Bantuan Oxygen Concentrator dari Tzu Chi Taiwan ke Sekretariat Presiden RI

Jurnalis : Arimami Suryo A., Fotografer : Arimami Suryo A.

Tzu Chi Indonesia menyerahkan bantuan 500 unit oxygen concentrator (dari total 5.000 unit bantuan) dari Tzu Chi Taiwan ke Sekretariat Presiden Republik Indonesia.

Setelah tiba di Indonesia dan dibawa ke Tzu Chi Center, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara pada Senin, 26 Juli 2021, sebanyak 500 unit oxygen concentrator (dari total 5.000 unit bantuan) kemudian diserahkan secara simbolis melalui Sekretariat Presiden RI pada Selasa, 27 Juli 2021 untuk penanganan Covid-19 di Indonesia.

Bantuan ini merupakan dukungan Tzu Chi Taiwan kepada Tzu Chi Indonesia untuk membantu Pemerintah Republik Indonesia dalam menangani pandemi Covid-19 di tanah air. Master Cheng Yen, pendiri Yayasan Buddha Tzu Chi merasa prihatin dengan kasus lonjakan kasus pasien Covid-19 di Indonesia saat ini. Master berharap pandemi Covid-19 di Indonesia bisa segera tertangani dengan cepat dan baik.

Sekertaris Umum Tzu Chi Indonesia, Hong Tjhin memberikan sambutan dalam acara penyerahan 500 unit oxygen concentrator di Setpres RI.

Para perwakilan dari RSCM, RSPAD Gatot Soebroto, RSUD Kota Bekasi, Pusdokkes Polda Metro Jaya, RSUD Kota Bogor, RS Polri, Poliklinik Sekretariat Negara, dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengikuti prosesi penyerahan 500 unit oxygen concentrator.

“Dalam kesempatan yang berbahagia ini, perkenalkan kami mewakili Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia menyampaikan sumbangan oxygen concentrator yang diinisiasi oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Pusat di Taiwan untuk membantu saudara-saudara kita di Indonesia karena kita sangat mengerti kedaruratan kebutuhan oksigen yang sangat mendesak. Kami harap bantuan ini bisa segera diterima dengan baik dan disalurkan, sehingga secepat mungkin bisa memberikan manfaat,” ungkap Hong Tjhin, Sekertaris Umum Tzu Chi Indonesia dalam sambutannya.

Dalam kegiatan ini, perwakilan dari RSCM, RSPAD Gatot Soebroto, RSUD Kota Bekasi, Pusdokkes Polda Metro Jaya, RSUD Kota Bogor, RS Polri, Poliklinik Sekretariat Negara, dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta secara simbolis menerima oxygen concentrator.

Penyerahan secara simbolis oxygen concentrator untuk Pusdokkes Polda Metro Jaya.

Bantuan Oxygen concentrator ini secara bertahap juga akan disalurkan ke wilayah Jawa Timur, DIY, Jawa Tengah, Tangerang, dan rumah sakit lainnya yang membutuhkan.

“Kepada Yayasan Buddha Tzu Chi dan seluruh Pengusaha Peduli NKRI saya ucapkan terima kasih sudah bahu-membahu mendapatkan oxygen concentrator. Yang kedua, saya mengucapkan terima kasih kepada perwakilan penerima, tanpa beliau-beliau kami juga tidak bisa menyalurkan apa yang kami dapat, tentunya di tangan bapak ibu sekalian kami serahkan ini,” kata Kepala Sekretariat Presiden Republik Indonesia, Heru Budi Hartono.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, dr. Widyastuti, M.KM (kiri) menerima penyerahan oxygen concentrator untuk membantu para pasien Covid-19 di DKI Jakarta.

Kebutuhan akan oksigen menjadi sangat dibutuhkan di tengah melambungnya angka pasien Covid-19 di Indonesia pada Juli 2021. Di Provinsi DKI Jakarta sendiri, terdapat 194 RS Pemda DKI dan 32 di antaranya RSUDA yang merawat pasien Covid-19. Tentunya dengan bantuan oxygen concentrator ini dapat membantu rumah sakit yang merawat pasien Covid-19.

Alhamdullilah, siang ini Pemprov DKI Jakarta menerima bantuan oxygen concentrator yang tentunya sangat bermanfaat. Yayasan Buddha Tzu Chi betul-betul mengerti apa kebutuhan warga pada saat pandemi ini dan nantinya bantuan akan kami salurkan kepada yang berhak. Harapan kami dengan oxygen concentrator ini betul-betul bisa membantu menurunkan angka kematian yang ada di DKI Jakarta,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, dr. Widyastuti, M.KM setelah menerima bantuan oxygen concentrator.

Dalam kegiatan ini, Kepala Sekretariat Presiden Republik Indonesia, Heru Budi Hartono juga memberikan keterangan tentang mekanisme penyaluran oxygen concentrator ke beberapa wilayah.

Selain bantuan 500 unit oxygen concentrator ini, 4.500 unit juga akan menyusul didistribusikan secara bertahap setelah tiba di Indonesia dalam beberapa hari ke depan.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Dua Ribu Tabung Oksigen untuk Bantu Penanganan Covid-19 di India

Dua Ribu Tabung Oksigen untuk Bantu Penanganan Covid-19 di India

31 Mei 2021

Pengusaha Peduli NKRI serta Kementerian Perindustrian RI menyerahkan 2.000 buah tabung oksigen untuk Pemerintah India guna membantu mengatasi ledakan kasus Covid-19 di sana.

Bantuan Oxygen Concentrator dari Tzu Chi Taiwan ke Sekretariat Presiden RI

Bantuan Oxygen Concentrator dari Tzu Chi Taiwan ke Sekretariat Presiden RI

28 Juli 2021

Tzu Chi Taiwan membantu penanganan Covid-19 di Indonesia dengan menyerahkan 500 unit oxygen concentrator (dari total 5.000 unit bantuan) ke Sekretariat Presiden RI pada Selasa, 27 Juli 2021.

Bertuturlah dengan kata yang baik, berpikirlah dengan niat yang baik, lakukanlah perbuatan yang baik.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -