Kue Almond


Bahan:
95 gr mentega, 95 gr susu, ½ sdt garam, 95 gr air, 115 gr tepung terigu protein rendah, 4 butir telur, bubuk gula merah secukupnya, almond secukupnya, gula putih halus untuk hiasan.

Cara pembuatan:

  1. Masukkan mentega, susu, garam dan air ke dalam wajan, panaskan dengan api sedang. Selama proses pemanasan aduk rata dengan sendok kayu sampai mentega meleleh seluruhnya.
  2. Setelah mentega meleleh seluruhnya, tunggu sampai mendidih dan muncul gelembung, lalu segera angkat wajan dari api, kemudian tuangkan seluruh tepung ke dalamnya, aduk rata dengan sendok kayu secepatnya.
  3. Aduk dengan sendok kayu sampai adonan terpisah dari bagian tepi wajan.
  4. Tambahkan 1/3 bagian cairan telur yang sudah dikocok ke dalam adonan, aduk rata dengan sendok kayu sampai cairan telur tercampur menjadi satu dengan adonan, lalu perlahan-lahan tambahkan ½ bagian cairan telur yang tersisa, aduk sampai rata.
  5. Sambil memerhatikan adonan, tambahkan ½ bagian cairan telur yang tersisa secara perlahan-lahan. setiap kali harus diaduk rata dengan sendok kayu, hingga tekstur adonan mengental dan tidak terlalu cair. Cairan telur yang tersisa dijadikan bahan dekorasi nanti.
  6. Ambil sekitar 2 sdm adonan, taruh di atas loyang panggangan dan bentuk adonan menjadi bulatan. Jarak antar masing-masing adonan sekitar 2 - 3 cm.
  7. Tambahkan sedikit air pada cairan telur yang tersisa, oleskan di atas setiap adonan, serta taburkan bubuk gula merah dan almond di atasnya. Pangganglah kue dalam oven dengan suhu 220°C selama 8 - 10 menit, keluarkan. Kemudian masukkan kembali ke dalam oven dengan dengan suhu 180°C selama 30 menit hingga matang. Setelah itu keluarkan dari oven dan kue almond siap disajikan.

Sumber: www.tzuchi.org

Resep oleh  Lin Mei Juan

Diterjemahkan oleh Januar Tambera Timur (Tzu Chi Medan)

Genggamlah kesempatan untuk berbuat kebajikan. Jangan menunggu sehingga terlambat untuk melakukannya!
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -