Minggu, 05 April 2020
Indonesia | English

Banjir 2020: Bantuan untuk Korban Banjir

03 Januari 2020 Jurnalis : Hadi Pranoto, Rel. Dokumentasi Tzu Chi Jakarta
Fotografer : Arimami SA., Fong Tje Tju (He Qi Pusat), Hadi Pranoto, Yo Sai Hwa (He Qi Pusat)


Relawan Tzu Chi memberikan bingkisan dan nasi hangat untuk para petugas kebersihan yang bertugas menjaga kebersihan dan kenyamanan Jakarta di tengah hujan deras di hari pertama tahun baru, Rabu, 1 Januari 2020.

Hujan lebat yang turun sepanjang hari di malam pergantian Tahun Baru 2020 mengakibatkan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jawa Barat) dan Tangerang, Banten tergenang banjir.  Melihat kondisi ini, relawan Tzu Chi di berbagai komunitas berinisiatif dan bergerak melakukan sesuatu untuk membantu para korban banjir.

Di pagi hari, Rabu, 1 Januari 2020, ketika masih banyak orang terlelap dalam tidur, relawan Tzu Chi dari Komunitas He Qi Pusat menyiapkan nasi hangat untuk para petugas kebersihan yang tetap bertugas di hari pertama Tahun Baru 2020 (1 Januari 2020). Relawan Tzu Chi mengawali Tahun Baru 2020 dengan membagikan 61 paket sembako dan sarapan pagi untuk petugas kebersihan yang bekerja membersihkan jalan dan penataan air karena hujan deras menjelang dan sesudah malam tahun baru.


Sebanyak 61 bingkisan dan nasi hangat diberikan kepada para petugas kebersihan di Jakarta. Relawan menyusuri wilayah jalan Hayam Wuruk, Monas, Abdul Muis, Thamrin, Sudirman, Merdeka, Gajah Mada, Jakarta Pusat.


Perhatian dan dukungan relawan kepada para pengungsi korban banjir di Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur.

Sejak jam 4 pagi relawan sudah mulai memasak dan jam 6 pagi sudah menyusuri wilayah jalan Hayam Wuruk, Monas, Abdul Muis, Thamrin, Sudirman, Merdeka, Gajah Mada, Jakarta Pusat. Relawan berterima kasih kepada para petugas kebersihan yang tetap bertugas di hari pertama tahun baru, berpisah dengan keluarganya di rumah demi menjaga kebersihan dan kenyamanan Jakarta.

Inisiatif, Berkoordinasi, dan Bergerak
Keesokan harinya, Kamis, 2 Januari 2020, relawan Tzu Chi mulai berkoordinasi. Ada yang melakukan survei dan pembagian baju layak pakai di Kelurahan Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, dan ke daerah Tangerang, Banten.


Relawan Tzu Chi menyiapkan nasi hangat untuk para korban banjir di Kapuk Muara, Jakarta Utara.


Sebanyak 640 bungkus nasi hangat dan air mineral diberikan kepada warga Kapuk Muara.

Di Tzu Chi Center Jakarta, kesibukan delapan tahun lalu (banjir Jakarta tahun 2012) seolah terulang kembali, ketika Dapur Tzu Chi di Tzu Chi Center, PIK, Jakarta kembali diramaikan dengan kehadiran relawan yang memasak dan menyiapkan nasi hangat untuk para korban banjir di Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara. Ada 640 bungkus nasi hangat dan air mineral yang dibagikan kepada warga yang mengungsi di Area Gokart Pantai Indah Kapuk, maupun warga yang memilih bertahan di lantai dua rumahnya. Relawan harus menggunakan perahu untuk menjangkau mereka. Rohana (33), warga Kapuk Muara, RT 04/01 merasa sangat berterima kasih atas bantuan Tzu Chi. "Terima kasih sudah dikasih nasi dan air mineral, kita disini sangat membutuhkan bantuan terutama makanan," ungkapnya.


Tzu Chi Indonesia juga bekerjasama dengan Polda Metro Jaya untuk menyalurkan bantuan sembako berupa Mi DAAI, beras, dan minyak goreng untuk dapur umum yang dikelola Polda Metro Jaya.

Di hari yang sama, tiga relawan Tzu Chi dari komunitas He Qi Pusat memberikan bantuan berupa 9 karung pakaian layak pakai untuk para pengungsi korban banjir di Kampung Melayu, Jatinegara (2 Januari 2020). Bantuan diserahkan kepada pengurus di Posko Banjir Kelurahan Kampung Melayu.

Dalam kegiatan ini, relawan Tzu Chi juga sekaligus melakukan survei ke beberapa titik pengungsian di daerah Jatinegara untuk mengetahui kebutuhan yang paling dibutuhkan warga. Relawan juga memberikan dukungan semangat kepada para korban banjir. "Kami memberikan perhatian, bercanda dengan para pengungsi agar mereka melupakan sejenak derita mereka sebagai korban banjir. Saya lebih fokus ke Ibu-Ibu. Saya sampaikan orang tua harus kuat jangan sampai sakit ya,  supaya anak-anak juga sehat,” kata Yo Sai Hwa, relawan Tzu Chi.


Relawan Tzu Chi memberikan bantuan kepada warga korban banjir di Kapuk Muara, Jakarta Utara.


Dengan menggunakan perahu, relawan mendatangi satu per satu warga yang bertahan di lantai dua rumahnya.

Tzu Chi Indonesia juga bekerjasama dengan Polda Metro Jaya untuk menyalurkan bantuan sembako berupa Mi DAAI (250 dus), beras (500 kg), dan minyak goreng (25 dus) untuk dapur umum yang dikelola Polda Metro Jaya. Ada 5 titik yang akan diberikan yaitu: Komplek IKPN Bintaro (Jakarta Selatan), Perum Griya Ciledug Indah II (Tangerang), Komplek Perum Semanan (Jakarta Barat), Cipinang Melayu, Cipiang Indah (Jakarta Timur).

#tzuchi #tzuchiindonesia #kunjungankasih #banjirjakarta2020 #sebarkankebaikan

Artikel dibaca sebanyak : 1418 kali


Berita Terkait




1 komentar


TJOA TJITRA SINGATAMA On Sunday, 05 Januari 2020, 17:25:39 wrote:

kami doakan semoga relavan2 Tze Chi diberi kekuatan oleh Tuhan yg Maha Esa terus berjuang membantu orang2 yang membutuhkan. Amin.



Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Kita sendiri harus bersumbangsih terlebih dahulu, baru dapat menggerakkan orang lain untuk berperan serta.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat