Kelas Budi Pekerti (SD-SMA)

Selain menyelenggarakan pendidikan formal, Tzu Chi Indonesia juga mengadakan kegiatan pendidikan informal yang menitikberatkan pada pendidikan karakter dan budi pekerti. Kegiatan ini disebut Kelas Budi Pekerti. Kelas semacam ini sempat diadakan pada tahun 1997, di masa awal berdirinya Tzu Chi Indonesia. Setelah sempat terhenti beberapa saat, di pertengahan tahun 2000-an, kelas semacam ini kembali diadakan.

Kelas Budi Pekerti terbagi menjadi beberapa jenjang kelas: Qin Zi Ban (5-8 tahun), Er Tong Ban (anak-anak usia 8-12 tahun), dan Tzu Shao Ban (remaja dari usia 13-16 tahun). Selain anak-anak, dalam beberapa kesempatan para orang tua juga diminta hadir dalam kelas untuk ikut mempelajari cara menerapkan pendidikan budi pekerti dalam keluarga. Khusus bagi para siswa Sekolah Cinta Kasih Cengkareng, kelas budi pekerti juga diadakan dengan nama Ai De Xi Wang (tingkat SD) dan Tzu Shao Ban (tingkat SMP dan SMA).

Kelas Budi Pekerti dilangsungkan satu kali setiap bulan. Melalui pendidikan informal ini, relawan Tzu Chi mendampingi anak-anak peserta Kelas Budi Pekerti untuk belajar berbakti pada orang tua, bersyukur akan berkah yang dimiliki, hidup bermasyarakat dengan harmonis, serta mencintai lingkungan. 

Orang yang selalu bersumbangsih akan senantiasa diliputi sukacita. Orang yang selalu bersyukur akan senantiasa dilimpahi berkah.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -