Penerima Bantuan Khusus: Kita Satu Keluarga

Insan Tzu Chi, selain mempraktikkan memberi dengan welas asih dan tanpa pamrih juga harus bisa menganggap orang lain bagaikan saudara kita sendiri dan bisa merasakan penderitaan orang lain bagaikan penderitaan kita sendiri. Tugas utama insan Tzu Chi adalah membantu yang kurang mampu dan membimbingnya menjadi orang yang mampu membantu orang lain sesuai dengan kemampuannya, juga mengajak yang mampu untuk membantu yang kurang mampu.


Survei Kasus

Sebelum memberikan bantuan, insan Tzu Chi melakukan survei terlebih dahulu kepada keluarga yang mengajukan bantuan agar dapat lebih memahami permasalahan yang mereka alami sehingga bantuan dapat tersalurkan dengan tepat dan bijak. Saat melakukan survei pun relawan harus memiliki semangat misi amal, yaitu menghargai jiwa dan kesetaraan semua makhluk hidup.


Kunjungan Kasih

Master Cheng Yen mengatakan bahwa kunjungan kasih adalah tugas yang sangat penting, kita harus menganggap semua orang tua di dunia ini bagaikan orang tua sendiri, semua orang yang sebaya bagaikan saudara kita. Kunjungan kasih bukan hanya sekadar melihat apakah penerima bantuan Tzu Chi (Gan En Hu) berada di rumah, melainkan untuk memberikan perhatian dengan tulus dan hangat kepada seluruh anggota Gan En Hu, dengan begitu akan terjalin hubungan erat. Sebaliknya bagi para relawan, kunjungan kasih memberikan banyak pelajaran tentang kehidupan manusia dan semakin menyadari serta mensyukuri berkah yang dimiliki.

Minggu, 9 Oktober 2011 relawan Tzu Chi datang untuk melakukan kunjungan kasih juga sekaligus membersihkan tempat tinggal Ade Salim yang sebatang kara. Setelah terkena stroke, keadaan rumahnya menjadi sangat kotor. Karena Ade tidak bisa bangkit dari tempat tidur. Kasur yang ditempatinya pun sudah sangat kumal dan lusuh. Ade pun bercerita bahwa pada malam hari kucing-kucing tidur di samping kasurnya, namun ia tak mampu mengusir kucing-kucing itu karena tidak bisa bergerak. Udara di ruang tidurnya yang sangat pengap dan tidak segar, dikhawatirkan akan membuat Ade Salim mengidap penyakit lain jika tidak diperhatikan dengan baik. Oleh karena itu para relawan merasa perlu membantu untuk membersihkan tempat tinggal Ade Salim agar udara menjadi segar dan berharap dengan adanya udara yang segar dan ruang yang bersih maka akan mempercepat proses penyembuhannya.


Gathering Penerima Bantuan

Setiap bulannya relawan Tzu Chi rutin melakukan gathering bersama dengan penerima bantuan Tzu Chi. Gathering ini bertujuan untuk membangkitkan rasa kekeluargaan antara para penerima bantuan dengan relawan Tzu Chi. Insan Tzu Chi menyambut setiap penerima bantuan bagaikan keluarga yang kembali ke rumahnya. Di kegiatan ini relawan juga memperkenalkan apa itu Tzu Chi dan visi serta misinya. Tak sedikit penerima bantuan ini yang ikut serta bergabung dalam barisan relawan Tzu Chi dan ikut bersumbangsih untuk membantu sesama. Dari tangan di atas mereka pun membalik tangan mereka untuk membantu sesama yang membutuhkan. Gathering bersama penerima bantuan diadakan di berbagai lokasi seperti Toko Buku Jing Si, kantor yayasan, ataupun Depo Pelestarian Lingkungan. Dalam salah satu gathering relawan mengajak para penerima bantuan untuk turut berpartisipasi menjaga lingkungan di Depo Pelestarian Lingkungan Tzu Chi dengan melakukan pemilahan sampah pada hari Minggu, 9 Juni 2012, sehingga mereka juga dapat mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam berhubungan dengan sesama hendaknya melepas ego, berjiwa besar, bersikap santun, saling mengalah, dan saling mengasihi.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -