Intisari Dharma

Intisari Dharma: Kesadaran Akan Jalinan Karma

11 April 2019
Ada banyak orang yang cocok dengan kita dan ada beberapa yang entah mengapa tidak kita sukai. Walaupun orang tersebut mungkin baik dan menyenangkan, namun ketika kita melihatnya, sebuah perasaaan tidak suka yang sangat kuat muncul. Mengapa ini terjadi.

Intisari Dharma: Tumbuh Dalam Berkah dan Kebijaksanaan

21 Januari 2019
Kini Tzu Chi sudah memasuki tahun ke-53. Jejak cinta kasihnya telah menyebar ke seluruh penjuru dunia. Terlebih di Indonesia, jalinan jodoh dengan Bodhisatwa Indonesia amatlah dalam. Jika dikenang kembali, Tzu Chi Indonesia sudah berusia seperempat abad.

Intisari Dharma: Kehidupan, Pekerjaan, dan Semangat Religius

17 September 2018
Karena pekerjaan saya adalah melayani umat, saya harus menjaga kesehatan saya jika saya ingin meneruskan tugas dan tanggung jawab ini. Saya memastikan bahwa saya sehat jasmani dan rohani sehingga saya bisa bekerja. Pekerjaan ini adalah tujuan hidup saya. Saya hidup untuk bersumbangsih.

Intisari Dharma: Merasa Menjadi Muda Kembali

12 Juli 2018
Relawan, jangan bicara tentang menjadi tua. Jangan biarkan tubuh kita yang menua dan jumlah usia mempengaruhi pikiran kita, menyebabkan kita berprilakuan seperti orang tua. Kita perlu memikirkan tentang rentang kehidupan Sang Buddha, yang tidak terbatas.

Intisari Dharma: Membantu Orang Lain Sebagai Cara Untuk Menanam Kebaikan

02 Juli 2018
Memahami Dharma bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi harus disebarkan untuk orang lain. Dengan begitu, setiap orang akan menanam kebaikan untuk orang lainnya.

Intisari Dharma: Mendidik yang Mampu, Menolong yang Kurang Mampu

29 Juni 2018
Misi kemanusiaan Tzu Chi memiliki dua tujuan utama: "Mendidik mereka yang mampu untuk membantu yang kurang mampu" dan "Membantu mereka yang kurang mampu untuk mewujudkan kekayaan batin mereka." Semuanya adalah sarana yang tepat untuk membimbing dan menjernihkan hati manusia, dengan mempertimbangkan berbagai perbedaan antara orang yang kaya dan mereka yang kurang mampu.

Intisari Dharma: Seperti Embun

25 Mei 2018
Setiap usaha yang dilakukan oleh satu orang membuat perbedaan sama seperti tetesan embun, kecil dan jarang diperhatikan, bergabung untuk menyuburkan dan merevitalisasi bumi kita.

Intisari Dharma: Mengolah Pikiran Kita

21 Mei 2018
Dharma itu sangat dalam, tetapi pada saat yang sama, Dharma merupakan bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Jadi, kita harus berhati-hati menjaga hati kita selalu berpegangan pada Dharma. Dengan begitu tindakan kita secara natural akan selalu benar dan sejalan dengan Dharma.

Kehidupan Seperti Berlian

18 Mei 2018
Ketika seseorang memahami nilai dan makna kehidupan, mereka akan memanfaatkan hidup mereka dengan bijaksana dan untuk memberi manfaat bagi orang lain. Pemahaman akan nilai dan makna kehidupan akan membuat hidup mereka menjadi lebih bermakna.

Menjaga Hati dan Pikiran Kita

16 Mei 2018
Dalam kehidupan sehari-hari kita, kita perlu menjaga hati dan pikiran kita. Mengapa? Karena pikiran kita seperti binatang liar, kapan pun kita tidak berhati-hati, pikiran tidak baik akan muncul di dalam diri kita,dan hal ini menciptakan bahaya bagi diri sendiri. Pikiran tidak baik seperti keserakahan, kemarahan, dan ketidaktahuan seperti energi negatif yang masuk dengan cepat ke dalam hati dan pikiran kita. 
Jika menjalani kehidupan dengan penuh welas asih, maka hasil pelatihan diri akan segera berbuah dengan sendirinya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -