Minggu, 27 September 2020
Indonesia | English

Bantuan Bagi Korban Kebakaran di Pademangan Barat

13 Agustus 2020 Jurnalis : Anand Yahya, Fotografer : Anand Yahya


Relawan Tzu Chi bersama aparat pemerintah daerah setempat memberikan paket bantuan kepada warga korban kebakaran di RT 05/10, Pademangan Barat, Jakarta Utara.

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat memberikan bantuan kepada 35 warga korban kebakaran di Gg. E3 Jl. Budi Mulia Rt.05/10, Pademangan Barat, Jakarta Pusat pada Rabu, 12 Agustus 2020. Paket kebakaran yang dikemas dalam kontainer ini berisi barang keperluan sehari-hari di lokasi pengungsian.

Sebelumnya, pada Minggu malam (9 Agustus 2020), sekitar pukul 21.15 WIB, terjadi kebakaran di wilayah Pademangan Barat, Jakarta Utara. Sebanyak 28 rumah terdampak akibat kebakaran di wilayah padat penduduk ini dengan rincian 14 rumah hangus terbakar dan sisanya mengalami kerusakan.


Relawan Tzu Chi di Pademangan mengunjungi warga di pengungsian gudang keramik untuk didata terkait pembagian paket bantuan kebakaran.


Tuti berada di depan rumahnya yang hangus terbakar. Ia juga memasuki rumahnya untuk mengambil barang-barangnya yang masih bisa digunakan kembali.

Api baru dapat dijinakkan satu jam kemudian setelah warga yang dibantu 15 unit mobil pemadam kebakaran bekerja keras memadamkan api. Akibat peristiwa ini, sebanyak 38 keluarga harus mengungsi di gudang keramik milik salah satu warga.

Tuti (44) salah satu relawan Tzu Chi di Pademangan yang rumahnya ikut terbakar mengatakan kebakaran terjadi pada malam hari. Karena panik, Tuti hanya bisa menyelamatkan surat-surat berharga karena api dengan cepat membesar. “Waduh, saya nggak tau mau bagaimana kedepannya. Saya pengen cepet bangun rumah ini lagi,” kata Tuti.


Yusniati (tengah) bersama relawan Tzu Chi di Pademangan mendata warga yang terdampak korban kebakaran untuk dibagikan kupon yang akan ditukarkan dengan paket kebakaran Tzu Chi.


Suasana di salah lokasi kebakaran yang hangus terbakar. Tampak pula para petugas PPSU sedang membersihkan puing-puing sisa kebakaran dari rumah warga.

Lebih lanjut Tuti sangat bersyukur atas bantuan dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. “Alhamdulillah sekali, Tzu Chi cepat tanggap membantu. Barang-barang dan pakaian saya habis terbakar, cuma surat-surat penting aja yang bisa saya selamatkan,” tutur Tuti. Dalam kegiatan ini, Tzu Chi membagikan pakaian layak pakai untuk dewasa dan anak-anak, selimut, perlengkapan mandi, sandal, ember, terpal, dan empat botol air mineral.

Yusniati, relawan Tzu Chi di Pademangan yang juga terdampak musibah kebakaran ini mengatakan, rumahnya dibagian atas sedikit terbakar dan seluruh rumah basah akibat siraman unit pemadam kebakaran. “Rumah saya ada 3 kamar di atas yang sedikit terbakar, hari ini saya sebagai relawan Tzu Chi tergerak untuk membantu survei, membagikan kupon keliling pagi-pagi, setelah itu pukul 09.00 WIB saya langsung membagikan paket kebakarannya,” tutur Yusni.


Yopie Budianto, relawan komite Tzu Chi komunitas He Qi Pusat mendampingi pemberian paket kebakaran sedang berkoordinasi dengan Safrudin, Ketua RW 010, Pademangan Barat dalam pemberian paket kebakaran.

Walaupun menjadi korban kebakaran, sebagai relawan Tzu Chi, Yusni terpanggil untuk membantu yang lebih membutuhkan pertolongan. “Saya sangat sedih melihat mereka yang menjadi korban kebakaran, rumahnya habis terbakar. Dari kemarin saya rela rumah saya dijadikan untuk membagikan makanan, memasak, membantu dapur umum, apa saja saja saya kerjakan,” ujar Yusni.

Safrudin Ketua RW 010, Kelurahan Pademangan Barat mengatakan sangat berterima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia yang sudah memberikan bantuan berupa paket kebakaran kepada warganya. “Saya berterima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi yang sudah ikut andil dalam memberikan bantuan kebakaran di RT 05/10, Pademangan Barat ini. Semoga warga memanfaatkan dengan sebaik-baiknya (bantuan ini),” ujar Safrudin.

Editor: Arimami, Hadi P.

Artikel dibaca sebanyak : 125 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Sikap mulia yang paling sulit ditemukan pada seseorang adalah kesediaan memikul semua tanggung jawab dengan kekuatan yang ada.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat