Kamis, 04 Maret 2021
Indonesia | English

Verifikasi dan Pengundian Nomor Rumah di Sigi (2)

05 November 2020

Relawan Tzu Chi Indonesia selama dua hari, 25 dan 26 Oktober 2020 melakukan verifikasi dan pengundian nomor rumah untuk 434 keluarga. Kegiatan ini diadakan di Gedung aula pondok pesantren Al Khairaat Madinatul Ilmi Dolo Kab. Sigi yang sudah disiapkan oleh BPBD Kab. Sigi. Seperti diketahui di Palu, Kab. Sigi, dan Donggala pada tanggal 28 September 2018 mengalami bencana gempa bumi, tsunami, dan likuefaksi.

Banyak korban jiwa dan kehilangan harta benda termasuk rumah. Pemkab. Sigi mengeluarkan peraturan bagi warga yang tinggal di zona merah dilarang untuk mendirikan rumah lagi dan harus direlokasi ke wilayah yang aman. Dengan kejadian ini, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia membantu warga Kab. Sigi dengan membangun 500 unit rumah di Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Pombewe, Sigi, Sulawesi Tengah.

Fotografer : Anand Yahya

Relawan Tzu Chi dalam menjalankan proses verifikasi dan pengundian nomor rumah dibantu oleh muda-mudi Vihara Karuna Dipa Ikatan Koko Cici Sulawesi Tengah yang berjumlah 15 orang. Mereka membantu memvalidasi data warga Bersama BBPB Kab. Sigi.

Fotografer : Anand Yahya

Tim dari BPBD Sigi Bersama Koko Cici memvalidasi warga yang terseleksi untuk mendapatkan rumah di Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Pombewe, Sigi.

Fotografer : Anand Yahya

Pengundian nomor rumah dilakukan secara terbuka. Dengan menggunakan toples dan nomor rumah, warga memilih secara acak nomor rumah tanpa melihat.

Fotografer : Anand Yahya

Relawan Tzu Chi Indonesia dengan seksama memverifikasi dan menenandatangani surat perjanjian warga yang akan menerima hunian tetap dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.

Fotografer : Anand Yahya

Relawan Tzu Chi memandu warga yang sedang menandatangani surat perjanjian hunian tetap dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.

Fotografer : Anand Yahya

Di area Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Pombewe, Sigi dibangun 500 unit rumah type 36, dengan luas tanah 150 m², terdiri dari dua kamar tidur, satu ruang tamu, satu kamar mandi, dan satu dapur.

Fotografer : Anand Yahya

Seusai kegiatan verifikasi dan penandatanganan penerima hunian tetap di Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Tadulako Palu dan Pombewe, Sigi, relawan Tzu Chi pada malam harinya merapikan data-data warga untuk memudahkan pencarian dan pendokumentasian.

Fotografer : Anand Yahya

Relawan Tzu Chi juga menghitung nomor rumah yang sudah dipilih oleh warga untuk memudahkan jumlah warga yang telah mengikuti pengundian nomor rumah.

Fotografer : Anand Yahya

Data-data warga tersusun rapi sesuai abjad untuk memudahkan pengarsipan dan pencarian data warga penerima hunian tetap yang dibangun oleh Yayasan Tzu Chi Indonesia.

Fotografer : Anand Yahya

Relawan Tzu Chi juga membuka celengan bambu hasil donasi dari warga Kota Palu dan Kabupaten Sigi selama 4 hari kegiatan verifikasi dan pengundian nomor rumah. Dana yang terkumpul mencapai Rp. 6.860.000.       

Artikel dibaca sebanyak : 376 kali


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha