Tzu Chi School

Master Cheng Yen berpandangan bahwa pendidikan hendaknya mampu melahirkan sosok yang berbudaya humanis, memiliki rasa syukur, saling menghormati, dan menyayangi satu sama lain. Mengenai hal ini, Master Cheng Yen pernah berujar, Pendidikan adalah sebuah kegiatan yang bertujuan menjernihkan hati manusia. Pendidikan yang terselenggara dengan baik merupakan harapan bagi masyarakat, dan terlebih lagi merupakan kekuatan yang dapat menentramkan hati.

Visi pendidikan tersebut melatarbelakangi berdirinya Sekolah Tzu Chi Indonesia (Tzu Chi School) yang diresmikan pada tanggal 10 Juli 2011 untuk tingkat prasekolah (Early Childhood) dan sekolah dasar (Primary). Tzu Chi School berpedoman pada standar pengajaran internasional, untuk menjadi sekolah yang unggul dalam bidang teknologi informasi dan pengajaran trilingual (bahasa Indonesia, Inggris, dan Mandarin).

Dalam penyelenggaraannya, sekolah ini menerapkan pendidikan budaya humanis serta didukung dengan sumber daya manusia yang profesional dan penuh kasih. Diharapkan nantinya akan terbentuk generasi muda yang berbakti pada orang tua, berakhlak mulia, berbudi pekerti luhur, berkemampuan akademis serta berkontribusi dalam membangun bangsa dan negara.

Filosofi dasar penyelenggaraan pendidikan cita-cita luhur membentuk manusia berguna. Misi Pendidikan Tzu Chi mendidik perilaku penuh tata krama, membina akhlak yang mulia, mewariskan jalan kebenaran, dan membimbing dengan prinsip kebenaran.

Cara kita berterima kasih dan membalas budi baik bumi adalah dengan tetap bertekad melestarikan lingkungan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -