Rabu, 20 Maret 2019
Indonesia | English

Pembangunan Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi di Palu

13 Maret 2019

Peletakan batu pertama “Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Tadulako 1 Tondo dan Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Tadulako 2 Duyu” digelar pada Senin, 4 Maret 2019. Berlokasi di Kelurahan Tondo dan Talise, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu. Pembangunan perumahan ini merupakan sumbangsih Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia bekerja sama dengan Eka Tjipta Foundation dan Indofood untuk warga korban gempa, likuifaksi dan tsunami di Sulawesi Tengah yang terjadi pada 28 September 2018 lalu. 

Fotografer : Anand Yahya

Peletakan batu pertama di Tondo (Pkl.14.00 WITA) dihadiri oleh relawan, tamu undangan, BNPB, Kementrian PUPR, TNI, Polri, Kemenko Polhukam, Pemda Palu, Bupati Sigi, dan warga dari pengungsian Tondo dan Petobo. Mereka melakukan penyekopan tiga kali sambil berdoa untuk kelancaran proses pembangunan.

Fotografer : Anand Yahya
Hidayat, Walikota Palu dan Sugianto Kusuma Wakil Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia disaksikan oleh CEO Tzu Chi International Stephen Huang menanam  pohon di lokasi hunian tetap agar kelak ketika hunian tersebut hijau dan sejuk.
Fotografer : Anand Yahya
Sugianto Kusuma, Wakil Ketua Tzu Chi Indonesia berpesan kepada warga agar rumah yang dibangun itu bisa dijaga dan dirawat kebersihan lingkungannya agar anak cucu bisa menjalani hidup tanpa rasa khawatir.
Fotografer : Anand Yahya
De Qian Shifu dan De Chen Shifu didampingi Liu Su Mei ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia berjalan menuju bundaran prosesi penyekopan pasir di Duyu.
Fotografer : Anand Yahya
De Qian Shifu dan De Chen Shifu didampingi Liu Su Mei, Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia menghadiri peletakan batu pertama di Duyu bersama Hidayat, Walikota Palu dan Irwan Lapatta, Bupati Sigi.
Fotografer : Anand Yahya
De Qian Shifu dan De Chen Shifu yang datang langsung dari Hualien Taiwan didampingi Liu Su Mei Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, Sugianto Kusuma Wakil ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, Stephen Huang CEO Tzu Chi International, Hidayat Walikota Palu, dan Irwan Lapatta Bupati Sigi di Duyu bersama melakukan penyekopan di Desa Duyu.
Fotografer : Anand Yahya
Hidayat Walikota Palu memberikan sambutan dalam acara peletakan batu pembangunan hunian tetap di Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Tadulako 1 Tondo. Hidayat mengatakan, pembangunan huntap nantinya diprioritaskan untuk para koban tsunami dan likuifaksi di Kota Palu.
Fotografer : Anand Yahya
Hong Tjhin relawan Komite Tzu Chi mewakili Tzu Chi Indonesia menyampaikan rasa syukurnya atas peletakan batu pertama di Duyu. Dalam sambutannya Hong Tjhin menyampaikan bahwa Tzu Chi memberikan bantuan dalam tiga tahap untuk warga Palu, Sigi, dan Donggala: bantuan medis dan bahan pokok, membangun tenda dan MCK, dan  hunian tetap.
Fotografer : Anand Yahya
Dalam suasana senang dan bersyukur De Qian Shifu, De Chen Shifu, Stephem Huang, Liu Su Mei, Sugianto Kusuma, Hidayat Lamakarate Sekda Sul-Teng tersenyum mendengarkan kata sambutan dari Hong Tjhin sebagai kordinator pembangunan rumah Lombok dan Palu. 
Fotografer : Anand Yahya
Jajaran tamu yang hadir di Duyu (depan dari kiri ke kanan): Liu Su Mei ketua Yayasan Tzu Chi Indonesia, De Qian Shifu dan De Chen Shifu dari Griya Jing Si Taiwan, Rebeca Halim relawan Komite, Stephen Huang CEO Tzu Chi Internatioanal, Hidayat Walikota Palu, Sugianto Kusuma Wakil Ketua Tzu Chi Indonesia, dan Irwan Lapatta Bupati Sigi.
Fotografer : Anand Yahya
De Chen Shifu membacakan surat dari Master Cheng Yen. Salah satu isinya adalah Master percaya asalkan orang-orang selamat ada di bawah dukungan dari pemerintah, serta bantuan kemanusiaan dari berbagai negara, warga segera keluar dari kesulitan.
Fotografer : Anand Yahya
Hidayat Lamakarate, Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah memberikan sambutan dalam acara Peletakan Batu Pembangunan Rumah di Tondo. Dalam sambutannya Hidayat mengucapkan terima kasih dan berharap lembaga lain ikut tergerak hatinya untuk membantu Sulteng. 
Fotografer : Anand Yahya
Franciscus Welirang Direktur Indofood (berbaju batik) turut hadir dalam pencanangan pembangunan rumah di Palu. Indofood dan Eka Tjipta Foundation merupakan donatur pembangunan 3.000 unit perumahan di Lombok dan Palu.
Fotografer : Anand Yahya
Sugianto Kusuma dan Hidayat Wali Kota Palu melihat disain dan material rumah. Rumah huntap ini memiliki 2 kamar, satu ruang tamu, dan satu kamar mandi, bertipe 36 dengan bangunan aman terhadap gempa.
Fotografer : Anand Yahya
Shifu beserta relawan lainnya serta rombongan Walikota tiba di lokasi peletakan batu pertama di Kelurahan Tondo disambut nyanyian selamat datang oleh relawan komite Tzu Chi.
Fotografer : Anand Yahya
Walikota Palu, Hidayat menjemput rombongan pimpinan Tzu Chi Indonesia serta para Shifu di Bandara Mutiara SIS Al-Jufrie yang turut hadir di Kota Palu dalam acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Tetap di Desa Duyu dan Tondo.
Fotografer : Anand Yahya
Warga, para korban bencana yang hadir dalam peletakan batu pertama di Tondo dengan sukaria mengikuti gerakan isyarat tangan Satu Keluarga bersama-sama relawan Tzu Chi.
Fotografer : Anand Yahya
Usai peletakan batu pertama, para shifu, juga Ketua Tzu Chi Indonesia Liu Su Mei mampir ke lokasi pengungsian di Duyu. Meski baru pertama kali bertemu, anak-anak sangat ramah.
Fotografer : Anand Yahya
Satu hari sebelum acara pada 3 Maret 2019, relawan Tzu Chi Jakarta dan Makasar bersama-sama mendekorasi lokasi peletakan batu pertama di Desa Tondo dan Duyu. Mereka menghias tiang yang berada di tengah lingkaran dengan kain merah dan pita. 
Fotografer : Anand Yahya
Unit proyek Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia membantu memasangkan kain merah yang berada di tengah-tengah lingkaran pasir sebagai lokasi penyekopan.
Fotografer : Anand Yahya
Dua orang relawan komite Tzu Chi menandakan titik-titik berdirinya para tamu undangan yang akan melakukan penyekopan agar prosesi peletakan batu pertama ini terlihat indah dan rapi. 
Fotografer : Anand Yahya

Relawan komite Tzu Chi mendekorasi bibir lingkaran pasir dengan pita kembang sebagai tanda tempat berdirinya para tamu undangan berdiri.

Fotografer : Anand Yahya
Relawan Komite Tzu Chi mendekorasi podium dengan hiasan bunga untuk acara peletakan batu pertama di Tondo, Kota Palu, Sulawesi Tengah.
Fotografer : Anand Yahya
Relawan Komite Tzu Chi mendekorasi dua tempat peletakan batu pertama di Kecamatan Duyu dan Kecamatan Tondo hingga larut malam. 
Artikel dibaca sebanyak : 491 kali


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha