Senin, 22 Juli 2019
Indonesia | English

Master Menjawab: Nilai Daripada Waktu


Ada orang yang bertanya kepada Master, bagaimana caranya beliau mengatur waktu dalam menghadapi kesibukan kerja?

Master Cheng Yen menjawab:

Dalam kehidupan ini, tiada yang lebih penting daripada waktu, sebab kehidupan berkurang seiring perjalanan waktu. Keberhasilan dan kegagalan dalam hidup juga ditentukan dalam perjalanan waktu.

Kita harus benar-benar menghargai waktu, agar setiap detiknya terasa “cukup pakai”. Maksud dari “cukup pakai” adalah hasil yang diperoleh dari penggunaan waktu tersebut. Waktu bisa mendatangkan keberhasilan bagi seseorang, bisa menyukseskan banyak usaha dan misi, maka waktu adalah kehidupan.

Sejak awal melakukan pembinaan diri, saya sudah tahu kalau waktu adalah kehidupan saya. Dalam Sutra ada sepatah Gatha: “Seiring perjalanan waktu, masa kehidupan kita di dunia ini juga ikut berkurang, seperti ikan dalam kolam yang airnya terus menyusut, kegembiraan apa yang ada di dalamnya?” 

Gatha ini memberikan lecutan besar pada diri saya. “Orang yang sibuk tidak akan ada waktu luang untuk berselisih dengan orang lain, sedangkan orang yang tidak melakukan pekerjaan apapun, tidak akan memiliki kesenangan sama sekali”. Jadi, jika waktu dibiarkan berlalu dengan sia-sia, apa pula yang membahagiakan?

Prinsip saya dalam menggunakan waktu adalah berharap tidak ada satu detik pun yang berlalu dengan sia-sia. Jika dapat menyatukan waktu dengan nilai kehidupan kita erat-erat dan setiap saat bersumbangsih untuk memberi manfaat kepada semua makhuk, itulah kehidupan yang menyenangkan.

※ Dikutip dari Jurnal Harian Master Cheng Yen edisi musim dingin tahun 1998

Penerjemah: Januar Tambera Timur (Tzu Chi Medan)

Artikel dibaca sebanyak : 645 kali


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Bila sewaktu menyumbangkan tenaga kita memperoleh kegembiraan, inilah yang disebut "rela memberi dengan sukacita".

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat