Selasa, 23 Juli 2019
Indonesia | English

Baksos Kesehatan Degeneratif di Kapuk Muara

05 Juli 2019

Relawan Tzu Chi kembali mengadakan Baksos Kesehatan Degeneratif untuk warga berusia lanjut (Lansia) di Kapuk Muara. Bertempat di SMP Islam Al-Muttaqin, Kapuk Muara, Jakarta Utara. Kegiatan dilaksanakan pada Minggu, 30 Juni 2019, sejak pukul 08.00 – 12.00 WIB. Dalam baksos kesehatan ini Tim Medis Tzu Chi melayani 325 pasien, dengan jumlah relawan yang terlibat sebanyak 44 orang dan 18 orang tim medis (7 dokter, 3 perawat, 6 apoteker, 2 analis lab.).

Fotografer : Aris (He Qi Utara 2)

Sehari sebelum baksos kesehatan, Sabtu, 29 Juni 2019, relawan Tzu Chi membagikan kupon baksos dengan door to door ke rumah warga binaan di Kapuk Muara. Dengan sistem kupon relawan menjelaskan dan mengajak warga yang berusia lanjut lansia untuk memeriksakan kesehatannya.

Fotografer : Suparjo (He Qi Utara 2)

Minggu, 30 Juni 2019, mulai pukul 08.00 – 12.00 WIB, relawan Tzu Chi dengan didukung aparat Kepolisian dan tokoh masyarakat setempat menggelar Baksos Kesehatan Degeneratif bagi warga berusia lanjut di SMP Islam Al Muttaqin, Kapuk Muara, Jakarta Utara.

Fotografer : Emy (He Qi Utara 2)

Kegiatan dimulai dengan pendaftaran ulang, dan pencatatan data pasien. Sambil menunggu antrian pemeriksaan kesehatan, warga diajak untuk mendengarkan sekilas tentang Tzu Chi dan kegiatan-kegiatan kemanusiannya.

Fotografer : Suparjo (He Qi Utara 2)

Tim Medis Tzu Chi memeriksa tekanan darah pasien untuk memantau kondisi kesehatannya.

Fotografer : Suparjo (He Qi Utara 2)
Dokter memeriksa pasien dengan teliti. Di usia lanjut, penyakit degeneratif kerap melanda dan gejala-gejalanya bisa terlihat dari kondisi fisik pasien yang semakin lemah.
Fotografer : Emy (He Qi Utara 2)

Relawan Tzu Chi melayani pasien dengan ramah agar merasa nyaman mengikuti Baksos Kesehatan Tzu Chi.

Fotografer : Emy (He Qi Utara 2)
Bagi pasien yang tidak leluasa berjalan, relawan dan dokter juga bersedia mendatangi dan memeriksa pasien di luar ruangan.
Fotografer : Suparjo (He Qi Utara 2)

Jika hasil pemeriksaan dokter memerlukan cek darah maka analisis laboratorium akan mengambil sampel darah.

Fotografer : Suparjo (He Qi Utara 2)

Setelah selesai pemeriksaan oleh dokter, pasien dapat mengambil obat di bagian penerimaan obat sesuai resep dokter. Dalam baksos kesehatan degeneratif ini, Tim Medis Tzu Chi berhasil melayani 325 pasien.

Artikel dibaca sebanyak : 271 kali


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha