Master Bercerita

Master Bercerita: Kerisauan si Miskin

16 Mei 2024
Aktivitas sehari-hari kita berawal pada pagi hari. Saat saling bertemu, kita pun mengucapkan selamat pagi. Demikianlah awal hari setiap orang. Hidup aman dan tenteram adalah berkah. Ketenteraman adalah berkah terbesar. Tidak peduli kaya ataupun miskin, asalkan bisa hidup tenteram, itu adalah berkah. Jadi, saat ini, setiap orang hendaknya mewujudkan ketenteraman.

Master Bercerita: Kisah Seorang Anak

26 April 2024
Buddha mengajari kita agar kita dapat memahami kebenaran secara menyeluruh. Jika dapat memahami kebenaran secara luas, secara alami kehidupan kita akan damai, bahagia, dan sejahtera, dunia pun akan penuh dengan orang baik. Sungguh, Buddha mengajari kita bahwa kita semua bisa menjadi orang yang membantu orang lain Betapa beruntungnya diri kita.

Master Bercerita: Pria Miskin dan Permatanya

19 April 2024
Kita adalah orang yang memiliki permata. Karena itu, kita hendaknya bersyukur. Kehidupan kita penuh warna karena kita memiliki permata dan kebijaksanaan di dalam hati. Karena itu, kita hendaknya senantiasa menghargainya dan bersyukur. Dengan demikian, barulah kita bisa mengamati kosongnya hakikat kejahatan.

Master Bercerita: Setengah Helai Selimut

05 April 2024
Berhubung memiliki jalinan jodoh dengan Buddha, kita merasa sukacita saat mendengar Dharma. Karena itu, kita hendaknya segera menjalankan praktik sesuai ajaran Buddha untuk kembali pada hakikat sejati yang murni. Jika tidak, ada banyak hal di dunia ini yang bisa membuat kita terjerumus dalam perangkap.

Master Bercerita: Buddha Membimbing yang Berjodoh

26 Maret 2024
Buddha menggunakan welas asih-Nya untuk membimbing semua makhluk sesuai kapasitas masing-masing, bagai air hujan dan embun yang membasahi akar dan ranting berbagai jenis tumbuhan di atas bumi ini.

Master Bercerita: Kisah Bhiksuni Bhadra

20 Maret 2024
Kita hendaknya bersungguh hati merenungkan bahwa segala fenomena yang berkondisi di dunia ini tak luput dari hukum sebab akibat. Kita harus tahu jelas akan kebenaran ini. Meski kehidupan sangatlah singkat, tetapi kegelapan dan noda batin kita membuat kita menciptakan makin banyak kegelapan batin sehingga kita tersesat dan terus menciptakan karma dan menerima akibatnya sebagai makhluk awam.

Master Bercerita: Dewa Sakra Memberikan Persembahan

29 Februari 2024
Dalam lima hari, Dewa Sakra menciptakan kondisi yang membuat Raja Ajatasatru mencabut larangannya. Dewa Sakra adalah pelindung Dharma. Di mana ada Dharma, di sanalah para dewa, naga, dan makhluk surgawi melindungi Dharma. Orang-orang sering menyebut "Dewa Langit".

Master Bercerita: Kisah Gadis dan Selimut Putih

23 Februari 2024
Kita hendaknya sungguh-sungguh menjaga pikiran kita hingga sangat tenang dan hening, senantiasa berada dalam samadhi. Yang dimaksud dengan samadhi bukan hanya melakukan meditasi duduk. Saat kita minum, makan, berjalan, berdiri, duduk, atau berbaring, semuanya merupakan bagian dari samadhi. Bahkan, dengan mengangkat tangan saja, kita bisa merasa sukacita.

Master Bercerita: Meniru Perjalanan ke Barat

07 Februari 2024
"Dekatkanlah diri dengan Dharma, bagai bayangan yang selalu mengikuti bentuk. Jika hanya dekat dengan Dharma tanpa menyerap ajaran, kita tidak akan memperoleh manfaat darinya." Mari kita bersungguh hati menyelami penggalan ini. Apakah kita dekat dengan Dharma?

Master Bercerita: Penari yang Sombong

02 Februari 2024
Sebagai praktisi pelatihan diri, kita tidak boleh sombong. Kita harus membangun tekad agung untuk membina keluhuran. "Membangun perhatian benar terhadap segala sesuatu di dunia; membangun keyakinan dan ikrar di Jalan Bodhi yang lapang." Penggalan ini memberi tahu kita bahwa kita tidak boleh tinggi hati atau angkuh.
Bila kita selalu berbaik hati, maka setiap hari adalah hari yang baik.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -