Selasa, 21 Mei 2019
Indonesia | English

Seminggu Menjelang Waisak Tzu Chi

06 Mei 2019

Minggu, 5 Mei 2019, relawan Tzu Chi mengikuti latihan Pembawa Barisan Prosesi Pemandian Rupang Buddha. Kegiatan dilakukan di Aula Jing Si, Lt. 4, Tzu Chi Center, PIK, Jakarta Utara. Di sesi 1 latihan, pkl. 10.00 – 12.00 WIB diikuti oleh 77 relawan, dan di sesi 2, pkl. 13.00 – 15.00 WIB diikuti oleh 103 relawan. Para relawan pembawa pelita, air wangi, dan bunga ini berlatih sebelum acara perayaan Hari Waisak, Hari Ibu Internasional, dan Hari Tzu Chi Sedunia yang akan dilaksanakan pada Minggu, 12 Mei 2019. Tahun ini kegiatan bertemakan Pelestarian Lingkungan dan Vegetarian.

Fotografer : Hadi Pranoto

Seminggu menjelang perayaan Waisak Tzu Chi, relawan melakukan latihan prosesi pemandian Rupang Buddha di Aula Jing Si Lt. 4, Tzu Chi Center, PIK, Jakarta Utara.

Fotografer : Hadi Pranoto

Para relawan menempelkan titik-titik sebagai patokan para relawan yang bertugas sebagai pembawa barisan untuk melakukan prosesi pemandian Rupang Buddha.

Fotografer : Hadi Pranoto
Selain menempelkan titik-titik posisi relawan pembawa barisan, relawan juga berlatih dalam membawakan acara dan rangkaian prosesinya. 
Fotografer : Hadi Pranoto
Proses penempelan titik merupakan tugas yang sederhana, namun relawan melakukannya dengan sangat cermat, teliti, dan sungguh-sungguh. Ini agar rangkaian keseluruhan acara berjalan dengan baik. 
Fotografer : Hadi Pranoto
Merry (kanan), dari Sekretariat Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia berkoordinasi dengan Tim Relawan Kebaktian.
Fotografer : Hadi Pranoto
Para relawan mendengarkan arahan dari pembawa acara. Ada beberapa relawan yang sebelumnya pernah bertugas sebagai pembawa barisan, namun banyak juga yang baru sehingga membutuhkan proses latihan yang cukup. 
Fotografer : Hendro Wiyogo (He Qi Pusat)
Relawan yang bertugas sebagai pembawa acara juga berlatih agar dapat memberikan penjelasan dan contoh yang tepat kepada para relawan lainnya.
Fotografer : Henry Tando
Wylen, relawan dari komunitas He Qi Pusat bertindak sebagai pembawa acara dalam pelaksanaan Waisak kali ini.
Fotografer : Henry Tando
Relawan melakukan latihan prosesi pemandian Rupang Buddha. Dimulai dengan memberi penghormatan kepada Buddha, Mempersembahkan Pelita (Gong Deng Zhu), Mempersembahkan Air Wangi (Gong Xiang Tang), dan Persembahan Bunga (Xian Hua Xian). 
Fotografer : Yusniaty (He Qi Utara 1)
Ketua dan Wakil Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, Liu Su Mei dan Sugianto Kusuma juga mengikuti proses latihan pembawa barisan prosesi pemandian Buddha Rupang. 
Fotografer : Yusniaty (He Qi Utara 1)
Para staf Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dan relawan bahu membahu mempersiapkan acara. Penempatan posisi dan alur yang jelas menjadi kunci dari kerapihan, kehidmatan, dan kelancaran acara Waisak Tzu Chi ini.
Fotografer : Yusniaty (He Qi Utara 1)
Para relawan juga menempelkan nomor-nomor di pungung kursi sebagai penanda posisi peserta yang hadir.
Fotografer : Henry Tando
Para relawan saling bekerja sama dalam menempelkan nomor-nomor kursi untuk para peserta. Jika setiap tugas ada yang mengerjakan, dan setiap orang memiliki tugas untuk dikerjakan maka semua akan menjadi lebih cepat terselesaikan. 
Fotografer : Henry Tando
Dalam perayaan Hari Waisak, Hari Ibu Internasional, dan Hari Tzu Chi Sedunia yang akan dilaksanakan pada Minggu, 12 Mei 2019 ini diperkirakan akan diikuti oleh 2.348 orang peserta di setiap sesinya. 
Artikel dibaca sebanyak : 1083 kali


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha