Senin, 24 April 2017

Media Cetak Dan Online

20 Januari 2014

Media cetak Tzu Chi sebagai salah satu wujud dari Misi Budaya Humanis tidak terlepas dari nilai-nilai “benar, bajik, indah”. Media cetak Tzu Chi yang pertama terbit di Taiwan pada tanggal 20 Juli 1967, saat itu berupa koran setebal empat halaman yang disusun oleh relawan. Buletin tersebut bertujuan sebagai jembatan antara Tzu Chi dan para anggotanya, menampilkan nama-nama donatur dan jumlah dana yang mereka sumbangkan.

Di Indonesia, Tzu Chi pada awal mula berdirinya mencatat seluruh data kegiatan dan disimpan dalam bentuk kliping dan album foto yang berfungsi sebagai arsip. Hingga pada bulan Mei tahun 2000, Tzu Chi menerbitkan tabloid Dunia Tzu Chi setebal 4 halaman sebagai sarana informasi yang dapat menginspirasi dan membangkitkan rasa welas asih para pembacanya di Indonesia. Sejak tahun 2005, karena perkembangan kegiatan Tzu Chi yang semakin pesat dan meluas, tabloid ini berubah menjadi majalah triwulan Dunia Tzu Chi dan ditambah bulletin bulanan Tzu Chi. Selain berisikan informasi kegiatan insan Tzu Chi di seluruh Indonesia, media-media ini juga menampilkan kisah-kisah humanis dan Dharma dari Master Cheng Yen.

Pada tahun 2005, Tzu Chi Indonesia meluncurkan website yang beralamat di www.tzuchi.or.id. Laman ini diperbarui setiap harinya, menampilkan berita dan foto kegiatan dari berbagai unit komunitas maupun kantor penghubung. Fitur-fitur lain dalam website Tzu Chi Indonesia antara lain kata perenungan Master Cheng Yen, resep vegetarian, cara menjadi relawan, serta cara berdonasi. Media di dunia maya ini juga dimaksudkan untuk mengurangi penggunaan kertas dalam rangka upaya melestarikan lingkungan.

Artikel dibaca sebanyak : 2306 kali


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Security Code
Hanya dengan mengenal puas dan tahu bersyukur, kehidupan manusia akan bisa berbahagia.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat