Kumpulan Kisah Humanis

Keuletan dalam Sebuah Harapan

Keuletan dalam Sebuah Harapan

17 Juni 2021

Di mana ada kemauan, di situ ada jalan. Keuletan Anggit dalam belajar, mengantarkannya hingga menjadi seorang sarjana walaupun kesulitan ekonomi seringkali menghadang.

Bahagianya Maya Terbebas dari Katarak

Bahagianya Maya Terbebas dari Katarak

16 Juni 2021

Kesedihan Maya Fauziah akibat penyakit katarak akhirnya berubah menjadi sukacita setelah dioperasi oleh tim dokter Tzu Chi International Medical Association (TIMA) Indonesia. Kini Maya dapat melihat dengan baik dan tidak dicemooh lagi oleh teman-temannya.

Satu Tahun Menghadapi Pandemi

Satu Tahun Menghadapi Pandemi

15 Juni 2021
Di masa pendemi, semua kegiatan Tzu Chi melakukan berbagai penyesuaian terkait dengan protokol kesehatan Covid-19. Seperti masyarakat pada umumnya, berat rasanya bagi Tzu Chi pada awalnya. Apalagi kegiatan Tzu Chi selalu melibatkan banyak relawan dalam sekali waktu.
Beragam Manfaat Eco Enzyme

Beragam Manfaat Eco Enzyme

04 Juni 2021

Bukan rahasia lagi jika cairan Eco Enzyme memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari menyuburkan tanaman, sebagai pembersih lantai, mencuci piring, dan berbagai kegunaan lainnya. Cara pembuatannya pun relatif mudah yaitu dengan memanfaatkan sampah organik.

Sebuah Keajaiban Bernama Implan Koklea

Sebuah Keajaiban Bernama Implan Koklea

25 Mei 2021

Masayu Aini Gunawan (11) telah hidup dalam kesunyian selama 10 tahun karena terlahir dengan disabilitas tuli. Berkat bantuan alat implan koklea dari Tzu Chi, si anak cantik dan kakak yang penyayang ini mulai bisa mendengar dan mulai bisa berbicara.

Tulus Bervegetaris Lewat Vegan Catering

Tulus Bervegetaris Lewat Vegan Catering

24 Mei 2021

Mewaspadai Wabah Covid-19, relawan Tzu Chi berupaya mensosialisasikan berbagai manfaat pola hidup vegetaris sekaligus mengajak masyarakat luas untuk mengurangi konsumsi produk makanan hewani. Program Tulus Bervegetaris Mewaspadai Wabah dan Vegan Catering merupakan langkah nyatanya.

Berkumpul dan Berlatih dalam Jaringan

Berkumpul dan Berlatih dalam Jaringan

21 Mei 2021

Tidak pernah tebersit dalam pikiran kita bahwa terdapat pandemi yang berdampak global dan menghentikan hampir semua langkah kita, termasuk aktivitas relawan Tzu Chi. Di masa ini para relawan tidak bisa berkumpul seperti sebelumnya, namun akhirnya mendapat jalan keluar melalui kemajuan teknologi.

Menyambut Hadirnya Tzu Chi Hospital

Menyambut Hadirnya Tzu Chi Hospital

20 Mei 2021

Perlahan namun pasti, bangunan megah di samping Aula Jing Si mulai terlihat bentuknya. Tingginya menjulang, 23 lantai. Dindingnya berbatu sikat lengkap dengan atap berbentuk huruf 人 (ren) dan dikelilingi kaca yang membuat sinar matahari bebas masuk ke tiap sudut ruangannya. Di lahan seluas 2.68 hektar kini sudah berdiri dengan kokohnya calon rumah sakit Tzu Chi yang nantinya akan bernama Tzu Chi Hospital.

Setangkup Asa Pasca Dua Tahun Gempa

Setangkup Asa Pasca Dua Tahun Gempa

04 Januari 2021

Rumah menjadi salah satu faktor utama yang dinanti warga korban gempa, tsunami, dan likuefaksi di Palu, Sigi, dan Donggala, Sulawesi Tengah. Setelah dua tahun lebih tinggal di hunian sementara (Huntara), Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Tadulako, Palu dan Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Pombewe, Sigi, Sulawesi Tengah menjadi penyemangat warga dalam memulihkan kehidupannya.

Komitmen Pada Guru

Komitmen Pada Guru

02 Desember 2020

Bagaikan sebuah kapal layar yang membutuhkan nahkoda, Tzu Chi Indonesia juga memiliki figur pimpinan yang memandu yayasan ini. Dengan Liu Su Mei sebagai ketua, juga Franky Oesman Widjaja dan Sugianto Kusuma sebagai wakil ketua, Tzu Chi Indonesia melangkah mantap seiring pertambahan usianya. Ketiganya adalah para pengusaha, pemimpin, dan sosok relawan yang giat bersumbangsih untuk menyebarkan semangat dari sang guru, Master Cheng Yen.

Menggalang Hati di Tengah Keterbatasan

Menggalang Hati di Tengah Keterbatasan

09 September 2020

Perhatian dan cinta kasih memang sempurna. Ia mampu menggerakkan manusia untuk berbuat kebajikan kepada sesama. Hal inilah yang dialami Erwin, salah satu penerima bantuan Tzu Chi pada 16 tahun silam. Kini, di saat wabah pandemi menerpa, Erwin pun tergerak untuk ikut bersumbangsih. Perhatian yang diterimanya 16 tahun silam menggerakkan hatinya untuk ikut membantu sesama.

Wujud Kepedulian Dalam Bingkisan Cinta Kasih

Wujud Kepedulian Dalam Bingkisan Cinta Kasih

28 Agustus 2020

Dampak pandemi Covid-19 dirasakan oleh para pekerja informal dan keluarga prasejahtera di Indonesia. Setelah sebelumnya mendukung penanganan wabah Covid-19 dengan memberikan bantuan peralatan dan perlengkapan medis untuk para tim medis yang berjuang di garis depan, Tzu Chi Indonesia juga memberikan bantuan paket sembako kepada masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia.

Secercah Harapan Bagi Warga Binaan

Secercah Harapan Bagi Warga Binaan

28 Juli 2020

Dengan kesabaran dan perhatian yang tulus, relawan Tzu Chi Tebing Tinggi membimbing warga binaan (narapidana) menjadi pribadi yang lebih baik. Bila kita tidak memberi kesempatan dan jalan keluar bagi mereka, maka akan semakin sulit bagi mereka untuk kembali ke jalan yang terang

Membangkitkan Semangat Hidup Anton

Membangkitkan Semangat Hidup Anton

18 Juni 2020

"Kisah inspiratif ini datang dari Anton, warga Karang Rahayu, Cikarang. Dua kemalangan membuat kaki kirinya tak utuh lagi dan berteman dengan kaki palsu. Namun Anton perlahan bisa bangkit, menjalani hidupnya dengan berjualan sayuran di pasar, dan bahkan lebih dari itu.”


Upaya Menyembuhkan Indonesia

Upaya Menyembuhkan Indonesia

03 Juni 2020

Coronavirus Disease 2019 atau yang kini dikenal dengan Covid-19 menjadi mimpi buruk di 213 negara. World Health Organization (WHO) menginformasi ada 131.037 orang meninggal (April 2020) di seluruh dunia. Sementara Indonesia, kini menduduki rangking 38 sebaran Covid-19 dengan 5.516 penderita positif.

Kendala dalam mengatasi suatu permasalahan biasanya terletak pada "manusianya", bukan pada "masalahnya".
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -