Master Bercerita

Master Bercerita: Kebahagiaan Menyapu Salju

11 Mei 2021
Kita datang ke dunia ini dengan tangan kosong, juga akan pergi dengan tangan kosong. Namun, kita hendaklah memiliki pencapaian. Pencapaian apa? Budi pekerti.

Master Bercerita: Nanda yang Membuang Kesombongan

07 Mei 2021
Nanda adalah adik dari Buddha. Berkat dorongan dari Buddha, dia masuk ke dalam Sangha, tetapi tekadnya tidak teguh. Nafsu keinginannya masih banyak. Terlebih lagi, dia juga angkuh dan sombong.

Master Bercerita: Keluhuran Seorang Raja

30 April 2021
Jika memiliki tubuh yang sehat, tetapi tanpa pikiran yang sehat, semakin lama kita hidup, semakin banyak pula karma buruk yang kita ciptakan.

Master Bercerita: Khayalan si Miskin

23 April 2021
Saya sering berkata bahwa kita harus menggenggam saat ini dan mempertahankan niat baik yang timbul seketika. Meski niat baik itu hanya muncul seketika, niat inilah yang harus kita pertahankan selamanya.

Master Bercerita: Kesempatan Kedua si Terpidana Mati

16 April 2021
Sulit bagi batin kita untuk tidak terpengaruh oleh kondisi luar. Dalam kehidupan sehari-hari, tidak terpengaruh oleh apa yang kita dengar dan lihat, itu sungguh sangat sulit. 

Master Bercerita: Seorang Umat yang Berhati Baik

09 April 2021
Janganlah kita memiliki niat melukai orang lain, sebaliknya kita harus memiliki niat menolong orang. Inilah yang harus kita tanyakan kepada diri sendiri. 

Master Bercerita: Air Susu Dibalas Air Tuba

01 April 2021
Sebagai manusia, kita harus mengerti prinsip kebenaran, terlebih harus tahu cara untuk menghadapi orang dan masalah. Jadi, Buddha mengajarkan kepada kita bahwa kita harus menerapkan prinsip kebenaran dalam kehidupan sehari-hari. 

Master Bercerita: Burung yang Mendengarkan Dharma

26 Maret 2021
Zaman kita hidup sekarang ini berjarak lebih dari 2.500 tahun dari zaman Buddha. Namun, kita sangat beruntung dapat terlahir di dunia ini, terlebih lagi berada di lingkungan yang dapat saling mendukung dengan tekad yang sama. Di sini kita meyakini dan menyimak ajaran Buddha. Meski tidak pernah bertemu langsung dengan Buddha, kita berkesempatan untuk mendengar ajaran Buddha. 

Master Bercerita: Ratu Mallika Menaati Sila

19 Maret 2021
Sinopsis Panjang: Kita harus tekun dalam mendengar, merenungkan, dan mempraktikkan Dharma. Berpegang pada sila, samadhi, dan kebijaksanaan saat mempelajari Dharma, ini harus dilakukan oleh setiap orang dengan kesungguhan hati. Inilah arah dan tujuan kita dalam mempelajari Dharma. 

Master Bercerita: Kisah Pangeran Kim Gyo-gak

12 Maret 2021
Kim Gyo-gak adalah pangeran di sebuah kerajaan di Korea. Beliau tidak mengejar apa pun dan sangat gemar mempelajari ajaran Buddha. Beliau hanya berharap dapat menyatu dengan kebenaran. Saat itu, ajaran Buddha sangat populer di Tiongkok. Dengan membawa seekor anjing, Kim Gyo-gak berlayar ke Tiongkok dengan sebuah perahu kecil yang sederhana. 
Menghadapi kata-kata buruk yang ditujukan pada diri kita, juga merupakan pelatihan diri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -