Rabu, 15 Juli 2020
Indonesia | English

Audiensi BPBD Jawa Barat ke Tzu Chi Indonesia

20 Juli 2018 Jurnalis : Arimami Suryo A.
Fotografer : Arimami Suryo A.


Tim Tanggap Darurat (TTD) Tzu Chi Indonesia mempraktikkan dan menjelaskan kepada rombongan BPBD Jawa Barat cara penggunaan perkakas serbaguna yang biasa digunakan Tzu Chi saat memberikan bantuan bencana.

Kiprah Tzu Chi Indonesia dalam memberikan bantuan pada kejadian bencana ternyata mendapat perhatian khusus dari beberapa lembaga. Salah satunya adalah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat.  Dalam kesempatan ini, rombongan dari BPBD Jawa Barat melakukan kunjungan ke kantor pusat Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, pada Rabu, 18 Juli 2018.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) merupakan lembaga pemerintah non-departemen yang melaksanakan tugas penanggulangan bencana di daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota dengan berpedoman pada kebijakan yang ditetapkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). BPBD sendiri dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2008.

Kunjungan yang diikuti oleh 6 orang anggota BPBD Jawa Barat ini menjadi momentum untuk saling belajar tentang penanganan bencana. “Kunjungan kami ini untuk mengetahui secara langsung tentang apa saja yang dilakukan oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia khususnya dalam kebencanaan,” ungkap Diki Saromi, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat. Kehadiran rombongan dari BPBD Jawa Barat ini juga disambut hangat oleh jajaran pengurus Tim Tanggap Darurat (TTD) Tzu Chi Indonesia.


Jajaran pengurus TTD Tzu Chi Indonesia menerima kunjungan dari 6 orang perwakilan BPBD Jawa Barat.


Rombongan BPBD Jawa Barat juga mengunjungi gudang logistik Tzu Chi Indonesia untuk mempelajari manajemen bantuan bencana Tzu Chi. Dalam kesempatan ini rombongan BPBD Jawa Barat juga melihat paket bantuan Tzu Chi yang diperuntukan bagi korban kebakaran.

Setelah saling kenal, BPBD Jawa Barat dan TTD Tzu Chi Indonesia saling berdiskusi tentang program-program apa saja yang telah dilakukan untuk menanggulangi dan memberikan bantuan. “Selain kunjungan, kami juga mempelajari tentang manajemen yang dilakukan oleh Tzu Chi dalam hal kebencanaan. Karena kami banyak melihat kegiatan-kegiatan amal Tzu Chi Indonesia dalam bencana di beberapa tempat, yayasan ini cepat tanggap dan cepat membantu,” jelas Diki Saromi.

Rombongan dari BPBD Jawa Barat ini juga mengunjungi gudang logistik Tzu Chi Indonesia untuk melihat berbagai barang bantuan yang diberikan Tzu Chi Indonesia serta bagaimana pengadaan berbagai jenis bantuan. Dan kunjungan ini pun menjadi sebuah momen untuk menjalin kerja sama karena dua organisasi ini sama-sama ikut menangani bencana. Sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, Diki Saromi pun mengungkapkan harapannya dengan adanya kunjungan ini.  “Sangat mungkin sekali kita bekerja sama, kami berharap kedepannya akan bergandengan tangan dengan Tzu Chi. Apalagi kami juga diberitahu bahwa ada beberapa kantor cabang di beberapa daerah. Khususnya di Jawa Barat, kami akan kunjungi karena lokasinya ada di Kota Bandung,” ujar Diki Saromi.


Ketua Tim Tanggap Darurat (TTD) Tzu Chi Indonesia, Joe Riyadi (kiri) menemani Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, Diki Saromi (kanan) saat mengunjungi kantor pusat Tzu Chi Indonesia.

Ketua Tim Tanggap Darurat (TTD) Tzu Chi Indonesia, Joe Riyadi yang menemani rombongan mengunjungi gudang logistik dan tur di Aula Jing Si juga berharap akan ada kegiatan lanjutan setelah kunjungan ini. “Selain kita bisa saling kenal, mudah-mudahan kedepannya ada kerja sama yang lebih dengan BPBD khususnya di Jawa Barat,” tegasnya. Dengan adanya kunjungan dari BPBD Jawa Barat ini, Tim Tanggap Darurat (TTD) Tzu Chi Indonesia juga berencana untuk melakukan kunjungan ke berberapa kantor BPBD di beberapa daerah terkait dengan kegiatan penaggulangan bencana.

Editor: Metta Wulandari

Artikel dibaca sebanyak : 512 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Seulas senyuman mampu menenteramkan hati yang cemas.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat