Minggu, 22 September 2019
Indonesia | English

Verifikasi Calon Warga Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi di Palu

26 Agustus 2019

Bantuan hunian tetap untuk warga Palu dari Yayasan Buddha Tzu Chi di bulan Agustus 2019 ini mulai memasuki tahap seleksi waga yang berada di Hunian Sementara (Huntara). Relawan Tzu Chi pada 24 -  26 Agustus 2019 memverifikasi data dan mewawancarai warga sesuai data-data dari Menko Polhukam dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Validasi data dan serangkaian wawancara yang dilakukan relawan Tzu Chi bertujuan agar bantuan yang diberikan tepat sasaran kepada warga yang sangat membutuhkan hunian tetap.  

Fotografer : Anand Yahya

Relawan Tzu Chi yang akan memverifikasi warga mengajak calon penerima rumah untuk membawakan bahasa isyarat tangan Satu Keluarga sebagai bahasa budaya humanis Tzu Chi.

Fotografer : Anand Yahya

Wawancara adalah salah satu prosedur yang harus dijalani oleh relawan Tzu Chi untuk lebih memahami kondisi calon penerima rumah.

Fotografer : Anand Yahya

Seorang warga saat diwawancarai dengan relawan Tzu Chi merasa gembira walau pelaksanaan verifikasi ini sangat melelahkan. Mulai dari antrian yang panjang, menunggu antrian dan cuaca yang panas di Kota Palu.

Fotografer : Anand Yahya

Pada bagian verifikasi data relawan Tzu Chi didampingi oleh staf dari Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB) untuk mengetahui sudah terdaftarnya warga yang huniannya berada di zona bahaya.

Fotografer : Anand Yahya

Petugas dari BNPB berkeliling di ruang verifikasi untuk memberikan informasi untuk melengkapi data-data sebagai syarat untuk mendapatkan hunian tetap.

Fotografer : Anand Yahya

Sudarman Ko dan relawan lainnya selesai acara membersihkan sisa-sisa makanan dan minuman dan merapikan kursi-kursi di lokasi acara agar keesokan harinya bisa langsung digunakan kembali.

Fotografer : Anand Yahya

Seorang relawan Tzu Chi ada yang bertugas mendampingi warga saat menunggu antrian. Kesempatan ini digunakan untuk mensosialisasikan Yayasan Buddha Tzu Chi kepada warga calon penghuni Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Tondo, Palu.

Fotografer : Anand Yahya

Joe Riadi, koordinator relawan yang memverifikasi warga selalu mendampingi relawan yang bertugas ketika mewawancarai warga.

Fotografer : Anand Yahya

Di hari Minggu, 25 Agustus 2019, verifikasi warga sudah tidak terlalu banyak. Relawan dengan teliti mewawancarai calon penerima rumah dengan sabar dan manusiawi.   

Artikel dibaca sebanyak : 289 kali


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha