Minggu, 21 April 2019
Indonesia | English

Kamp Pelatihan Komite dan Calon Komite 2019 (2)

27 Maret 2019

Dalam dua hari, tepatnya 16-17 Maret 2019, Tzu Chi Indonesia mengadakan Pelatihan Komite dan Calon Komite 2019 di Tzu Chi Center, PIK, Jakarta Utara. Kegiatan yang diikuti 632 relawan Tzu Chi dari Jakarta, Medan, Biak, Pekanbaru, Batam, Bandung, Surabaya, Cianjur, dan beberapa wilayah lain di Indonesia ini mengajak para relawan untuk terus memahami Tzu Chi lebih mendalam lagi.

Fotografer : Wanda (He Qi Barat 2)
Hong Tjhin, relawan Komite Tzu Chi memandu sharing dari relawan Tim Tanggap Darurat (TTD) Tzu Chi. Tim TTD Tzu Chi bertugas memberikan pertolongan darurat dalam skala kecil atau besar. Mereka bertugas dalam satu tim yang terdiri dari penanggung jawab konsulidasi terhadap pemerintah daerah, transportasi, survei korban dan pengungsi dan tim medis.
Fotografer : Anand Yahya

Liu Su Mei Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia menyematkan name tag calon komite Tzu Chi. Yayasan Tzu Chi Indonesia melantik 15 orang relawan daur ulang dan 174 orang relawan calon komite Tzu Chi. 

Fotografer : Anand Yahya
Sugianto Kusuma wakil ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia melantik langsung di hari terakhir pelatihan para calon komite Tzu Chi selama dua hari di Tzu Chi center PIK.
Fotografer : Erli Tan

Para peserta pelatihan melaksanakan pradaksina pada pagi hari sebelum memulai pelatihan di gedung aula lt.4. para peserta yang hadir berjumlah 623 orang relawan Tzu Chi di damping oleh 200 orang relawan panitia.  

Fotografer : Anand Yahya

Para peserta sangat terharu mendengarkan sharing dari Sugianto Kusuma wakil ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. Dalam sharingnya Sugianto Kusuma mengajak para relawan membuat komitmen untuk menjalankan misi-misi Tzu Chi. 

Fotografer : Yusniaty (He Qi Utara 1)
Pagi hari sebelum memulai pelatihan para peserta menggelar kebaktian pagi di damping oleh relawan komite Tzu Chi.   
Fotografer : Yusniaty (He Qi Utara 1)
Edi Wiranto relawan calon komite Tzu Chi memberikan sharing pada penghujung pelatihan peserta calon komite Tzu Chi. Dalam sharingnya Edi mengungkapkan 
Fotografer : Erli Tan

Para peserta training berbaris memasuki ruang pelatihan lantai 4 gedung Aula Jing si. Cara berjalan memasuki ruangan salah satu pelatihan diri melatih kesabaran dan keindahan dalam sebuah organisasi.

Fotografer : Wanda (He Qi Barat 2)

Pada waktu sesi rehat dalam pelatihan traning calon komite peserta sambil menikmati makanan kecil berdiskusi kelompok tentang materi pelatihan untuk di jalankan di komunitas masing-masing.

Fotografer : Wanda (He Qi Barat 2)
Sugianto Kusuma wakil ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia melantik secara langsung 15 orang relawan pelestarian lingkungan dalam pelatihan ini. Mereka yang di lantik adalah relawan yang bekerja di depo pendidikan pelestarian lingkungan.
Fotografer : Anand Yahya
Peserta pelatihan dengan cermat mencatat materi-materi yang diberikan pemateri. Para relawan Tzu Chi di tuntut untuk selalu belajar untuk meningkatkan kebijaksanaan dalam mengemban tugas sebagai murid Master Cheng Yen ketika berada di tengah masyarakat.
Fotografer : Yusniaty (He Qi Utara 1)

Shally seorang relawan komite Tzu Chi memberikan sharingnya tentang kekeluargaan di dunia Tzu Chi di berbagai Negara. Dalam kesempatan itu Shally mengajak untuk hidup vegetaris. Dalam kesempatan itu ada dari beberapa peserta yang berikrar untuk menjalankan pola makan vegetaris untuk tujuan menyayangi bumi.

Fotografer : Anand Yahya
Salah satu peserta diberi kesempatan bertanya dalam acara sharing peserta. Acara Tanya jawab ini sebagai wadah pelatihan para peserta untuk berani mengutarakan secara langsung isi materi yang diberikan. 
Fotografer : Anand Yahya

Panitia pelatihan calon komite menyiapka alat transleter untuk para peserta. Alat ini digunakan untuk pemateri yang diberikan langsung dari relawan komite Tzu Chi di Hualien Taiwan melalui telekonfrens. 

Fotografer : Wanda (He Qi Barat 2)
Hardjo Suparmun salah satu pemateri memberikan materi tentang Pembabaran Sutra Makna Tanpa Batas kepada peserta traning. Relawan Tzu Chi selama satu tahun lalu dengan konsisten mempelajari Sutra Makna Tanpa Batas ini dalam kegiatan bedah buku yang dilaksanaka setiap pagi hari di Tzu Chi center.  
Artikel dibaca sebanyak : 206 kali


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha