Senin, 25 Mei 2020
Indonesia | English

Meringankan Beban Masyarakat di Tengah Wabah Covid-19

04 Mei 2020

Wabah virus Corona (Covid-19) yang tak kunjung usai membawa dampak besar bagi masyarakat, khususnya dalam hal ekonomi. Penerapan PSBB di Jakarta dan kota-kota lainnya menyebabkan banyak orang kehilangan mata pencaharian. Tzu Chi Indonesia bekerja sama dengan TNI dan Polri serta Pemerintah Daerah menyalurkan bantuan paket sembako untuk meringankan beban masyarakat. Selain di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi, paket sembako juga diberikan kepada masyarakat di Kota Bandung, Surabaya, Palembang, Pekanbaru, Medan, dan Biak, Papua.

Fotografer : Khusnul Khotimah

Ketua Tim Tanggap Darurat Tzu Chi, Joe Riady memberikan bantuan paket sembako kepada warga Kampung Gang Marlina di Penjaringan Jakarta Utara. Paket sambako ini berisi 5 kilogram beras, 2 kilogram gula, 2 liter minyak goreng, dan 6 bungkus Mi DAAI. Penyaluran bantuan dilakukan dengan melibatkan TNI dan Polri.

Fotografer : Arimami Suryo A.

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia bekerja sama dengan Sekretariat Presiden RI memberikan bantuan 6.000 paket sembako kepada warga masyarakat terdampak wabah Covid-19 di Jakarta, Bekasi, dan Tangerang. Kerja sama juga dilakukan dengan TNI, Polri, dan instansi pemerintahan lainnya.

Fotografer : Khusnul Khotimah

Menurut Ricky Budiman, relawan Tzu Chi, saat ini semua lapisan masyarakat terdampak Covid-19. Bantuan paket sembako ini diharapkan bisa meringankan beban masyarakat.

Fotografer : Amir Tan (Tzu Chi Medan)

Relawan Tzu Chi Medan bersama anggota Babinsa dan Koramil membagikan paket sembako secara langsung ke warga yang terdampak diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh pemerintah daerah untuk memutus rantai pandemik Covid-19. 

Fotografer : Amir Tan (Tzu Chi Medan)

Setelah Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bandung, Surabaya, Palembang, Pekanbaru, dan Biak, paket sembako juga diberikan kepada 2.500 warga masyarakat di Kota Medan. Ini merupakan bantuan tahap 1 dari 10.000 paket sembako yang disiapkan Tzu Chi Medan bekerja sama dengan Kodam I/Bukit Barisan.

Fotografer : Eka Suci (Tzu Chi Surabaya)

Dengan menggunakan sepeda motor dan mobil, paket sembako diberikan secara langsung kepada masyarakat di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Fotografer : Eka Suci (Tzu Chi Surabaya)

Prihatin dengan kondisi masyarakat yang terdampak (secara ekonomi) wabah Covid-19, Tzu Chi Surabaya bekerja sama dengan TNI, Polri dan Pemprov Jatim menyalurkan bantuan 12.000 paket sembako di  Jawa Timur. Lebih dari 200 pasukan disiagakan untuk pembagian paket sembako ini.

Fotografer : Eka Suci (Tzu Chi Surabaya)

Relawan Tzu Chi menghadiri acara pelepasan Tim Distribusi Sembako oleh Panglima Divisi Infanteri 2/Kostrad Mayjen TNI Tri Yuniarto. Wilayah yang menjadi pusat pembagian sembako adalah Kota dan Kabupaten Malang, khususnya di Kecamatan Singosari dan Lawang

Fotografer : Eka Suci (Tzu Chi Surabaya)

Dalam memberikan bantuan relawan menerapkan aturan physical distancing (menjaga jarak) dan mengenakan masker agar, namun tetap menerapkan budaya humanis Tzu Chi, menghormati penerima bantuan.

Fotografer : Eka Suci (Tzu Chi Surabaya)

Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Mayjen TNI Tri Yuniarto memberangkatkan secara langsung pasukannya dari halaman Gedung Divisi Infanteri 2, Kostrad Malang. Selain menggunakan sepeda motor, pihak Kostrad juga menyiapkan 3 truk dan 1 kendaraan kabin agar bisa menjangkau seluruh wilayah Malang.

Fotografer : Arimami Suryo A.

Relawan Tzu Chi Indonesia memberikan bantuan paket sembako kepada para pengemudi ojek online di Jakarta. Sejak wabah Corona, para pekerja di sektor informal paling banyak terdampak secara ekonomi.

Fotografer :
Fotografer : Arimami Suryo A.

Sebanyak 1.243 paket sembako diberikan kepada warga Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Cengkareng dan Muara Angke yang terdampak wabah Covid-19 secara ekonomi. Paket sembako berisi beras (5 Kg), minyak goreng (1 liter), gula (1 kg), minuman kemasan (8 botol), dan mi DAAI (10 bungkus).

Artikel dibaca sebanyak : 207 kali


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha