari DAAI TV berfoto bersama usai mendengarkan penjelasan relawan Tzu Chi tentang ajakan bervegetaris seharian penuh pada 11 Januari mendatang.

Lima hari jelang Earth Ethical Eating Day atau Gerakan 111 (bervegetaris penuh di tanggal 11 Januari), suasana Kantin Tzu Chi Center hari ini, Jumat, 5 Januari 2018 terasa lebih berwarna. Di dekat salah satu pintu masuk terdapat stan, lengkap dengan latar hijau cerah yang instagramable. Ada juga beberapa atribut foto dengan warna-warna cerah yang mengandung ajakan untuk bervegetaris, ajakan untuk mencintai bumi, juga ajakan untuk menyayangi hewan.

Tentu keberadaan stan ini membuat karyawan Yayasan Buddha Tzu Chi, juga orang tua murid Sekolah Tzu Chi Indonesia yang hendak makan bersantap siang jadi penasaran. Mereka mendekat dan mendapat penjelasan tentang sosialisasi Gerakan 111 dari relawan Tzu Chi.

“Kami dari He Qi Utara 1 tiap hari mulai dari hari ini sampai tanggal 11 Januari kita tiap hari akan mengajak orang untuk ikut serta bervegetaris,” ujar Tina Lee, relawan Tzu Chi dari komunitas He Qi Utara 1. 

Setelah mendapatkan penjelasan, mereka pun diajak turut serta untuk bervegetaris pada tanggal 11 Januari mendatang. Dalam satu setengah jam sosialisasi ini, sebanyak 57 orang menyatakan siap untuk ikut bagian dalam gerakan ini. Di antaranya Janet, translator news dari DAAI TV.

doc tzu chi indonesia

Puspawati, relawan Tzu Chi mengajak para pengunjung Kantin Tzu Chi untuk bepartisipasi dalam gerakan ini.

doc tzu chi indonesia

Joseph tak ingin ketinggalan mengabadikan momen ini untuk berfoto.

“Saya langsung mau bepartisipasi, karena vegetaris juga sehat. Cara seperti ini memang membuat orang pelan-pelan bisa bervegetaris. Saya sangat mendukung kegiatan ini, dengan begini orang-orang melihat satu orang sudah mulai, berarti orang lain bisa ikut gerakan ini,” kata Janet. 

Ada juga Joseph (32), salah satu orang tua murid Sekolah Tzu Chi Indonesia. “Saya langsung mau untuk bergabung dalam gerakan ini, lagi pula enak kok makanan vegetarian. Jadi waktu tadi diajak sama relawan, tidak masalah juga. Tadi saya sebelum olahraga makan vegetarian juga, enak,” kata Joseph.

Joseph juga berjanji untuk mengajak teman dan kerabat ikut serta dalam gerakan ini. Lebih dari itu Joseph juga akan mencoba bervegeris seterusnya.

doc tzu chi indonesia

Salah satu keluarga yang sengaja datang ke Tzu Chi Center pun menyambut ajakan untuk bervegetaris pada 11 Januari yang akan datang.

Selanjutnya Joseph pun menulis nama di daftar pengunjung, lalu men-scan barcode di www.earth111.org kemudian klik sebagai wujud dukungan. Setelah itu ia dan juga pengunjung lainnya dapat mengabadikan foto mereka di stan. 

Tak hanya menunggu didatangi, relawan juga berkeliling dan mengajak para pengunjung yang sudah selesai makan siang. Seperti yang dilakukan Puspawati.

“Harapan kami ya mudah-mudahan semuanya bisa bervegetaris. Saya bilang, bumi kan sedang sakit, ayo ikut menyelamatkan bumi, ayo kita bersama-sama bervegetaris di tanggal 11 Januari. ‘Satu hari bagaimana?’ kata saya, ‘oke, satu hari’ kata mereka. Nah dari satu hari itu bisa berkembang,” harap Puspawati.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel dibaca sebanyak : 852 kali


Berita Terkait


Membangun Kecintaan Melindungi Bumi

25 April 2016

Penyuluhan Ramah Lingkungan di Hari Bumi

25 April 2016


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Dalam berhubungan dengan sesama hendaknya melepas ego, berjiwa besar, bersikap santun, saling mengalah, dan saling mengasihi.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat