Selasa, 24 Oktober 2017
Indonesia | English

Bergerak Bersama-sama Membantu Warga Cikarang

07 Agustus 2017

Sebanyak 803 warga Cikarang dan sekitarnya mengikuti pemeriksaan kesehatan atau screening yang digelar Tzu Chi di RS Sentra Medika, Sabtu 5 Agustus 2017. Sebanyak 463 memeriksakan mata, 218 orang memeriksakan benjolan yang ada di tubuh mereka. Sementara sebanyak 95 orang memeriksakan Hernia dan 27 anak yang mengalami bibir sumbing. Dari hasil pemeriksaan, sebanyak 394 pasien dinyatakan bisa menjalani operasi pada pekan depan.

Fotografer : Halim Ong
MENYIAPKAN RUANGAN. Relawan Tzu Chi Jakarta bersama relawan Cikarang menyiapkan ruang tunggu yang berada di lantai 3 Rumah Sakit Sentra Medika Cikarang. Screening Baksos kesehatan ini diadakan pada Sabtu 5 Agustus 2017, sementara pengobatan dan tindakan operasi akan dilaksanakan pada 11-12 Agustus 2017.
Fotografer : Halim Ong
MEMBERI ARAHAN. Zs. Weni dari TIMA Jakarta memberi arahan pengaturan ruangan serta alur screening pasien mulai dari penerimaan kartu, jenis penyakit hingga keputusan tindakan operasi kepada relawan Cikarang.
Fotografer : Halim Ong
MEMBERSIHKAN RUANGAN. Relawan Cikarang bersama-sama membersihkan ruangan yang akan dijadikan ruang pemeriksaan. RS. Sentra Medika menyediakan satu bangunan yang terpisah dari rutinitas pengobatan di luar baksos Tzu Chi.
Fotografer : Halim Ong
MEMBERSIHKAN LANTAI. Staf TIMA bersama relawan Cikarang bersama-sama membersihkan ruangan yang dipakai untuk screening pasien. Baksos pengobatan Tzu Chi yang akan diadakan pada 11-12 Agustus 2017 berlokasi di tempat yang sama, yakni RS Sentra Medika Cikarang.
Fotografer : Halim Ong
MEMBERI ARAHAN. Staf TIMA memberikan arahan kepada relawan Cikarang yang akan ikut membantu saat screening pasien dan pada saat baksos. Arahan sangat penting dilakukan agar saat baksos nanti dapat berjalan lancar dan tidak terjadi penumpukan pasien. Ini juga untuk kenyamanan pasien.
Fotografer : Halim Ong
MEMPERKENALKAN ALAT. Staf TIMA memperkenalkan alat screening mata kepada relawan Cikarang yang bertugas. Relawan Cikarang nantinya akan mendampingi pasien mulai dari pendaftaran hingga pasien selesai pengobatan.
Fotografer : Anand Yahya
PEMBAGIAN NOMER ANTRIAN. Staf TIMA bersama koordinator baksos relawan Tzu Chi Like Hermansjah menjelaskan apa saja yang harus dihindari saat screening kepada relawan Cikarang.
Fotografer : Halim Ong
DATA PASIEN SCREENING. Relawan Cikarang mendata pasien berdasarkan jenis penyakit. Pendataan ini untuk mempermudah screening yang dibagi dalam tiga bagian, yaitu screening mata, bibir sumbing dan hernia.
Fotografer : Anand Yahya
PEMBERIAN KACA MATA. Relawan Tzu Chi Hendro Wiyogo bersama relawan Cikarang bersama-sama membantu pasien screening dalam pengobatan mata katarak. Salah satunya termasuk pemberian kaca mata bagi pasien yang tidak perlu tindakan operasi.
Fotografer : Anand Yahya
MEMBERI KUPON MAKAN. Relawan Tzu Chi memberikan satu persatu kupon makan kepada para pasien yang sudah mendaftarkan diri di ruang tunggu tensi darah.
Fotografer : Anand Yahya
MEMBAGIKAN NASI BUNGKUS. Menjelang tengah hari relawan Tzu Chi membagikan nasi bungkus yang ditukarkan dengan kupon. Pembagian nasi bungkus ini merupakan bentuk pelayanan Tzu Chi setiap mengadakan baksos kesehatan yang menangani ratusan bahkan ribuan pasien.
Fotografer : Anand Yahya
MEMBAGIKAN AIR MINERAL GALON. Relawan Tzu Chi di tim logistik secara berkala membagikan air mineral di tiap ruangan. Para pasien juga dapat mengisi ulang botol minuman mereka.
Fotografer : Anand Yahya
MEMBUAT RUANG SEKAT. Koordinator baksos TIMA Agus Johan bersama relawan Cikarang menyiapkan satu ruangan untuk dijadikan ruang-ruang sekat guna pemeriksaan screening pengobatan mata, benjolan dan bibir sumbing.
Fotografer : Anand Yahya
SEKSAMA MENGAMATI. Dua dokter mata dan dr. Ruth, ketua baksos TIMA mengamati pasien mata. Pemeriksaan akhir ini penting untuk memutuskan pasien dapat dioperasi atau tidak pada 11-12 Agustus 2017 mendatang.
Fotografer : Anand Yahya
MENYIAPKAN MAKANAN. Relawan Tzu Chi bersama relawan Cikarang menyiapkan makan siang untuk dokter, perawat serta relawan Cikarang. Relawan Cikarang menyiapkan makanan vegetarian untuk acara screening dan saat baksos pengobatan pada 11-12 Agustus 2017 pekan depan.
Fotografer : Anand Yahya
MEMBERSIHKAN LOKASI. Seorang relawan Tzu Chi berkeliling membersihkan sampah-sampah yang dapat didaur ulang di lokasi ruang tunggu pasien dan keluarga. Baksos pengobatan ini juga menjalankan misi pelestarian lingkungan dengan memilah sampah-sampah yang dapat didaur ulang.
Fotografer : Anand Yahya
ANTRIAN PASIEN SCREENING. Pemeriksaan kesehatan yang digelar di RS Sentra Medika ini diikuti oleh 803 orang. Sebanyak 463 memeriksakan mata, 218 orang memeriksakan benjolan yang ada di tubuh mereka. Sementara sebanyak 95 orang memeriksakan Hernia dan 27 anak yang mengalami bibir sumbing.
Artikel dibaca sebanyak : 467 kali


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Security Code