Rabu, 18 Januari 2017

Bakti Amal

20 Januari 2014

Langkah pertama Tzu Chi dimulai dari Misi Amal dengan berpedoman pada ajaran dan niat luhur Buddha yaitu, “Welas asih kepada sesama tanpa harus sedarah serta sependeritaan dan sepenanggungan”, dan menjunjung tinggi komitmen “demi ajaran Buddha, demi semua makhluk” yang diamanatkan oleh Master Yin Shun, guru dari Master Cheng Yen.

Master Cheng Yen menyadari bahwa niat baik harus diwujudkan dengan berbuat baik pada sesama. Rasa empatinya pada orang-orang miskin dan menderita, membuatnya bertekad untuk berbuat sesuatu demi membantu mereka. Pada tanggal 24 bulan 3 penanggalan Lunar, tahun 1966 Yayasan Amal Buddha Tzu Chi pun terbentuk dan berpusat di Wihara Pu Ming. Master Cheng Yen dan murid-muridnya memberikan bantuan pada orang-orang yang membutuhkan. Jenis bantuan yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat kebanyakan saat itu, diantaranya meliputi bantuan keuangan dan sembako untuk keluarga berpenghasilan rendah, bantuan biaya pengobatan, pendampingan saat pengobatan, bantuan bencana, dan pengadaan upacara kematian untuk orang-orang yang hidup sebatang kara dan tidak mampu.


Di Indonesia, perjalanan Tzu Chi juga diawali lewat misi Amal sejak tahun 1993. Dimulai dari memberikan bantuan ke beberapa panti jompo dan panti asuhan di Jakarta dan Bekasi, hingga kini bantuan pun semakin berkembang, mulai dari bantuan darurat, pasien dengan penanganan khusus, anak asuh, bantuan hidup jangka panjang, hingga pembangunan perumahan dan sekolah yang terkena bencana. Pemberian bantuan juga didasarkan pertimbangan bahwa bantuan Tzu Chi harus langsung, tepat sasaran, dan memiliki manfaat yang nyata.              

Sebelum memutuskan untuk memberikan bantuan pada Gan En Hu (penerima bantuan), pertama-tama relawan Tzu Chi melakukan survey ke rumah untuk memahami kondisi kehidupan mereka dan mempelajari bantuan yang sungguh-sungguh dibutuhkan. Sepanjang memberikan bantuan, secara rutin relawan juga melakukan kunjungan kasih ke rumah Gan En Hu.  Interaksi secara langsung ini menyentuh hati para Gan En Hu sekaligus memberi pelajaran kehidupan bagi para relawan untuk senantiasa bersyukur akan berkah yang dimiliki.


Artikel dibaca sebanyak : 4530 kali


2 komentar


redaksi On Tuesday, 08 Maret 2016, 08:48:14 wrote:

Bapak Ahmad Ruki, menindak lanjutkan e-mail Bapak, setelah kami berkoordinasi dengan Divisi Bakti Amal, dapat kami informasikan: bahwa biaya yang sudah berjalan/tunggakan kami tidak dapat proses, tapi jika biaya untuk pengobatan ke depan kami dapat proses dengan catatan alamat tinggal pasien masih dalam jangkauan Tzu Chi. Adapun pengajuan permohonan untuk biaya pengobatan harus terlebih mengisi Formulir dan membawa persyaratan (Fotocopy KK,KTP & BPJS). Pengajuan Formulir bantuan dapat mengisi langsung Tzu Chi Center / Cabang Tzu Chi. Tzu Chi Center Jl. Boulevard, Pantai Indah Kapuk Tower II Lt. 1 Bertemu dengan Ibu Ayen. No. Telp : (021) 5055-9999 Ext 3666 Cabang di jakarta. ITC Mangga Dua. Lt. 6 Jl. Mangga Dua Raya Bertemu dengan Ibu Rodiyah. No. Telp : (021) 6016-332

Ahmad Ruki On Friday, 04 Maret 2016, 20:36:02 wrote:

Dear Para pengurus Budha Tzu tji Mohon informasinya mengenai bakti amal dari kegiatan yang di adakan oleh budha Tzu chi ini apakah ada bantuan untuk membantu meringankan piutang dikarenkan biaya rumah sakit yang cukup besar. Di kantor tempat saya bekerja ada salah satau karyawan atas nama bapak muchidin bin iri seorang salesman saat ini terkena musibah dimana putra ke 2 nya yang abru lahir memiliki kelainan jantung yang di haruskan di rawat di RS harapan kita dengan biaya yang sampai saat ini yang belum terbayarkan sebesar Rp. 248 jt saat ini masih dicover oleh pihak asuransi namun kelebihan dengan nila Rp. 248 jt tersebut harus di gantikan kepihak asuransi. mohon bantuanny dan atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih salam Ahmad Ruki



Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Security Code
Cara kita berterima kasih dan membalas budi baik bumi adalah dengan tetap bertekad melestarikan lingkungan.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat