Menjadi Relawan

Mampu bersumbangsih, membantu, dan menolong orang lain adalah hal yang paling membahagiakan. (Master Cheng Yen)
  
Para relawan Tzu Chi berlandaskan pada cita-cita Master Cheng Yen Cinta Kasih dan Welas Asih Universal, dengan empat sifat luhur: cinta kasih, welas asih, suka cita, dan keseimbangan batin bersama-sama membentuk Yayasan Buddha Tzu Chi. 
  
Dengan penuh cinta kasih, para relawan mengabdikan diri pada masyarakat agar orang yang dibantu lepas dari penderitaan dan senantiasa merasa bahagia. Dalam bersumbangsih, para relawan dengan sungguh hati menaati sila, menjadi seorang yang menjalankan kewajiban, dan penuh tanggung jawab. Semua kemauan ini berawal dari lubuk hati. 

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia mengajak Anda untuk bersama-sama menebar benih cinta kasih dengan melakukan tindakan nyata untuk menolong sesama serta melestarikan lingkungan demi kehidupan generasi mendatang yang lebih baik.
Tzu Chi merupakan lembaga sosial kemanusiaan yang lintas suku, agama, ras, dan negara yang mendasarkan aktivitasnya pada prinsip cinta kasih universal. Adapun aktivitas relawan Tzu Chi terdiri dari:

  1. Misi Amal
    Membantu masyarakat tidak mampu maupun yang sedang tertimpa bencana alam/musibah.
  2. Misi Kesehatan
    Memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat kurang mampu dengan mengadakan pengobatan gratis.
  3. Misi Pendidikan
    Membentuk manusia seutuhnya dengan mengajarkan pengetahuan dan keterampilan, serta budi pekerti dan nilai-nilai kemanusiaan.
  4. Misi Budaya Humanis
    Menjernihkan batin manusia melalui media cetak, elektronik, dan internet dengan melandaskan budaya cinta kasih universal.
  5. Misi Pelestarian Lingkungan
    Mensosialisasikan dan menggerakkan masyarakat untuk melakukan pelestarian lingkungan dan daur ulang dengan prinsip mengubah sampah menjadi emas, dan emas menjadi cinta kasih.

Mari genggam kesempatan dan niat baik dalam diri menjadi sebuah aksi nyata untuk bersumbangsih bagi sesama.

Syarat-syarat Menjadi Relawan Tzu Chi:

  1. Berkeinginan bersumbangsih tanpa pamrih terhadap sesama dengan berdasarkan prinsip dan filosofi Tzu Chi pada setiap kegiatan.
  2. Mengisi form Bergabung Menjadi Relawan (http://www.tzuchi.or.id/form-relawan). Nantinya data ini akan diinformasikan kepada Koordinator Relawan Tzu Chi di wilayah tempat tinggal Anda untuk mengikuti sosialisasi calon relawan baru.
  3. Atau dapat dengan langsung mengikuti kegiatan sosialisasi calon relawan baru yang diadakan setiap bulan di Kantor Tzu Chi terdekat (alamat dan nomor telepon dapat dilihat di halaman Kantor Sekretariat). Dalam kegiatan sosialisasi tersebut Anda dapat mengisi formulir pendaftaran menjadi relawan dan kemudian akan dihubungi oleh relawan Tzu Chi dari setiap wilayah (He Qi Barat, Pusat, Timur, Utara 1 dan 2) juga Kantor Perwakilan/Penghubung untuk dapat mengikuti kegiatan Tzu Chi yang diminati.

Sebuah pelita bisa menyalakan ribuan pelita lainnya: semakin banyak orang yang menciptakan berkah, semakin besar pula berkah yang terwujud

~Kata Perenungan Master Cheng Yen~

Umur kita akan terus berkurang, sedangkan jiwa kebijaksanaan kita justru akan terus bertambah seiring perjalanan waktu.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -