Senin, 19 November 2018
Indonesia | English

Intisari Dharma: Merasa Menjadi Muda Kembali


Dalam beberapa tahun terakhir, masalah populasi yang menua benar-benar mengkhawatirkan saya. Beberapa sukarelawan kami juga khawatir bahwa mereka sudah lanjut usia. Untuk mendorong para sukarelawan lansia kami agar tidak menyerah pada usia lanjut, saya berpikir untuk mendirikan “Treasury of Age.” Saya berharap, para relawan lansia kami dapat menyelamatkan 50 tahun hidup mereka di tempat tersebut sehingga mereka akan menganggap diri mereka masih muda dan terus melayani dengan pengalaman mereka yang banyak.

Untuk “Treasury of Age”, saya adalah pendukung pertama. Saya telah menyimpan 50 tahun di sana dan hanya menyisakan sekitar 30 tahun bersama saya. Jadi, sebagai seseorang yang berusia awal 30-an, saya memiliki banyak stamina. Ketika saya berusia 30 tahun, Tzu Chi berada di tahun kedua. Tahun ini, Tzu Chi akan berada di tahun ke-53. Jika saya menggunakan pola pikir saya sebagai seorang yang berusia 30 tahun untuk melayani dan melakukan pekerjaan Tzu Chi, itu seperti saya setengah baya lagi. Pada usia tiga puluh, saya mengembangkan misi Tzu Chi serta semangat dan menilai di balik misi kami lakukan. Sekarang, saya akan melayani dengan semangat yang sama seperti dulu.

Relawan, jangan bicara tentang menjadi tua. Jangan biarkan tubuh kita yang menua dan jumlah usia mempengaruhi pikiran kita, menyebabkan kita berprilakuan seperti orang tua. Kita perlu memikirkan tentang rentang kehidupan Sang Buddha, yang tidak terbatas. Ini berarti menjaga Buddha Shakyamuni di hati kita. Kita perlu mensimulasikan hati Buddha dan belajar semangat dan cinta kasih Buddha. Selama orang belajar ajaran Buddha, Dharma Sang Buddha akan terus ada di dunia ini. Sepanjang kita mengambil Dharma ke dalam hati dan mempraktikkannya dalam hidup kita, rasanya seperti Buddha masih bersama kita, dan beliau tetap hidup.

Dalam menjalani ajaran Bodhisatwa, kita perlu mengubah usia fisik kita menjadi usia spiritual. Misalnya, jika Anda berusia 90 tahun dan Anda menyimpan 50 tahun di “Treasury of Age” sehingga Anda hanya berusia 40 tahun dengan banyak stamina. Empat puluh adalah usia yang masih dianggap muda; orang berusia 40-an berada di usia paruh baya, dan memiliki banyak pengalaman sosial.

Kami memperoleh pengalaman dengan usia kami, dan dengan pengalaman kami, kami dapat menggunakan usia dan kekuatan kami dengan lebih baik untuk menciptakan misi yang memiliki potensi tak terbatas untuk masa depan. Dengan kebijaksanaan dan pikiran yang dewasa, kita dapat melibatkan diri untuk melayani masyarakat lagi, dan membuat Tzu Chi menjadi lebih baik.

Janganlah kita dibatasi oleh usia kita. Kita harus melupakan berapa usia kita dan hanya melakukan pekerjaan Tzu Chi. Untuk setiap hari kami menjadi sukarelawan, kami tumbuh dalam kehidupan kebijaksanaan. Dalam berjalan di Jalan Bodhisatwa, kita memberikan diri kita setiap hari untuk melayani dunia, mencoba yang terbaik untuk membawa keharmonisan kepada masyarakat, dan menjalani kehidupan yang bermakna.

Dari episode Life Wisdom pada 21 Januari 23, 28, dan 4 Februari 6, 2018

Dikompilasi ke dalam bahasa Inggris oleh Tim Editorial Bahasa Inggris Jing Si Abode

Artikel dibaca sebanyak : 388 kali


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Menyayangi dan melindungi benda di sekitar kita, berarti menghargai berkah dan mengenal rasa puas.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat