Sabtu, 10 April 2021
Indonesia | English

Sanubari Teduh - Mengembangkan Pikiran Baik dalam Kesadaran Gudang (408)

Saudara se-Dharma sekalian, dalam aktivitas sehari-hari, kita harus bersungguh hati. Kita harus peduli pada makhluk kecil sekalipun . kita harus senantiasa mengembangkan hati yang lapang. Kita harus mawas diri dalam tindakan kita. Artinya ini memberitahu kita semua bahwa dalam hidup kita tentu harus bekerja. Namun dalam pekerjaan apapun, kita harus sangat berhati-hati.  Dalam beraktivitas, saat tangan bekerja, hati harus memperhatikan dengan seksama. Jika tidak kelengahan sedikit saja mungkin membawa penyesalan. Jadi, dalam beraktivitas sehari-hari, kita harus sangat bersungguh hati. Kita harus peduli pada makhluk hidup kecil. Kita harus peduli, meski makhluk hidup itu kecil. Tetapi kita tetap harus bersungguh hati dan peduli terhadap mereka.

Kita juga sudah pernah membahas bahwa di dalam kehidupan , jika kita tidak hati-hati, kita juga dapat mrlakukan pembunuhan secara tidak sengaja. Jadi dalam aktivitas apapun, kita harus sangat memperhatikannya. Apapun yang kita lakukan, berhubung kita tengah melatih diri. Maka yang terpenting adalah mengembangkan hati yang lapang karena manusia adalah makhluk yang tercerdas, jadi hanya manusia yang dapat mengembangkan kelapangan hati.

Jadi, harap semua selalu bersungguh hati. Kita dapat memahami berbagai hal di dunia. Jadi hati dan pikiran kita hendaknya dibuka lebih luas hingga seluas jagat raya. Terlebih lagi terhadap semua makhluk, bagaimana boleh kita tidak memahaminya ? Jadi  kita harus berempati. Kondisi hidup  seperti apa yang kita harapkan, demikian pula yang harus kita pikirkan demi makhluk hidup lain yang kecil sekalipun. Jadi kita harus bersungguh hati  dan mawas diri.


Kita harus memahami bahwa dunia makhluk hidup sangatlah luas. Lebih baik kita bersungguh hati dalam segala aktivitas kita. Dalam segala hal, kita harus mawas diri. Ketika kita menyapu di pagi hari, jika melihat makhluk kecil, kita harus berbelas kasih. Kita harus lembut sedikit agar tidak menakuti mereka. Jangan sampai kita mencelakai mereka. Inilah kesungguhan hati. Terhadap manusia kita harus mawas diri. Terhadap semua makhluk, kita juga harus mawas diri. Ini harus ada dalam aktivitas kita. Dalam jangkauan mata kita, dalam genggaman tangan kita segala yang kita lakukan haruslah penuh sikap mawas diri.

Jadi saya sering berkata bahwa tubuh harus melakukan hal yang baik. Tubuh termasuk segala tindakan kita. Hati kita harus selalu berpikiran baik, yaitu pikiran yang penuh kesungguhan dan kewaspadaan. Mulut kita harus mengucapkan kata-kata yang baik. Ucapan baik dapat berpengaruh baik bagi pikiran orang lain dan mengembangkan kebiasaan baik diri sendiri. Inilah Pelatihan diri.  Dalam aktivitas keseharian kita harus selalu bersungguh hati.  Jadi, harap semua lebih bersungguh hati.

Demikianlah dikutip  dari video Sanubari Teduh - Mengembangkan Pikiran Baik dalam Kesadaran Gudang (408)

Penyelaras: Hadi Pranoto

GATHA PELIMPAHAN JASA

Semoga mengikis habis Tiga Rintangan
Semoga memperoleh kebijaksanaan dan memahami kebenaran
Semoga seluruh rintangan lenyap adanya
Dari kehidupan ke kehidupan senantiasa berjalan di Jalan Bodhisattva

Artikel dibaca sebanyak : 722 kali


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
The beauty of humanity lies in honesty. The value of humanity lies in faith.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat