Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi

Di Indonesia, Misi Pendidikan Tzu Chi diawali dengan berdirinya Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi di Cengkareng, Jakarta Barat pada tahun 2003. Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi Cengkareng pada awalnya dibangun khusus untuk anak-anak yang tinggal di Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi. Sekolah yang diresmikan pada 28 Juli 2003 ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang mendukung kegiatan belajar mengajar. Ketika pertama kali dibuka, Sekolah Cinta Kasih hanya mencakup tingkat SD dan SMP, kemudian seiring pertumbuhan siswa, mulai dibuka tingkat SMK, SMA, juga TK. Pada akhirnya, selain anak-anak dari kompleks Perumahan Cinta Kasih, banyak anak dari masyarakat umum yang bersekolah di tempat ini.

Sekolah ini diberi nama Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi, karena cinta kasih memberi dengan ikhlas merupakan wujud nilai universal. Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi mengutamakan pendidikan Budi Pekerti, di samping pengembangan ilmu pengetahuan dan keterampilan. Tahun 2004, Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi telah menjalin kerjasama (Sister School) dengan Tzu Chi Elementary School di Taiwan.

Ciri khas Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi adalah penekanannya pada pendidikan budi pekerti selain memberikan pendidikan akademik. Perilaku yang positif, tutur kata yang santun, dan sifat yang penuh welas asih diharapkan tumbuh mengimbangi pengetahuan dan keterampilan akademis setiap anak yang mengenyam pendidikan di sekolah ini. Bimbingan guru dan relawan perlahan membentuk para siswa menjadi pribadi yang berakhlak luhur, peduli pada orang lain dan lingkungan. Di bidang akademis dan olahraga, para siswa Sekolah Cinta Kasih meraih bermacam prestasi sebagai hasil ketekunan dan upaya sepenuh hati mereka.

Kiprah Tzu Chi Indonesia di dunia pendidikan, terutama dengan apa yang sudah dikerjakan melalui Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi Cengkareng rupanya mendapat tempat dan apresiasi di mata pemerintah Republik Indonesia. Pada tanggal 24 September 2010, bertempat di Plaza Gedung A Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, diselenggarakan acara Anugerah Peduli Pendidikan yang bertemakan Bersama Membangun Negeri dan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan. Di dalam acara ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menganugerahkan penghargaan kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia atas jasa dan kepeduliannya dalam pembangunan dunia pendidikan di tanah air.

Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi memiliki visi terwujudnya pendidikan manusia yang seutuhnya yang berlandaskan pada nilai kemanusiaan dan menekankan perkembangan yang seimbang antara intelektual, kebajikan, kearifan, kebersamaan dan keindahan dengan membina peserta didik yang penuh cinta kasih, hormat, rasa syukur, rasa peduli, berbudi pekerti luhur, bijaksana, berprestasi unggul, terampil serta sehat jasmani dan rohani.

Seorang insan yang berbudaya humanis, terbentuk dari sebuah lingkungan yang penuh rasa syukur, saling menghormati, dan menyayangi satu sama lain. Akhlak yang mulia akan mewariskan generasi muda yang berlapang dada dan peduli pada orang lain. Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi akan menjadi tempat pembelajaran bagi instansi pendidikan lainnya, serta meningkatkan kualitas pengajaran dan meningkatkan kemampuan dasar belajar siswa, kemampuan untuk bersaing dan memimpin. Sekolah Cinta Kasih memberikan pendidikan yang holistik, menyediakan sarana dan prasarana untuk mencetak lulusan yang berbudi pekerti luhur, bijaksana, sehat jasmani, dan,memiliki kehidupan sosial yang baik dan berbudaya humanis..

Cinta kasih tidak akan berkurang karena dibagikan, malah sebaliknya akan semakin tumbuh berkembang karena diteruskan kepada orang lain.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -