Jumat, 14 Agustus 2020
Indonesia | English

Apresiasi BNPB untuk Kiprah Tzu Chi Indonesia

05 Februari 2020 Jurnalis : Imam Asyari (DAAI TV Indonesia)
Fotografer : Marwan Yaumal Akbar


Joe Riadi, Ketua Tim Tanggap Darurat Tzu Chi Indonesia mewakili Tzu Chi Indonesia menerima Apresiasi dari Letnan Jenderal TNI Doni Monardo, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Bertempat di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia meraih anugerah penghargaan organisasi masyarakat oleh BNPB atas kontribusinya dalam penanggulangan bencana di Indonesia.

Selasa, 4 Februari 2020, Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana yang dihadiri oleh BNPB tingkat provinsi, TNI, Polri, dan relawan, serta organisasi nirlaba dari sabang sampai merauke.


Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasinya kepada seluruh relawan yang bersinergi dengan BNPB dalam menghadapi bencana yang terjadi di Indonesia sepanjang tahun 2019.


Tzu Chi menerima penghargaan dari BNPB dalam kategori Organisasi yang Peduli dan Berperan Aktif dalam Penanggulangan Bencana Tahun 2019.

Rakornas yang mengusung tema Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita ini menjadi ajang koordinasi untuk memperkuat sinergi antara BNPB dengan lembaga-lembaga yang selama ini turut serta membantu dalam penanggulangan bencana.

Dalam sambutan pembukaan Rakornas, Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasinya kepada seluruh relawan yang bersinergi dengan BNPB dalam menghadapi bencana yang terjadi di Indonesia sepanjang tahun 2019. Jokowi juga mengajak masyarakat untuk turut serta melakukan penanggulangan bencana dengan menjaga alam di Bumi nusantara, seperti menanam akar wangi untuk mencegah longsor dan mangrove sebagai penangkal ombak hingga tsunami.


Para relawan Tanggap Darurat Tzu Chi menyempatkan foto bersama dengan Letnan Jenderal TNI Doni Monardo, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

“Kemarin saya sampaikan waktu saya datang di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, di situ juga berulang longsornya. Jangan diurusi urusan fisiknya saja, itu juga penting saya tahu. Kalau banyak longsor di sebuah daerah, banjir, untuk menahan tanah agar tidak tererosi sedimennya masuk waduk dan sungai, tanam yang namanya vetiver, akar wangi. Juga yang berkaitan dengan tsunami, yang di pantai-pantai, harus ditanam mangrove,” ujar Jokowi

Pada momentum Rakornas tahun ini, BNPB juga memberikan penghargaan kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dalam tema Penanggulangan Bencana Urusan Bersama. Tzu Chi mendapatkan predikat sebagai organisasi masyarakat yang berkontribusi dalam aksi tanggap bencana dan rehabilitasi pascabencana di sejumlah daerah bencana seperti penanganan gempa di Lombok dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah. Tzu Chi menerima penghargaan tersebut dalam kategori Organisasi yang Peduli dan Berperan Aktif dalam Penanggulangan Bencana Tahun 2019.


Joe Riadi (memegang piagam penghargaan) berharap ke depannya relawan bisa lebih bersinergi lagi dengan BNPB untuk penanganan bencana nasional.

“Ini merupakan suatu penghargaan dari pemerintah untuk Tzu Chi. Dimana Tzu Chi sudah mendapat perhatian dari pemerintah sehingga kita (relawan) harus bangga dan ke depan bisa lebih bersinergi lagi dengan BNPB untuk penanganan bencana nasional,” ucap Joe Riadi, Ketua Tim Tanggap Darurat Tzu Chi Indonesia.

Selain kepada organisasi, penghargaan juga turut disematkan kepada pemerintah daerah yang aktif dalam penanggulangan bencana, insan media, dan relawan tanggap bencana yang gugur dalam menjalankan misi kemanusian.

Editor: Metta Wulandari

Artikel dibaca sebanyak : 420 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Cara untuk mengarahkan orang lain bukanlah dengan memberi perintah, namun bimbinglah dengan memberi teladan melalui perbuatan nyata.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat