Tzu Ching (Muda-Mudi)

Tzu Ching adalah wadah generasi muda Tzu Chi yang terdiri dari sekelompok mahasiswa-mahasiswi dari berbagai perguruan tinggi. Master Cheng Yen memberikan pesan kepada Tzu Ching untuk Menggunakan kekuatan kaum muda dan memberi pengaruh bagi kaum muda. Tzu Ching harus mengembangkan semangat kebersamaan demi membimbing lebih banyak kaum muda untuk berpartisipasi dalam organisasi yang indah dan bajik ini. Pesan itu pun disambut baik oleh Tzu Ching sedunia, termasuk Indonesia. Sejak terbentuk di Jakarta pada tanggal 7 September 2003 dengan anggota sebanyak 32 orang, hingga kini Tzu Ching telah tersebar di beberapa daerah di Indonesia, mulai dari Jakarta, Tangerang, Bandung, Medan, Pekanbaru, Batam, Singkawang, hingga Makassar.

Setiap tahunnya Tzu Ching berkumpul mengajak teman-teman baru untuk mengenal misi Tzu Chi lebih dalam lagi melalui Tzu Ching Camp. Kegiatan selama 3 hari 2 malam ini pertama kali dimulai pada tanggal 30 Desember 2006 1 Januari 2007 dan diikuti sebanyak 49 orang. Camp pertama ini dilanjutkan camp selanjutnya setiap tahun. Semakin lama, jumlah peserta pun semakin bertambah. Hingga tahun 2012, telah terselenggara 7 kali Tzu Ching Camp dan sudah diikuti sebanyak 764 orang. Pada tanggal 7 September 2013, untuk memperingati 10 tahun terbentuknya Tzu Ching, para relawan muda ini menggelar pementasan Sutra Makna Tak Terhingga (Wu Liang Yi Jing) yang dihadiri untuk Tzu Ching dari berbagai kota.

Berbagai kegiatan diikuti oleh Tzu Ching, mulai dari baksos, pembagian beras, kunjungan kasih ke rumah penerima bantuan Tzu Chi, dan juga panti asuhan dan jompo, hingga kegiatan pelestarian lingkungan. Berbagai kegiatan Tzu Chi pun sering didukung oleh Tzu Ching sebagai salah satu relawan komunitas. Mereka membawa harapan bahwa cinta kasih akan terus diwariskan dan senantiasa hadir di masa mendatang.

Jika menjalani kehidupan dengan penuh welas asih, maka hasil pelatihan diri akan segera berbuah dengan sendirinya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -