Selasa, 19 Desember 2017
Indonesia | English

Merawat Kesehatan Gigi Anak-anak

05 Desember 2017

Baksos kesehatab gigi bagi anak-anak di Rusun Cinta Kasih Tzu Chi, Muara Angke, Jakarta Utara diadakan pada Minggu, 3 Desember 2017. Baksos ini merupakan lanjutan dari baksos serupa yang sudah dilakukan pada bulan September 2017 lalu. Sebanyak 13 dokter gigi dari Tzu Chi International Medical Association (TIMA), 1 apoteker, 3 perawat gigi, dan 42 relawan Tzu Chi komunitas He Qi Utara 1 berpartisipasi dalam kegiatan ini. Baksos ini berhasil melayani 87 pasien. 

Fotografer : Erli Tan
Baksos gigi anak dilakukan rutin setiap tahun di Rusun Cinta Kasih Tzu Chi Muara Angke. Kegiatan ini adalah yang kedua kalinya di tahun 2017.
Fotografer : Erli Tan

Sejak pagi, para relawan medis dari Tzu Chi International Medical Association (TIMA) sudah tiba di lokasi untuk melakukan persiapan alat dan obat-obatan. 

Fotografer : Erli Tan

Sebelum baksos gigi dimulai, relawan Tzu Chi melakukan koordinasi dan briefing serta pembagian tugas terlebih dahulu.

Fotografer : Erli Tan
Pukul 08.00 WIB, pendaftaran dibuka dan anak-anak Rusun Cinta Kasih Tzu Chi Muara Angke pun segera mendaftarkan diri.
Fotografer : Erli Tan
Anak-anak yang sudah mendaftarkan diri menunggu giliran untuk diperiksa dan diberi penanganan. Mereka pun tertib menunggu dari tenda yang disediakan relawan.
Fotografer : Erli Tan

Relawan Tzu Chi International Medical Association (TIMA) menggunakan pendekatan yang ramah saat memeriksa kondisi gigi anak-anak. Hal tersebut bertujuan agar anak-anak tidak takut dengan dokter. 

Fotografer : Erli Tan

Dalam baksos gigi kali ini, sebanyak 16 kursi untuk penanganan telah tersedia untuk melakukan tindakan pencabutan ataupun menambal gigi.

Fotografer : Erli Tan
Dokter gigi dari TIMA melakukan tindakan dengan hati-hati dan penuh perhatian, sesekali mereka juga berdialog agar anak-anak tidak merasa tegang.
Fotografer : Erli Tan
Relawan Tzu Chi yang mendukung kegitan ini juga turut mendampingi dan membantu agar anak-anak merasa nyaman.
Fotografer : Erli Tan
Tim Medis Tzu Chi yang bertugas di bagian apotek memberitahukan jenis-jenis obat dan cara penggunaannya sebelum diberikan kepada keluarga pasien.
Fotografer : Erli Tan
Andra (4), salah satu pasien yang ikut dalam baksos gigi ini merasa senang dan lega hingga memeluk kakaknya usai menjalani penambalan pada 2 buah giginya. Selama proses periksa hingga tambal gigi selesai ia sama sekali tidak menunjukkan rasa takut atau penolakan. 
Fotografer : Erli Tan
Peralatan yang dipakai dalam baksos kesehatan gigi ini langsung dicuci dan disterilkan oleh relawan setelah digunakan. 
Fotografer : Erli Tan

Di ruang pengelola Rusun Cinta Kasih Tzu Chi Muara Angke, para pasien beserta orang tua dikumpulkan untuk mendengarkan penyuluhan mengenai tata cara perawatan gigi yang baik dan benar.

Fotografer : Erli Tan

Drg. Lakhsmi Widiastuti menggunakan alat peraga, serta menunjukkan kepada anak-anak bagaimana cara menyikat gigi yang baik dan benar.

Fotografer : Erli Tan
Usai baksos, relawan bergotong-royong membereskan kembali semua barang yang digunakan dalam kegiatan baksos kesehatan gigi untuk anak-anak Rusun Cinta Kasih Tzu Chi Muara Angke.
Fotografer : Erli Tan
Barang-barang untuk baksos gigi yang sudah dirapikan dan dikemas dalam peti langsung diangkut kembali menuju Tzu Chi Center, PIK, Jakarta Utara.
Artikel dibaca sebanyak : 445 kali


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Security Code