Kamis, 12 Desember 2019
Indonesia | English

Verifikasi Calon Warga Perumahan Tzu Chi di Palu

13 November 2019

Verifikasi warga calon penerima bantuan Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Tadulako, Palu hadir lagi. Ini adalah tahap kedua. Jika di bulan Agustus 2019 lalu verifikasi berlangsung selama tiga hari, kali ini berlangsung sehari, Minggu, 10 November 2019. Masih di lokasi yang sama di Aula Baruga, Taman Vatulemo Palu, Sulawesi Tengah. Verifikasi warga calon penghuni Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi di Pombewe, Sigi juga sudah dilakukan pada 28-29 September 2019 di Kantor Bappeda Sigi.

Fotografer : Anand Yahya

Tim relawan verifikasi calon penerima bantuan Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Tadulako yang dilakukan pada bulan Agustus 2019 lalu hari ini (8 November 2019) berlanjut dengan melakukan survei ke tempat tinggal warga di berbagai Hunian Sementara (Huntara), rumah kontrakan, atau yang menumpang tinggal bersama saudara.

Fotografer : Anand Yahya

Relawan Tzu Chi mendatangi berbagai Huntara dan rumah-rumah kontrakan yang berada di Kota Palu. Salah satunya Huntara Petobo dan Huntara Balaroa yang berada di dekat stadion Gawalise Palu.

Fotografer : Anand Yahya

Banyak pertimbangan warga yang memutuskan mereka tidak tinggal di Huntara. Pertimbangannya beragam, mulai jauh dari tempat kerja atau berdagang, anak-anak jauh dari tempat sekolah, hingga memang mereka tidak mendapatkan Huntara.

Fotografer : Anand Yahya

Salah satu Huntara yang disurvei relawan Tzu Chi adalah wilayah Pantoloan yang berjarak 20 Km dari kota Palu. Di Huntara ini warga banyak mengeluhkan jarak yang jauh dari tempat tinggal asal mereka dan tempat usaha.

Fotografer : Anand Yahya

Satu tahun pascabencana di Palu, masih ada warga yang tinggal di tenda pengungsian. Salah satunya tenda Turki yang berada di wilayah Balaroa atas Kota Palu. Di wilayah Balaroa atas ini ada sekitar 200 tenda masih berdiri dan masih dihuni oleh para korban bencana.

Fotografer : Anand Yahya

Warga tenda Turki di Balaroa atas sudah satu tahun masih tinggal di tenda. Mereka enggan tinggal di Huntara karena jarak yang jauh dari tempat mereka beraktivitas sehari-hari, seperti bekerja, sekolah anak-anak hingga mencari nafkah dan lain sebagainya.

Fotografer : Anand Yahya

Pada 10 November 2019, tim relawan verifikasi Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Tadulako melanjutkan verifikasi warga yang masih tersisa sebanyak 400 keluarga. Data tersebut diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palu yang sudah di verifikasi oleh BPBD, BNPB, dan Pemerintah Kota Palu.

Fotografer : Anand Yahya

Sebanyak 400 warga yang belum melakukan verifikasi di bulan Agustus 2019, pada Minggu, 10 November 2019 mereka diverifikasi keberadaan dan persyaratannya. Lokasi verifikasi warga bertempat di Aula Baruga Taman Vatulemo kota Palu.

Fotografer : Anand Yahya

Relawan Tzu Chi mewawancarai warga calon penerima rumah dengan mendata jumlah anggota keluarga, kelengkapan surat-surat rumah, dan kesediaan mereka jika direlokasi ke Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Tadulako, Palu.

Fotografer : Anand Yahya

Verifikasi kali ini berjalan lebih tertib dan rapi. Relawan dan tim dari BPBD Kota Palu sudah mempersiapkan tim untuk melayani warga yang berasal dari berbagai Huntara dan tempat tinggal lainnya.

Fotografer : Anand Yahya

Menjelang tengah hari warga yang belum menjalani verifikasi mulai berdatangan ke Aula Baruga taman Vatulemo Palu, Sulawesi Tengah.      

Artikel dibaca sebanyak : 275 kali


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha