Bantuan Oxygen Concentrator Dari Tzu Chi Taiwan Tiba di Tzu Chi Center PIK

Jurnalis : Anand Yahya, Fotografer : Anand Yahya

Liu Su Mei, Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia bersama Joe Riadi, Ketua Tim Tanggap Darurat Tzu Chi Indonesia mengecek satu unit alat oxygen concentrator yang sudah ditempeli logo dan barcode Tzu Chi.

Dukungan Yayasan Buddha Tzu Chi Taiwan terhadap Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dalam penanganan wabah Covid-19 di Indonesia terus berlanjut. Lonjakan kasus terpapar Covid-19 di Indonesia membuat persediaan alat oxygen concentrator (alat untuk mengubah oksigen bebas menjadi oksigen lebih murni) dan tabung oksigen menipis. Hal ini membuat Tzu Chi Taiwan mendonasikan 5 ratus unit dari 5 ribu unit bantuan yang segera dikirim bertahap.

Pagi ini, Selasa, 27 Juli 2021, bantuan berupa 500 unit Oxygen Concentrator yang dikirim dari Taiwan telah tiba di Aula Jing Si, Tzu Chi Center PIK, Jakarta Utara. Sepuluh orang relawan Tzu Chi bersama sekuriti dan Building Managemen Tzu Chi Center menempelkan logo dan barcode Tzu Chi pada setiap unit alat oxygen concentrator.

Sebanyak 10 orang relawan Tzu Chi membantu menempelkan logo dan barcode Tzu Chi pada alat oxygen concentrator.

Relawan Tzu Chi membungkus kembali alat yang sudah ditempeli logo dan barcode Tzu Chi untuk segera dibagikan kepada pelayanan kesehatan yang sangat membutuhkan.

Joe Riadi ketua Tim Tanggap Darurat Tzu Chi Indonesia yang ikut dalam penempelan logo dan barcode Tzu Chi mengatakan semoga alat ini dapat membantu tim medis di rumah sakit dan masyarakat yang terpapar Covid-19. “Alat ini sangat fleksibel tidak harus menggunakan tabung, dan alat ini sangat portable bisa digunakan di lorong-lorong ruangan tanpa tabung oksigen,” jelas Joe Riadi.

Joe Riadi berharap pandemi yang sudah berjalan hampir satu tahun setengah ini lekas usai dengan bersatunya rakyat Indonesia, saling tolong menolong, saling membantu dengan segera dapat mengatasi pandemi Covid-19. “Dengan bersatunya rakyat Indonesia dengan saling gotong royong kita bisa bersama mengatasi Covid-19 ini semoga tahun depan kita bisa hidup normal kembali,” ujar Joe Riadi.

Joe Riadi menempelkan logo Tzu Chi pada alat oxygen concentrator. Ia berharap alat ini dapat membantu tenaga medis yang sedang kewalahan menangani pasien yang terpapar Covid-19.

Staf Yayasan Buddha Tzu Chi dan relawan Tzu Chi bersama-sama membungkus kembali alat oxygen concentrator yang sudah diberi logo dan barcode Tzu Chi Indonesia.

Menurut Joe Riadi saat ini masyarakat Indonesia ekonominya sedang susah, pelayanan kesehatan juga sangat kesulitan, untuk itulah Tzu Chi hadir membantu pemerintah bersama-sama mengatasi Covid-19.

Pada organisasi-organisasi di Indonesia dan negara tetangga, masyarakat sudah banyak yang percaya kiprah Yayasan Buddha Tzu Chi dalam misi amal kemanusiaannya, karena Tzu Chi membantu lebih tepat sasaran, tepat waktu dan bantuan yang diberikan sesuai dengan yang dibutuhkan.

Bantuan Oxygen Concentrator ini rencananya segera diserahkan secara simbolis melalui Sekretariat Negara RI di Istana Negara pada Selasa, 27 Juli 2021.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Bantuan Oxygen Concentrator untuk Penanganan Covid-19 di Kota Makassar

Bantuan Oxygen Concentrator untuk Penanganan Covid-19 di Kota Makassar

13 Agustus 2021

Pada Kamis 12 Agustus 2021, Tzu Chi Makassar memberikan bantuan tiga buah tabung oksigen dan satu unit concentrator kepada dua rumah sakit di Makassar yaitu RSUP DR Wahidin Sudirohusodo dan RS Stella Maris.

Dua Ribu Tabung Oksigen untuk Bantu Penanganan Covid-19 di India

Dua Ribu Tabung Oksigen untuk Bantu Penanganan Covid-19 di India

31 Mei 2021

Pengusaha Peduli NKRI serta Kementerian Perindustrian RI menyerahkan 2.000 buah tabung oksigen untuk Pemerintah India guna membantu mengatasi ledakan kasus Covid-19 di sana.

Pengiriman Bantuan Oxygen Concentrator ke Berbagai Penjuru Nusantara

Pengiriman Bantuan Oxygen Concentrator ke Berbagai Penjuru Nusantara

12 Agustus 2021

Sebanyak 1.909 unit oxygen concentrator dari Tzu Chi telah disalurkan ke-19 kota dan provinsi di Indonesia. Bantuan ini dirasakan sangat membantu di tengah meningkatnya kebutuhan oksigen di berbagai daerah di tanah air.

Seulas senyuman mampu menenteramkan hati yang cemas.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -